Penutup

139 21 37
                                    

Sebenarnya, aku pribadi gak nyangka endingnya bakal begini.

Oh iya, kilas balik aja, Umji di sini sebenarnya ngalamin depresi yang nyebabin dia berkhayal. Yang dia rasain dari bab 1 sampai bab END adalah kebalikan dari kenyataan, di mana sikap teman-temannya sendiri adalah sikap dia pada kenyataan, begitu sebaliknya. Pokoknya dibalik-balik gitu.

Eh iya, aku jelasin ini takutnya ada yang "loh... loh... kok begini dah ceritanya?" gitu.

Siapa Jin sebenarnya? Terserah kalian mau ngegambarin Jin itu apa.

Mungkin buku ini kesannya jadi buku tentang perjalanan Umji dalam mengarungi dunia kedepresian. Semua orang pasti pernah depresi, hanya saja tingkat-tingkat kedepresiannya berbeda-beda. Ada yang kecil banget sampai bisa diatasin sendiri dan ada yang gede banget sampai cara ngatasinnya dengan harus mengakhiri hidup. Jujur, aku sendiri gak pernah ngerasain depresi yang tingkatnya jauh banget. Tapi, aku pribadi tahu rasanya depresi. Rasanya kayak lu ada di tempat yang gelap dan pikiran lu selama itu jadi kusut.

Umji di sini tingkat depresinya berada di tingkat yang paling tinggi. Itulah kenapa khayalan dia bisa membuat dia pengen pergi jauh, nyusul Eunha dengan cara bunuh diri. Cuman dicerita ini aku buatin agak halus aja ceritanya dengan ada perantara sesosok sosok (apasih?) yaitu Jin.

Ending yang akhirnya Umji sadar kalau dia berkhayal itu sebenarnya aku dapat hampir setengah bulan terakhir ngetik pertengahan bab 16. Sebenarnya mau buat Eunha benar-benar ngilang begitu aja di muka bumi, bukan karena kecelakaan. Tapi nanti kesannya jadi fantasi paralel dan harus ada lanjutan dengan pemeran utama Eunha, haha. Jadi, aku mau ngeakhirin Tunnel dengan akhiran seperti ini.

Ending yang kayak gini juga kayaknya dulu pernah ada, entah di suatu film, anime, atau drama maupun komik dan buku gitu. Kayak pernah nemu tapi aku lupa. Kalau kalian pernah tau, bisa kasi tau aku juga, hehe. Eh tapi, aku tetiba jadi keinget sama buku 'The Catcher In The Rye' juga, tapi lagi buku ini punya masalah depresi dalam versi yang jauh-jauh berbeda.

Oh iya, ending yang seperti ini juga gara-gara ngeliatin MV Crossroads berkali-kali. Pernah kepikir gak sih kenapa di akhir MV Crossroads Umji di dalam tempat gelap dan nyisahin satu matanya? Apa mungkin Umji ngerasa nyesal dan pengen pergi jauh. Nah begitulah tetiba pikiran begitu aku jadiin ending di cerita. Lagi pula sebenarnya cerita ini terinspirasi dari MV Crossroads, hehe. Oh iya, dan terinspirasi dari foto konsep album Labyrinth yang mereka di atas rel kereta itu.

 Oh iya, dan terinspirasi dari foto konsep album Labyrinth yang mereka di atas rel kereta itu

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

IH SUMPAH CANTIK-CANTIK

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

IH SUMPAH CANTIK-CANTIK. NAPE SIH KALIAN INI SUKA BIKIN SAYA SALPOK?!

Pokoknya cerita ini udah kepikiran sejak foto-foto ini meluncur dan waktu itu emang pengen buat FF Omuji, tapi gak kepikiran juga endingnya begini. Hehe.

Apalagi ya yang mau disampaiin dari buku ini? Kayaknya sampai di sini aja ya.

Omong-omong, makasih banyak yang udah mau baca dan vote cerita ini, sampai rela ditungguin sampai akhir hehe. Saranghae <3

Oh iya, boleh gak minta tolong? Untuk yang baca cerita ini tapi ngasi votenya bolong di tengah, boleh gak diusahain vote? Aku gak gila vote, cuman pengen aja cerita ini bisa kebaca sama yang lainnya dan masuk peringkat di beberapa tag-an, siapa tau setelah kalian nambahin votenya cerita ini jadi nyampe peringkat di atas 5 besar. Terus orang-orang yang pengen baca cerita model begini akhirnya baca. Tolong bantuannya guru-guru :'') Maaf ya, aku anaknya cerewetan.

Sekali lagi, makasih banyak atas partisipasi kalian dalam mendukung karyaku di FF Umji kali ini. Semoga kita bertemu di karyaku berikutnya <3.

Selasa, 2 Juni 2020. (BTW, KALEAN SYOK GAK SIH TADI MALAM MEMBER-MEMBER JIPREN BUAT AKUN IG PRIBADI?! SI UJUY JUGA KEMANA DAH, KENAPA BELUM JUGA MEMUNCULKAN AKUN IG-NYA?!)

TunnelTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang