32. Tentang Dewangga

431 70 8
                                    

Karizka : Eh bapak nggak salah lapak pak?Dewangga : Enggak ini lapak saya sewa hari iniKarizka : (iyain kemauan orang tamvan dapat pahala)🔫

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Karizka : Eh bapak nggak salah lapak pak?
Dewangga : Enggak ini lapak saya sewa hari ini
Karizka : (iyain kemauan orang tamvan dapat pahala)🔫

....

Semua orang punya cerita, semua orang punya kisah kelam masing masing. Aku ataupun kamu hanya sepenggal cerita dari lakon kehidupan

-Rafathan-

...

Dewangga Gentara Syailendra, sebenarnya ia tidak terlahir dengan sifat yang sulit bergaul sampai-sampai teman satu-satunya yang ia miliki hanya Kamabayu Ricky Winata, sahabatnya sejak kelas dua SMP. Sejak bayi Angga tidak terlahir sempurna seperti saudara-saudaranya, ia lahir di minggu ke 29 karena ketuban ibunya pecah lebih dini. Karena itu sejak bayi semua orang sudah tahu kalau Angga lebih special, ada sedikit gangguan di jantungnya karena pembetukannya saat dalam kandungan belum sempurna. Tapi tidak ada yang dikhawatirkan karena perawatan intensif yang dijalankannya sampai usianya dua tahun berjalan baik.

Meski begitu ia anak yang kuat, ia tidak gampang terserang sakit sejak dinyatakan kondisinya aman oleh dokter. Bahkan ketika saudara-saudaranya terkenal flu bersamaan, ia tidak rentan tertular. Namun setelah perceraian kedua orangtuanya, tekanan pikiran dan juga kurangnya perhatian orangtua terhadapnya membuat mereka lupa akan pesan dokter.

'Walau bagaimanapun jantungnya tidak sekuat anak normal lainnya, mohon lebih diperhatikan..'

Usianya 11 tahun saat dokter menjatuhkan vonis. Arrhythmogenic Right Ventricular Dysplasia atau biasa dikenal Kardiomiopati Ventrikel Kanan, salah satu jenis penyakit yang menyerang otot jantung, dimana kondisi ini menyebabkan otot jantung sulit memompa darah ke seluruh tubuh. Saat itu dokter mengatakan kalau penyababnya adalah infeksi bakteri dan penyebab lainnya adalah kondisi melemahnya jantung Dewangga yang memang sudah tidak sempurna dari sananya akibat kurangnya penjagaan kesehatan.

Sakit sejak kecil membuatnya terkurung dirumah dan rumah sakit. Kegiatan belajar dilakukan dirumah dengan memanggil guru privat, saat itu jika dia bersekolah ada pada tingkat SMP kelas dua. Guru yang mengajar privat kerumahnya membawa seorang anak laki-laki yang dua tahun lebih muda darinya, katanya keponakannya yang dititip kerumah sang guru karena orangtuanya keluar Kota sedangkan si anak tidak bisa meninggalkan sekolah.

Namanya Kamabayu Ricky Winata, panggilannya Ricky meski para guru disekolah lebih sering memanggilnya Kama atau Bayu. Anak itu periang, ia tidak bisa diam sampai pamannya yang merupakan guru privat kesal sendiri melihat kelakuan sang ponakan. Ia sampai berkali-kali mengucap maaf pada Angga, tapi Angga justru terhibur dengan keberadaan anak itu. Dan mengatakan pada sang guru agar besok membawa anak itu lagi.

Begitulah kemudian akhirnya mereka bersahabat. Saat masuk jenjang SMA, ia memohon agar di ijinkan pergi ke sekolah, dan dengan berat hati Mahesa dan Mahardika tidak tega untuk tidak memberi ijin. Apalagi kalau Angga sudah menggunakan jurus mata anak kucing minta dipungut sambil menceritakan hidupnya yang menyedihkan karena hanya berkutat dengan rumah, rumah nenek, rumah sakit, rumah semua. Akhirnya ia bersekolah formal, disekolah yang sama dengan Kamabayu karena Angga pernah berhenti sekolah dua tahun karena kondisinya, hingga dia berada di tingkat yang sama dengan anak itu.

{✔️Complete} MANTANWhere stories live. Discover now