¡¡Pengumuman penting!!

4.3K 136 20
                                    

Haloooo, guys!!! Gimana kabarnyaa? Baik kan?? Kalau kami para author lagi sumpek nih, gara-gara masalah heboh yang sedang jadi perbincangan belakangan ini di wattpad. Udah pada tahu kan masalah web yg biasa disebut para author wattpad 'mirror web'?

Oke akan kami jelaskan sedikit bagi para pembaca yang mungkin belum tahu berita ini. Jadi, ada sebuah web yang mengunggah banyak sekali cerita dari wattpad. Dan semua itu sama persis kayak yang asli, titik komanya aja nggak ada yang berbeda, jadi kayak kalian lagi baca Beautiful Pain cuma di web yang berbeda. Padahal seperti yang kalian tahu, cerita di wattpad itu nggak bisa di salin karena teks dalam tiap partnya nggak bisa di-block kecuali kalau mau comment atau vote.

Akhirnya kami tanya-tanya kepada yang lebih tahu masalah-masalah seperti ini, dan jawabannya adalah apa yang dilakukan oleh web tersebut kalau bahasa programmer-nya itu namanya grabbing. Grabbing adalah mereka menyalin semua cerita yang ada di wattpad dengan cara scrape, yaitu menyalin tidak melalui tangan tapi by script. Jadi, semua cerita yang ada di web itu, semua adalah hasil scrape. Katanya si sumber lagi, kadang bukan pemilik webnya yang sengaja nyolong, tapi namanya script programming, itu gak bisa dikendalikan.

Web ini sebenarnya nggak bisa dinamakan sebagai plagiat, karena mereka menyalin semua cerita dari wattpad disertai dengan nama penulisnya, dan mereka pun tidak mengubah sama sekali apa yang ada di dalam cerita tersebut, bahkan titik komanya aja nggak ada yang berbeda. Hanya saja web ini memicu plagiarisasi. Karena semua teks yang ada di web ini bisa disalin sesuka hati karena nggak ada protector-nya. Nah itu dia yang bikin kita para author wattpad getir-getir karena takut kalo misalkan ada orang yang berniat jahat terus akhirnya memplagiat cerita kami melalui web tersebut. Makanya bisa dibilang web ini bukan plagiator tapi memicu plagiarisasi.

Dan yang jadi masalah adalah cerita ini, Beautiful Pain, masuk dalam web itu. Jeng! jeng! jeng! Kami bener-bener pusing jelas aja. Untuk itu, dipart ini kami akan memperjelas kepada para pembaca kalo cerita ini, Beautiful Pain, ditulis oleh dayDreamless, paphatophulus, dan SeasonInTheSun, hanya kami publish di wattpad saja, dan hanya melalui satu akun saja, yaitu akun dayDreamless. Untuk itu, kalo misalkan ada diantra kalian yang menemukan cerita ini di web lain, mungkin dengan nama tokoh yang diganti, atau judulnya diganti tapi isinya sama, tolong kasih tahu kami yaaaa :)

Nah untuk kelanjutan cerita ini di wattpad, kemarin kami sempet kepikiran buat memprivate cerita ini saja, karena berdasarkan informasi dari beberapa author di wattpad, kalo kita memprivate part dari cerita yang juga masuk ke web itu, otomatis part tersebut akan hilang dari web itu. Tapi, setelah akhirnya beberapa hari kemarin itu sempet rame lagi di wattpad karena ternyata konsekuensi memprivate cerita itu cukup memusingkan, termasuk sulitnya komunikasi antar author dengan pembaca, kami jadi berpikir ulang lagi.

Dan, akhirnya kami memutuskan untuk memprivate part-part akhir saja, biar yg mau plagiat dari web jahil itu gak tau endingnya gimana >:D

Hal itu juga yang jadi alasan kenapa kami lama update, ya karena kami udah terlanjur males dengan kemunculan si web itu. Bayangin aja, kami susah-susah bikin cerita dari otak kami lalu muncul sebuah web yang dengan mudahnya menyecrape cerita kami dan bisa memicu orang-orang jahat buat plagiat cerita kami.

Hmmm. Semoga pihak wattpad bisa segera menyelesaikan masalah ini ya, guys. Aamiin.

Denger-denger sih dari para wattpad ambassador, pihak wattpad udah mengetahui masalah ini, kita cuma tinggal nunggu tindak lanjutnya aja. Dan kemungkinan hal itu nggak akan sebentar. So, untuk jaga-jaga, kami juga minta bantuan kalian semua ya, guys. Kasih tahu kami kalau kalian menemukan cerita ini di web lain atau di akun lain. Oh iya, dan kalian juga jangan ada yang buka web itu 'web yang lagi kita bahas ini', biar rating mereka nggak naik dan bisa lebih gampang diberantas.

Jadi, apa pendapat kalian tentang ini?
Komen ya!! :))

Thank you.

Beautiful PainWhere stories live. Discover now