33. dan sekarang, aku tidak akan pernah besar selamanya!

733 104 0
                                    

Ummu Sulaim memiliki seorang bocah perempuan yatim. Ummu Sulaim adalah ibu Anas ibn Malik, pembantu setia Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, jika kalian ingin tahu.

Suatu ketika, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  melihat bocah yatim tersebut, maka beliau bersabda. "Kamukah itu? Sungguh kamu sudah besar, semoga umurmu tidak bertambah."

Maka bocah perempuan ini pun pulang kepada Ummu Sulaim seraya menangis.

Ummu Sulaim bertanya, "Duhai putriku, ada apa denganmu?"

"Nabi Allah shallallahu 'alaihi wa sallam  mendo'akanku agar usiaku tidak bertambah," bocah itu menjawab seraya menangis, "dan sekarang, aku tidak akan pernah besar selamanya!" Atau yang dikatakan gadis itu, 'umurku tidak akan pernah bertambah.'

Mendengar itu, Ummu Sulaim segera keluar dengan tergesa-gesa seraya membebat kepalanya dengan kain kerudungnya, untuk menemui Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam.

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  bertanya, "Ada apa denganmu, wahai Ummu Sulaim?"

Ummu Sulaim menjawab, "Nabi Allah, apakah engkau mendo'akan bocah yatimku itu?"

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam  bertanya kembali, "Mendo'akan apa, wahai Ummu Sulaim?"

Ummu Sulaim menjawab, "Bocah yatimku itu berkata bahwa engkau berdo'a agar umurnya tidak bertambah, usianya tidak berlanjut."

Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pun tertawa, kemudian beliau bersabda. "Wahai Ummu Sulaim, tahukah kamu bahwa syaratku kepada Rabbku, bahwa  aku mensyaratkan kepada Rabbku, aku berkata, 'Aku hanya manusia, aku ridha seperti manusia ridha, aku marah seperti manusia marah, siapa pun dari ummatku yang aku do'akan buruk padahal dia tidak layak mendapatkannya, maka Allah menjadikannya sebagai pembersih dan penyuci serta kedekatan yang mendekatkannya kepada-Nya pada Hari Kiamat."

🌹🌹🌹


Dikutip dari buku Canda dan Gurau Nabi oleh Dr. Muhammad Abdullah Walad Karim

a.n

Apa cuman saya yang selama baca cerita ini keinget ceritanya Peterpan, The Boy That Never Grew Up?  Kata" si bocah yatim itu sih sebenarnya yang cukup mirip, selain itu tidak ada kemiripan sama sekali. Sang bocah yatim itu adalah seorang perempuan dan kisah ini tidak mirip dan tidak bersangkutan samsek dengan kisah Neverland. Btw, isn't she so cute? ;)

Sebagai catatan, dikutip dari sumber, menurut an-Nawawi, sabda nabi 'semoga umurmu tidak bertambah' dan dalam hadits Mu'awiyah 'semoga Allah tidak membuat perutnya kenyang' maksudnya bukan do'a yang sebenarnya, namun Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam tetap khawatir ucapannya itu dikabulkan Allah, maka beliau memohon agar menjadikannya rahmat, kaffarat, kedekatan, penyuci dan pahala bagi yang beliau mengucapkannya kepadanya.

Anyway, Rasulullah itu tipikal Suami Idaman banget, di tengah kesibukan beliau yang sangat padat, beliau masih meluangkan waktu untuk bergurau dengan anak kecil. Sweet! <3 #baper

And don't forget to vote and comment yapps!!^^ Thx.

Zulfa Hafidzhah

27/02/2018

Ketika Rasulullah TersenyumTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang