11 - One of a Kind (2)

184 51 6
                                    

Sebelas tahun lalu.

***

Gue nggak tau kenapa gue jalan secepat ini. Enggak tau kenapa gue harus cepat-cepat kabur dari Dina. Enggak tau juga kenapa gue mudah banget terpancing sampe diri gue benar-benar merasa bersalah. Gue cuma takut, kalau seandainya gue benar-benar memanfaatkan posisi gue sekarang buat orang-orang di sekitar gue.

Bukannya gue nggak punya temen, gue termasuk anak yang mudah bergaul. Tapi ... waktu dengar gimana persepsi orang lain tentang gue, rasanya sakit hati aja.

Kaki gue bergerak gelisah, menunggu bus yang nggak kunjung datang juga. Gue beneran takut kalo Dina keburu nyamper gue. Rasanya ... sekarang perasaan gue lagi nggak enak banget.

"Ay!"

Gue rasakan tangan yang tiba-tiba meluk pundak gue dari belakang. Sebelum noleh dan melihat Adish yang masih memakai jersey basketnya.

Tangannya tiba-tiba menangkup pipi gue. "Katanya nge-date sama Dina. Nggak jadi?"

Entah kenapa, perasaan gue tiba-tiba nggak bisa dibendung. Padahal, harusnya gue nggak nangis semudah ini. Tapi, entah kenapa—

"Ay, kamu kenapa?"

Wajah Adish berubah panik. Ibu jarinya sibuk mengusap air mata yang tiba-tiba turun di wajah gue.

"Sakit?" Dia panik, meneliti tubuh gue, mungkin takut kalau-kalau ada luka atau memar. "Aku nyakitin kamu, ya?"

Bus yang gue tunggu akhirnya datang. Gue lepas tangan Adish dari wajah gue, tapi tangannya malah menggenggam tangan gue.

"Bilang dulu kenapa, Ndy." Dia menatap gue cemas.

Gue paksa otot wajah gue buat senyum, sebelum melepas genggaman tangan Adish. "Gue pulang dulu, ya." Gue berkata seadanya sebelum naik ke bus.

***

Sialan.

Gue merasa tolol. Kenapa tadi gue malah ngibrit pulang, sih?

Kenapa gue nggak emosi aja, nunjuk muka cewek-cewek laknat itu satu-satu dan ngamuk kayak orang gila karena orang-orang itu udah ngomong sembarangan tentang gue? Toh ... kalau Dina liat, dia bakal belain gue, 'kan?

Kayaknya ... gue nggak yakin apakah Dina bakal belain gue, atau malah percaya sama omongan cewek-cewek itu.

Tapi ... kalau diliat-liat lagi ... jadi temennya Dina, sangat menguntungkan buat gue, 'kan? Ditunjukkin tempat-tempat yang bagus, punya tas dan baju bagus yang dihadiahin sama Dina tiap liat baju gue yang nggak pernah ganti, dan bisa temenan sama orang lain sampai merasa percaya diri, kayaknya semua karena Dina.

Kalau dilihat kayak gini, gue ... jadi memang kayak memanfaatkan Dina, 'kan?

Lagipula, gue selalu jadi pihak yang menerima. Belum pernah kasih apapun ke Dina. Bodoh lo, Ndy.

"Sandy! Beli gula!"

Teriakan ibu bikin gue menghentak-hentakkan kaki ke kasur. Kesel banget. Ibu nggak tau apa gue lagi galau, masa di suruh beli gula ke warung?

"Kagak usah kayak bocah! Buru! Ibu mau bikin kopi buat bapak!"

"Panas, Bu ...."

"Heh!" Sekarang kepala Ibu ngintip dari celah pintu kamar gue. "Beliin gula dulu. Buru! Besok kagak gue kasih duit jajan, nih!"

Dengan langkah berat dan napas engap-engapan kayak kebo baru bangun, gue menyambar uang di tangan ibu dan berjalan ke luar rumah. Gue perhatiin uang di tangan sebelum berdecak kesal. Uang pas pula, kalau ada lebihnya kan lumayan, bisa beli Pop Ice.

RetrospeksiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang