10. apa yang membuat engkau tersenyum, wahai Rasulullah?

3.1K 355 1
                                    

Anas bin Malik juga bercerita, suatu ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam sedang berkumpul bersama para sahabat, tiba-tiba beliau terlelap sebentar kemudian terjaga sambil tersenyum sehingga membuat para sahabat bertanya-tanya. "Apa yang membuat engkau tersenyum, wahai Rasulullah?"

Beliau menjawab. "Baru saja diturunkan sebuah surah kepadaku yang berbunyi: "Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu Al Kautsar. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu dan berkorbanlah. Sesungguhnya orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (QS. Al Kautsar : 1-3)."

Beliau lalu bertanya kepada para sahabat. "Apakah kalian tahu apa itu Al-Kautsar?"

Mereka menjawab. "Hanya Allah dan Rasul-Nya yang tahu!" 

"Sesungguhnya A-Kautsar itu adalah sebuah sungai yang telah dijanjikan oleh Allah kepadaku, di dalamnya terdapat kenikmatan yang sangat banyak. Al-Kautsar itu adalah sebuah telaga tempat para umatku minum di hari kiamat nanti, yang bejana-bejananya adalah sebanyak bilangan binatang," sabda Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam. "Tetapi ada seseorang dari mereka yang dilarang untuk meminumnya sehingga aku bertanya: "Ya Allah, bukankah dia juga termasuk dari umatku?" Maka Allah menjawab: "Kamu tidak tahu apa yang telah mereka perbuat sepeninggalmu."

Hadits Riwayat Muslim


🌹🌹🌹

Ketika Rasulullah TersenyumWhere stories live. Discover now