ECO-FRIENDLY TRAVEL TIPS!

492 47 6
                                    

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Halo, ini Aurora.

Umm.. gue nggak pinter ngomong but anyway, selamat datang ke tips ke dua dari novel ini. Yaaayyyyy...! //garing

Iya, iya, nggak kayak Kandar gue emang payah. Tapi seperti dia, gue di sini buat ngasih tips bagi kalian yang akan bepergian.

Liburan. Siapa yang nggak pengen? Siapa yang nggak pernah?

Tapi liburan ramah lingkungan? Nah, nggak semua orang menerapkan hal ini. Karena itu, gue ada dan akan memberi beberapa tips buat kalian untuk dicoba. Tenang, sama sekali nggak susah kok. Beberapa mungkin sedikit ribet, tapi nggak ada yang mustahil.

Duchi: W-warning.. berhubung kalian tahu Rora kayak apa. Mohon jangan masukin omongannya yang pedes ke hati kalian.. = v = '

Rora: Ih thor.. Gue nggak sekejam itu kok //plakk


1. JANGAN PERNAH BUANG SAMPAH SEMBARANGAN

Ini peraturan pertama dan yang paling jelas. Kalian mau lebih environmental friendly? Ya jangan buang sampah sembarangan, dimanapun itu. Kalau nanti kalian mendadak kebanjiran, jangan kaget. Itu mungkin salah satu akibat buruk dari sampah yang nggak kalian buang pada tempatnya (atau hal buruk dari mendzolimi lingkungan lain dan ibunda alam lagi membalas dendam). Lagipula, kalian tahukan kalau kebersihan itu sebagian dari iman? Kalau kalian religius, percaya deh, Tuhan itu nggak suka sama yang namanya mahkluk jorok apalagi yang mencemari lingkungan di sekitarnya.

Sebenernya hal ini diajarin dari pas kita masih kecil sampai bangku SMA, seharusnya gampang diinget. Kalau kita terus-terusan lupa dan nggak menerapkan hal tersebut, mungkin kita harus ngecek apakah ada yang salah sama otak kita. Hasilnya bervariasi, antara kita yang mengalami trauma kepala ringan sampai nggak bisa mengingat informasi paling penting dan paling mudah, atau yah, emang kita bego dan bermoral buruk 'aja.

Kandar: Rora.. jangan ngomong gitu ke pembaca-- *mendadak nongol*ngeri*

Duchi: Tuhkan.. = 7 = '

Rora: Biarin! Gue udah capek liat orang bloon yang buang-buang sampah sembarangan mulu! Lagian gue cuma nyindir yang pada cuek , kalau hidupnya bener ya nggak perlu tersinggung dong! *kalap*

Kandar: TT____TT *ngalah*

Ahem, balik ke yang tadi. Andai kata kalian nggak menemukan tempat pembuangan terdekat, gue ngerti kalau kalian bingung ataupun panik, tapi itu tetep bukan alasan untuk membuang sampah sembarangan. Sebelum pergi, pastikan kalian membeli trash bag (yang ramah lingkungan kalau bisa. Banyak sekarang di supermarket, bahannya bisa terpecah dan terdekomposisi ke tanah dalam waktu beberapa tahun) dan menggunakannya selama perjalan untuk mengumpulkan sampah kalian. Andai kata lagi jalan-jalan dan nggak bawa trash bag

ROAD TRIP! (COMPLETE)Where stories live. Discover now