19

1.1K 159 6
                                    

Yuna melihat Bi Ina yang sedang berjongkok di depan kulkas sambil mencatat sesuatu. Yuna menghampiri perempuan tua itu dan menyapanya.

"Bibi belum tidur?" tanya Yuna.

Bi Ina menoleh padanya lalu tersenyum. "Sebentar lagi, Nyonya. Saya mau mencatat apa yang perlu dibeli besok."

Yuna mengangguk-angguk. Dia lalu mengambil segelas air minum dari dispenser dan meneguknya. "Bi, apa Tania sangat sering main ke mari? Sepertinya dia sangat akrab dengan Titi," kata Yuna.

Bi Ina mengangguk lalu bangkit berdiri. "Begitulah, jujur saja saya juga tak terlalu menyukainya," ujar Bi Ina. Wajah wanita itu memberengut. 

"Dia itu anak manja! Mentang-mentang anak orang kaya, dia selalu sok terhadap saya! Den Vian dan Non Ulfa saja memerlakukan saya seperti keluarga mereka. Dasar anak kurang ajar!" umpat Bi Ina.

Yuna mengangguk setuju. Sepertinya Tania memang suka meremehkan orang yang statusnya lebih rendah dari dirinya. Yuna juga sempat merasakan hal yang sama saat gadis itu menatapnya tadi. 

"Ngomong-ngomong, Nyonya dan Den Zaki sudah berdamai sekarang? Apa karena Non Ulfa meninggal?" tanya Bi Ina.

Yuna menatap Bi Ina bingung, tak mengerti apa maksud perkataan wanita itu. "Maksudnya?"

"Dulu Nyonya sama sekali ndak suka sama Den Zaki, kalau ketemu pasti bertengkar," terang Bi Ina.

Yuna tertegun mendegar penjelasan Bi Ina. Dia baru tahu hal ini. Jadi dia berubah membenci Zaki setelah mereka membatalkan pernikahan? Yuna teringat pada jawaban Wanda tentang alasannya putus dari Zaki.

"Dia selingkuh, Yun. Kamu memergokinya selingkuh." Kalimat itu terngiang-ngiang di telinga Yuna.

***

Tania menatap layar laptopnya dengan nanar. Dia membaca kata demi kata dalam pesan terakhir yang dikirimkan Ulfa pada tanggal dua puluh delapan dan tiga puluh November dan berupaya meresapi maknanya.

28/11/2018

Dear Tania,

Aku sudah meyelidiki latar belakang wanita itu dan aku benar-benar terkejut. Dia ternyata dulu pernah menjalin hubungan dengan Zaki! Mereka bahkan sudah hampir menikah, tapi tiba-tiba pernikahan itu dibatalkan sehari sebelumnya tanpa ada alasan yang jelas. Hal yang lebih aneh lagi tanggal pernikahan mereka itu seharusnya tanggal enam belas Desember 2016. Itu seminggu setelah aku pertama kali bertemu dengan Zaki di Bandara! Aku ingat karena siangnya aku seminar skripsi! Ini terlalu kebetulan, bukan? Aku sungguh tidak suka ini! Tania, aku harap kamu segera pulang. Banyak hal yang ingin kudiskusikan denganmu.

Withlove, Ulfa

Tania termenung membaca pesan Ulfa tersebut. Jadi Zaki dan Yuna pernah menjali hubungan dan hampir menikah? Tapi pernikahan itu dibatalkan sehari sebelumnya, dan seminggu sebelumnya Ulfa pertama kali bertemu dengan Zaki. Ulfa benar, ini terlalu aneh untuk disebut sebagai kebetulan. 

Dua orang mantan pacar putus lalu menikah dengan orang lain. Tapi kenyataannya mereka menikah dengan dua orang saudara yaitu Ulfa dan pamannya. Entah mengapa kedengarannya seperti sebuah konspirasi. Tania memegangi dagunya lalu membuka pesan berikutnya yang dikirimkan oleh Ulfa tepat pada hari kematiannya.

30/11/2018

Dear Tania,

Tania aku mengetahui suatu rahasia tentang Zaki. Aku benar-benar tidak terima ini! Aku mau cerai saja! Aku sudah tidak tahan lagi. Cepatlah pulang Tania aku ingin mendiskusikan hal ini denganmu, aku tak bisa menceritakan hal ini di email.

Withlove, Ulfa

Tania tergemap membaca pesan itu. Ulfa mengetahui rahasia tentang Zaki? Apa itu? Kenapa Ulfa sampai ingin bercerai gara-gara rahasia itu? Tania menopang dagunya. Berbagai macam spekulasi hinggap di kepalanya. Saat sedang berpikir, ponselnya berdering. Tania tersenyum sekilas saat melihat nama Vian di sana. Dia segera menerimanya. 

"Ya, Paman."

"Tania, anu... maaf aku menelepon malam-malam. Apa aku mengganggu?" tanya Vian.

"Tidak, sama sekali tidak," jawab Tania sembari tersenyum. "Ada apa?" 

"Ng ... begini, konsultan AMDAL kami tiba-tiba saja tidak bisa dihubungi, bisakah kamu menggantikannya untuk sementara waktu?" pinta Vian.

"Iya, tentu saja," sahut Tania.

Tania masih memikirkan hubungan antara Zaki dan Yuna. Tania merasa ada kolerasi antara mereka dengan kematian Ulfa. Tania harus mengungkap misteri ini!

***

Votes dan komen ya guys...

Aku numpang promo.

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Paket cerita ini juga ada

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

Paket cerita ini juga ada... 20k aja bisa baca Rewrite memories sampai tamat loh di karyakarsa. Yang kepo buruan ke sana. Yang mau sabar menanti ceritanya update di sini jg gpp.

Rewrite memories (Ongoing) Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang