Everyday Outfits

1.2K 68 1
                                    

"Enak banget ya kamu bisa ke kampus pake sneakers sama jeans." kataku sambil memandang iri teman yang kuliah di jurusan ekonomi.

Merupakan suatu momen langka bagi kami mahasiswa kedokteran gigi nongol ke kampus sambil pake sneakers dan jeans. Jaman masih kuliah S1 dulu sih sah sah aja pake begituan. Tapi semenjak masuk klinik, yap... Semua cara berpakaian kami diatur sedemikian rupa oleh fakultas agar selalu tampak sopan dan rapi. Perubahan terbesar yang kami rasakan adalah no jeans & no sneakers T_T
Kadang suka sedih liatnya, residen ppdgs mah boleh boleh aja ngampus ke klinik pake jeans, tapi kita anak anak koass diwajibkan memakai celana kain formal atau rok kain formal.
Sedih banget deh pergi ke kampus tapi ga bisa mejeng dengan outfit of the day yang super trendy abis. Tampilan kita udah di setting selayaknya orang-orang yang lagi kerja, padahal aslinya kita gak kerja... Kita cuma mahasiswa koass biasa yang kastanya paling rendah.

"Terus venusa kalo ke klinik pake outfit yang kayak gimana sih?"

Oke disini aku bakalan share penampilan mahasiswa koass tuh kayak gimana sih.....

1. Rambut
Diawali dari bagian teratas tubuh. Kalo gak berhijab wajib hukumnya buat nguncir rambut dan poni dijepit. Poni dilarang tampak menjuntai juntai karena takutnya nanti si poni malah masuk ke dalam mulut pasien hehe. Maka disarankan siapapun yang make poni wajib kudu dijepit, kalo poninya susah dijepit bisa dirapihin pake pomade (yha temenku cewek ada yang ngerapihin rambutnya pake pomade gara-gara poninya ga bisa dijepit).
Untuk yang berhijab, hijab wajib dimasukan ke dalam jas lab. Jadi hijab ga boleh menjuntai juntai keluar jas lab. Tetapi ada juga departemen tertentu yang ngasih aturan soal hijab. Misal di departemen bedah mulut, kalo pake hijab harus polos tanpa motif dan dilarang keras pake hijab ala ala hijabers yang dibulet-buletin dan dibuntel-buntel kesana kemari. Suatu contoh temenku ada yang pake kerudung motif dan dia pake kerudungnya sedikit heboh ala hijabers (meskipun menurutku itu masih dalam taraf normal). Tapi dosenku sepertinya ga pandang bulu buat negur. Dengan santainya dia bilang "mbak, kau mau pergi ke pantai ya? Kerudungnya asik bener kayak mau jalan jalan liburan aja"
Benar-benar suatu sindiran keras bung.

2. Wajah
Buat cowok cowok ya, dilarang banget pelihara jenggot yang panjangnya ngalah-ngalahin jenggot kambing. Pasti kalo ada dosen yang liat, udah ditegur tuh anak buat nyukur jenggot. Kalo kumis sih masih ga masalah sejauh ini.
Buat cewek cewek, seperti yang kalian tau, fkg adalah fakultas kebanyakan gadis. Nah gadis dan make up rasanya merupakan suatu kesatuan utuh yang sulit dipisah. Di klinik kita dibolehin banget bermakeup asal jangan menor-menor kayak pake rias mata smokey eyes atau lipstick bold warna ungu gelap, ntar dikiranya mau ke kondangan. Jadi secukupnya dan sewajarnya saja. Sekedar bedak, lipstick, dan blush on masih dianggap wajar. Gak pake make up pun juga ga masalah because you're amazing just the way you are....

3. Pakaian
Untuk atasan ya seperti kampus pada umumnya wajib memakai kemeja. Kemeja yang normal pada umumnya ya, jangan pake kemeja yang modelnya crop top. Ntar udelnya kemana-mana lagi hehe. Untuk bawahannya, seperti yang udah aku singgung diatas, celana kain formal hukumnya wajib. Mau bentuknya skinny atau mau kulot, it's no problem asal jangan pake joger pants ya. It's a big no no no.

4. Sepatu
Untuk sepatu sih di aturannya ga boleh pake sneakers macem converse gitu. Tapi temenku ada yang ke klinik pake nike atau adidas ya ga dimarahin haha aneh ya. Pokoknya disarankan memakai sepatu yang menutupi permukaan kaki. Bagian belakang sepatu juga ga boleh diinjek. Trus ga boleh pake sepatu yang keliatan jari kakinya, alias sepatu sandal gitu ga boleh. Kalo mau pake sepatu yang ada haknya macem wedges gitu masih boleh tapi juga jangan make yang model stileto dengan hak 12cm, ntar malah dikira mau fashion show.

Buat aku sendiri sih sejauh ini aku di klinik suka banget pake sepatu skeechers yang seri gowalk. Duh itu sepatu favoritnya anak koass banget. Hampir 60% temen-temenku di klinik pasti sepatunya skeechers. Rasanya mau disuruh jalan sejauh apapun dan berdiri selama apapun rasa sakit di kaki jauh berkurang kalo pake skeechers (ini bukan sponsor tapi asli enak banget sepatunya huhu, my fave). Trus di peringkat kedua ada wakai. Sebenernya wakai biasa aja sih, kalo skeechers nilainya 10, wakai ini aku nilai 7. Dia nyaman dipake, enak, awet, dan ga gampang jebol meskipun dipake tiap hari dan makenya gradakan kayak hampir dibuat jalan riwa riwi muterin RSGM, si wakai ini masih oke.

Terus yang paling gak aku recommend adalah flat shoes. Kalo ke klinik ga kerja pasien dan ga ngapa-ngapain dan sekedar say hello ke temen sih gapapa pake flat shoes. Tapi kalo dibuat kerja pasien dan jalan riwa riwi muteri RSGM dan tiap hari dipake pasti dalam hitungan 1-2 bulan sepatunya gampang jebol dan rusak. Aku kasih contoh ya, pernah aku masuk ke klinik pake flat shoes unyu lucu dan syantik abis. Seharian itu aku kerja pasien dengan mobilitas tinggi. Sepatuku ini modelnya ada pita kecil diatasnya. Waktu berangkat pagi kedua pita masih terpasang dengan cantik dan indah. Pulang-pulang si pita hilang tinggal kenangan alias lepas dari sepatuku. Ditambah lagi bagian tumitku dan jempolku rasanya sakit banget huft. Akhirnya kapok, gak lagi lagi deh ke klinik sambil pake flat shoes.

5. Tas
Tas sih terserah masing masing orang mau pake tas yang kayak gimana. Kembali ke selera masing-masing. Tapi buat aku sendiri, aku lebih suka pas tas ransel daripada hand bag. Kalo ditanya tas ransel favoritku apa, aku jawab jansport yeeey. Motifnya lucu lucu bikin gemes dan tasku ini ga jebol sama sekali meskipun udah aku pake hampir 2 tahun melalang buana di klinik.

6. Toolbox
Ini adalah suatu kotak ajaib berisi alat-alat kedokteran gigi yang sering kita tenteng kesana kemari. Bentuknya bervariasi, semakin besar toolboxmu semakin keliatan seperti tukang tukanglah dirimu. Dulu aku rajin bawa toolbox ke klinik. Tapi akhir-akhir ini peralatan klinikku lebih sering aku masukan ke tote bag dengan printilan-printilan alat dan bahan aku masukin ke pouch kecil-kecil. Lebih praktis dan gak keliatan kayak tukang tukang haha.

7. Jas lab + name tag
Kedua benda ini harus selalu hidup berdampingan. Lupa bawa salah satu dari keduanya bisa bahaya dan bisa-bisa seharian ga dibolehin kerja pasien. Untuk jas lab usahakan sehari atau dua hari sekali ganti agar selalu terlihat rapi dan yang paling utama nggak bau. Kalo jas labnya kerasa kekecilan sampe ga bisa dikancingin, diusahakan beli baru dengan size agak gedean. Kalo jas labnya dirasa kotor gara-gara sering kena larutan developer bisa ditinggal dirumah dan kasih ke mama, siapa tau berguna buat pel pel an di rumah :D

Nah itu semua adalah contoh penampilan dari para koass fkg. Sebenarnya memang nggak ada aturan yang khusus banget macem akpol yang harus pake seragam khusus kemana-mana. Untuk koass fkg yang paling penting adalah penampilan kita harus sopan dan rapi. Pakaian yang sopan dan rapi, dapat menciptakan first impression yang baik dari pasien untuk kita.

"Jangan lupa periksakan gigimu setiap 6 bulan sekali ke dokter gigi terdekat ya..."

Adios!!

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGITempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang