Monster-Monster Kecil

1.5K 107 3
                                    

Sesungguhnya di dunia ini tidak ada pasien yang menjelma menjadi makhluk yang mengerikan kecuali mereka, para monster-monster kecil. Alias pasien anak-anak alias pasien di stase pedodonsia.

Kali ini ceritaku tentang seputar kehidupan di stase pedo. Seminggu pertama masuk stase pedo aku cukup tercengang melihat banyak monster kecil berlarian dari satu kubikel ke kubikel lain. Belum lagi beberapa spesies dari mereka doyan menaiki dental chair dan bergelentungan di lampu pada dental chair. Lalu mereka mereka yang suka memainkan three way syringe, menyemprot-nyemprotkan air kepada kakak koass yang tertindas. Serta spesies monster lebay, yang belum diapa-apain udah nangis kejer. Astaga....

Untuk mengendalikan para monster dari kegiatannya yang sungguh liar dan tak terkendali diperlukan beberapa tips dan trik.

Berikut ini tips yang kutemukan saat di stase pedo:
1. Pinjamkan gadgetmu niscaya mereka akan langsung terkendali.
Beberapa dari mereka gampang sekali disogok. Cukup sodorkan hp, buka youtube dan cari video tentang upin ipin atau boboboy otomatis mereka langsung diam duduk manis. Tapi ada kalanya beberapa spesies unik dari mereka ternyata bersikap dewasa sebelum waktunya. Sering kali aku membuka akun youtubeku setelah seluruh perawatan di pedo selesai dan aku kerap kali menemukan video menakjubkan di home youtubeku karena mereka. Mulai dari barbie hamil, barbie melahirkan, mermaid in love, duyung hamil dan segala macam jenisnya menghiasi kolom search dan suggestion di home youtube hm...

2. Harus memiliki kesabaran yang unlimited.
Tips diatas sepertinya mutlak ya. Karena kita berhubungan dengan anak-anak kecil yang terkadang mereka masih polos dan tidak tahu apa-apa. Pernah suatu kala aku menambal gigi salah satu pasienku. Awalnya si anak tersebut sebut saja Rama, duduk anteng memandangi layar hp sambil nonton video dinausurus. Waktu itu kerjaku cuma tinggal menambal dan untuk preparasinya sudah selesai sebelumnya. Saat mulai menambal giginya aku mulai merasa ada yang aneh. Makin lama mulut Rama makin menutup perlahan padahal aku sudah berulang kali bilang "ayo dek buka mulut yang lebar biar pinter" (gak ada hubungannya sama pinter sih haha tapi suka aja bilang apa-apa biar pinter, kalo ga gitu si anak bakalan susah nurut). Dan seperti yang kalian tebak, si Rama ini mulutnya bener mangap tapi matanya udah merem. Bahkan kusenggol-senggol dan matanya kubuka tutup pun dia gak bergeming.
Duh gusti... Balada kerja pasien siang-siang ya gini ini. Apalagi ini ngerawat anak kelas 1 sd yang tiap siang pasti bobok siang. Alhasil dengan kesabaran ekstra aku mencoba mempertahankan mulut Rama buat tetep mangap lebar sambil lanjut nambal. Huft... Emang kudu sabar

3. Semprot parfum di masker.
Nah khusus ini tips buat anak-anak kecil yang suka lari kesana kemari liar tak terkendali dengan mengenakan kaos jersey bola yang tidak menyerap keringat. Salah satu pasienku, sebut saja dia Umar. Awal aku jemput dia kerumahnya dan kita jalan kaki bareng ke fkg aku tidak menncium bau apapun. Tapi saat udah nyampe fkg dan dia duduk di dental chair yang dekat dengan AC, tiba-tiba hidungku menghirup sesuatu hal yang ya baunya gak bisa aku deskripsikan. Awalnya aku mikir ada sesuatu yang bau di kubikel yang sedang aku pake, eh gataunya sesuatu itu datang dari pasienku. Alamaaak... Sungguh baunya ngalah-ngalahin bau kaos kaki bapaknya Shinchan.
Parahnya, waktu aku nunjukin hasil kerjaku ke dosen pembimbing, dengan polos dan santainya beliau bilang
"Hm bau apa ya ini dek?"
"nggg nganu dok..." belum selesai aku jawab, si dokter udah nyaut dengan satu kalimat yang bombastis
"ini sampah kemaren belom dibuang kali ya dek"
Antara pengen ketawa sama miris. Masak bau si dek Umar disamain kayak sampah dok :( tapi emang bau banget sih...
Besoknya, si Umar kalo mau aku rawat mesti aku suruh mandi dulu.
Mandi dulu yang bersih biar wangi ya dek :)

But overall, 2 bulan di stase pedo meskipun penuh dengan kesabaran ekstra tapi aku baik baik saja dan bisa survive. Ya meskipun masih utang requirement ini itu but at least... Stase itu masih mending daripada stase yang saat ini lagi aku jalani.

Next bakalan aku ceritain tentang stase yang lagi aku jalani sekarang. Ayo coba tebak lagi di stase apa aku sekarang...
Prostodonsia? Oral medicine? Konservasi?

To be continued.....

CATATAN GILA CALON DOKTER GIGIWhere stories live. Discover now