Benedict X Allegra (1)

16 3 2
                                    

"Selamat siang, anak-anak" sapa wakil kepala rektor bidang kemahasiswaan melalui pengeras suara yang terdapat di dalam ruang serba guna ini, "apakah suara saya terdengar jelas? Yang di belakang, suara bapak kedengeran, nggak?"

"Kedengeran, pak" sahut mereka dengan kompak.

"Bagus, ini semuanya sudah hadir belum Bu, anak-anaknya?" tanya beliau kepada sekretaris universitas yang kemudian diangguki oleh wanita tersebut, "yowis, bapak absen per fakultas saja kalau begitu. Fakultas kedokteran, hadir?"

"Hadir, pak."

"Fakultas ekonomi dan bisnis?"

"Hadir."

"Fakultas hukum?"

"Hadir, pak."

"Fakultas Teknik?"

"Hadir."

"Fakultas psikologi, ilmu komputer, MIPA, Bahasa, dan kesehatan, hadir semua?"

"Hadir, pak."

"Kalau gitu yang terakhir, fakultas Sosial dan ilmu politik, sudah hadir juga?"

"Sudah, pak."

"Baik, kalau begitu karena semuanya sudah hadir, maka kita lanjutkan saja ya, acaranya. Untuk sesama teman-teman mahasiswa, tolong saling membantu, ya. Saya harap kalian dapat menyebarkan informasi mengenai acara ini kepada teman-teman kalian di jurusan nanti. Terutama untuk mahasiswa-mahasiswa yang sedang berhalangan hadir pada kesempatan kali ini, mengerti?"

"Mengerti, pak."

"Baik, kalau begitu Bu tolong dibagikan selebarannya" perintah Bapak wakil kepada sang sekretaris.

Lalu, sembari membagikan selebaran kepada setiap mahasiswa yang hadir, wakil rektor tersebut pun mulai menjelaskan melalui sebuah presentasi yang terpampang di hadapan para mahasiswa. Presentasi yang di dalamnya berisikan informasi-informasi apa saja yang perlu dibahas olehnya dalam pertemuan pada hari ini.

"Buat yang sudah menerima selebaran silakan dibaca, dan yang belum bisa mendengarkan penjelasannya dari bapak. Seperti yang sebelumnya pernah diwacanakan, bahwa untuk setiap mahasiswa yang akan memasuki semester empat, diwajibkan untuk mengikuti sebuah program kemahasiswaan yang akan diselenggarakan oleh universitas. Program tersebut adalah program KKN, Kuliah Kerja Nyata. Tujuan dari diadakannya program tersebut adalah untuk mengaplikasikan seluruh ilmu-ilmu yang telah kalian terima selama mengenyam Pendidikan di bangku kuliah ini. Selain itu, program ini juga bertujuan sebagai wadah pengabdian kalian terhadap kehidupan masyarakat sekitar sekaligus bertujuan untuk memajukan daerah-daerah tertinggal yang ada di Indonesia. Sehingga, daerah tersebut dapat tumbuh dan berkembang di kemudian hari. Karena tujuan dari program KKN adalah pengaplikasian ilmu-ilmu yang kalian miliki, maka program tersebut telah dirancang sedemikian rupa agar berisikan beberapa kegiatan yang tentunya tidak hanya berguna untuk kalian, para mahasiswa, tetapi juga untuk masyarakat sekitar di daerah itu. Lantas, bagaimana dengan jumlah SKS dan juga sistem penilaian kalian nanti? Ya, tetap sama saja, wong KKN itu hanya bentuk lain dari proses belajar mengajar, kok. Hanya saja bentuknya yang berbeda. Tidak lagi duduk di dalam kelas dan mendengarkan dosen menyampaikan materi, tetapi terjun langsung ke masyarakat. Sehingga, ilmu yang kalian terima itu bermanfaat bagi orang-orang di sekeliling kalian. Sampai sini ada pertanyaan, tidak?"

"Bagaimana dengan sistem penilaiannya, pak?"

"Untuk sistem penilaian, tentu bukan melalui tugas dan juga hasil ujian. Tetapi, melalui laporan dari setiap kegiatan yang akan kalian ikuti. Laporan inilah yang nantinya akan dinilai oleh para dosen sebelum dikonversikan menjadi nilai kalian kelak. Lalu, untuk durasi pelaksanaan program ini sendiri, akan dilakukan selama dua bulan. Jadi, kalian akan tinggal dirumah-rumah penduduk sambil mengikuti kegiatan yang ada. Dan program ini dilakukan secara berkelompok, ya. Kelompoknya akan terdiri dari enam sampai tujuh mahasiswa dengan beragam latar belakang jurusan. Hal ini dilakukan karena program KKN adalah program dengan pendekatan lintas ilmu, maka pembentukan kelompok pun harus lintas ilmu juga, toh? Ada yang mau bertanya nggak, sekarang? Jangan diem-diem aja, nanti pas giliran ditanya nggak ngerti. Tanya aja, ya. Nggak usah malu-malu. Wong kalian juga biasanya malu-maluin, kok."

"Pak, tadi bapak menjelaskan mengenai laporan yang perlu Kami kerjakan, guna mengonversikan kegiatan KKN ini menjadi nilai, lalu apakah ada batas akhir pengumpulan yang perlu kami patuhi."

"Oh, iya, iya. Mengenai batas akhir pengumpulan laporan, tentu saja ada. Kalian harus mengumpulkan laporan tersebut sebelum semester depan berakhir, ya. Sebab, kalau kalian telat atau tidak mengumpulkannya, maka bisa dipastikan nilai kalian akan kosong melompong. Dan tidak akan ada remedial atau pemberian tugas khusus lainnya yang dapat menggantikan laporan tersebut. Jadi pastikan benar-benar ya, kalau kalian telah mengumpulkan laporan tersebut. Sudah, ada lagi yang mau ditanyakan? Kalau sudah, saya akan mulai membacakan nama-nama untuk kelompok kalian ini. Bagi yang Namanya disebut, silakan berkumpul bersama kelompoknya. Dan terlebih dahulu saling bertukar identitas dan nomor kontak. Sedangkan bagi mahasiswa yang tertinggal, Nama-nama peserta sekaligus data kelompok akan saya posting di website akademik besok pagi. Terakhir, untuk informasi selanjutnya, akan saya kabari melalui websiteakademik kampus. Jadi, kalian dapat mengaksesnya kapan saja. Sekian dan terima kasih."

***

Way to Your Heart [TAMAT]Where stories live. Discover now