Antara 3: Tulang-Tulang Penyusun

599 135 29
                                    

Antara 3: Tulang-Tulang Penyusun

Kalau gue adalah tulang-tulang penyusun tengkorak dan kerangka badan, lo ibarat tulang-tulang penyusun anggota gerak. Percuma gue ada, kalau tanpa lo gue nggak bisa apa-apa.



🌅🌅🌅

Mata Pak Rehan, guru biologi kelas sebelas itu menyipit sempurna. Ia terus memandangi meja murid paling depan pojok kanan, tepat meja murid di depan Jagat.

"Bunga Raya mana?" tanyanya dengan nada tak bersahabat.

Jagat lantas menoleh ke belakang, ia menatap Shakira yang sedang mencoret-coret bukunya tenang. Kemudian ia memutar kepalanya lagi ke depan. Napasnya keluar begitu panjang. Ia mulai lelah dengan tingkah Raya yang begitu tidak bisa ditebak. Bukan sekali dua kali gadis itu tiba-tiba menghilang begini saat pelajaran biologi. Bahkan, bisa dibilang setiap jadwal Pak Rehan, Raya selalu bisa mengacaukan kelas biologi.

"Shakira."

Yang mempunyai nama lantas menghentikan kegiatannya. Shakira mendongak, hanya memandangi Pak Rehan lamat-lamat.

"Di mana Bunga Raya?"

"Nggak tahu."

"Kamu, kan, temannya."

"Bapak, kan, gurunya."

Bola mata Pak Rehan sudah hampir keluar saja. Ini satu muridnya sudah sukses membuatnya kebingungan, ditambah satu lagi muridnya yang tidak sopan tingkat dewa. Dan buruknya mereka berdua berteman baik.

"Ya, Bapak cari, lah. Masa iya saya. Kan, saya mau belajar." Shakira lalu mengambil bolpoinnya lagi, kini mulai mencoret-coret bagian belakang sampul bukunya. Terlihat tenang seolah tanpa beban. Benar-benar mengabaikan sosok Pak Rehan yang sudah kewalahan.

Pak Rehan hanya bisa menghela napas panjang. Baiklah. Abaikan saja perilaku-perilaku tidak jelas dari kelas 11 IPA 1 ini. Karena jika dijabarkan dan ditanggapi, dirinyalah yang akan tua sebelum umurnya.

"Jagat," panggil Pak Rehan membuat tangan Jagat yang hendak mengambil buku di dalam tas mengudara begitu saja. Ia kini jadi menunggu gurunya itu melanjutkan ucapannya.

"Saya sudah capek dengan teman kamu itu. Sekarang kamu cari dia dan bawa di hadapan saya," ucap Pak Rehan lagi.

Kali ini Shakira terdiam membeku. Tunggu. Jagat disuruh nyari Raya?

Sebuah Antara ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang