5 - // Jadi Moderator //

607 66 1
                                    


Salma berkali-kali meneguk air liur nya sendiri melihat pemandangan yang ada dihadapannya. Ratusan bahkan ribuan peserta seminar terlihat memenuhi ruangan. Akan menjadi pengalaman pertama nya berbicara di hadapan ribuan orang, jika biasanya hanya paling banyak sekitar 200 orang.

“ kamu gausah tegang kaya gitu.” Dengan dinginnya ia berucap. Radito berjalan dihadapan Salma sebelum duduk di kursi baris depan. Seperti biasa, kursi kehormatan untuk narasumber dan tamu undangan penting.

Sang MC sudah bersiap akan membuka acara. Tamu undangan dan para peserta pun terlihat sudah berada di kursi nya masing-masing.

Salma membolak-balikan 2 lembar kertas dalam map yang ada ditangan nya. Sesekali ia menggelengkan kepala.

“ ini CV atau esai sih, panjang bener.”

“ selamat datang kami ucapkan bagi seluruh peserta seminar nasional yang sudah hadir pada hari ini.”

“ kita mulai batch 1 dengan narasumber yang terhormat Bapak Radito Rama Wirayudha.” Terdengar riuhan tepukan tangan diruangan itu. Sangat meriah.

“ kami undang ke podium, silahkan, Ibu Salma Putri Hadiwijaya, yang akan menjadi moderator untuk batch ini.”

Salma beranjak lalu melangkahkan kakinya menuju podium seminar. Disana sudah tersedia 2 kursi dan 1 meja, ya, untuknya dan Radito. Ia lalu mengambil mic dihadapannya.

Salma menarik nafas dalam. Berusaha menghilangkan nerveous dan demam panggung nya.

“ terimakasih kepada MC. Langsung saja, disini saya akan memandu diskusi batch pertama dengan narasumber Bapak Radito Rama Wirayudha.”

Salma tersenyum. Lalu sekilas melirik kearah Radito. Sama saja. Ekspresi dia masih datar. Padahal satu ruangan riuh memberikan tepuk tangan untuknya. Entahlah, mungkin ia sedang mencontohkan perilaku sombong.

“ baik, saya undang langsung Pak Radito untuk bergabung bersama kami. Waktu dan tempat saya persilahkan.” Salma mengukir senyuman yang manis dibibirnya.

Tanpa diduga, Radito melemparkan balasan senyuman untuk Salma sebelum beranjak menuju meja podium.

“ Apa kabar, pak?” salma menjulurkan tangan kanan nya untuk bersalaman. Disambut hangat oleh Radito.

“ Pak Radito sudah bersama saya disini, dan sebentar lagi batch 1 seminar nasional akan dimulai.” Suara bulat Salma begitu bergema.

Mereka berdua sama-sama membetulkan posisi duduknya agar terlihat tegap dan serius. Sesekali Radito merapihkan jas hitam nya. Ia begitu saksama memperhatikan sang moderator yang akan memandu batch nya.

“ sebelumnya saya akan bacakan dulu CV dari beliau. Izin pak.” Salma kembali melemparkan senyum, Radito membalasnya dengan anggukan.

Perlahan Salma membuka map merah yang sudah ia pegang sedari tadi.

Nama : Radito Rama Wirayudha
Lahir : Bandung, 10 Juni 1994
Status : Belum Menikah
Agama : Islam
Riwayat Pendidikan :
S1 Universitas A
S2 Universitas B
Kandidat Doktoral Universitas C
Karier :
1. Dosen
2. Legal advisors
3. Legal consultan

Riwayat Organisasi :
1. Indonesian Legal Consultants
2. Asean Law Lecturer
3.
4.
5.
.
.
.
25.


Percayalah, di bagian riwayat organisasi, terdapat kurang lebih 25 nomor. Itu artinya 25 organisasi sudah pernah Radito tapaki. Pun, yang tertera dalam CV tersebut bukan organisasi lokal biasa. Hebat memang.

Workholic LecturerWhere stories live. Discover now