Hari Kartono

7.1K 386 82
                                    

*Liat Kalender*

Besok 21 April nih. Kalian udah tau kan itu hari apa?

Yup. HARI KARTINI.

Gue selalu ngelingkarin tanggal itu tiap ganti kalender pake spidol merah. Hari itu sama pentingnya sama hari lebaran bagi gue. Hari yang ga mungkin bisa gue lupakan. Karena pada hari Kartini beberapa tahun yang lalu..

Siang itu kelas gue lagi berunding sama wali kelas kita di jam genting sebelum bel pulang sekolah bunyi, namanya bu Ucik, guru Bahasa Indonesia. Kita lagi ngebahas siapa yang bakal ngewakilin kelas kita buat lomba baca puisi se sekolah dalam rangka menyambit ehhhh menyambut hari Kartini, dan itu harus cewek.

Gue yang malemnya abis nemenin abang gue Chicharito maen dalem tim MU ngelawan Chelsea, otomatis ngerasa ngantuk dan nyuri-nyuri meremin mata tiap pelajaran sepanjang hari itu. Walau gitu, gue berusaha mendengarkan pembicaraan anak-anak sama wali kelas dari balik kelopak mata gue yang tertutup rapat.

Sayup-sayup terdengar aksi saling lempar dan protes di antara anak-anak cewek. Ada yang takut, ada yang malu, dan ga mau. Padahal udah di iming-imingi dapet nilai Bahasa Indonesia bagus nanti di rapot.

Felis: "Liz, Lo di panggil noh!" (Nepok-nepok pipi gue biar gue lebih cepet sadar)

Gue: (Langsung berdiri tegak) "Saya Bu!" (Gaya jawaban hadir kalo dipanggil pas absen)

Bu Ucik sama anak kelas lainnya mandangin gue sambil melongo. Gue celingukan karena sama herannya. Dan beberapa detik kemudian sorak sorai anak-anak pun terdengar kencang.

Bu Ucik: (mulutnya lama-lama nutup lagi) "Oke, berarti si Liza yang mau maju" (kelas sorak soray lagi) "Ya udah, besok kita rundingin lagi lombanya, sekarang mari kita tutup dan berdoa dulu sebelum pulang."

Kelas kecuali gue: (Nunduk sambil komat kamit, doa)

Gue: (masih berdiri dan ngulang kata-kata bu Ucik barusan)

Kelas: (bubar jalan dan senyum lebar ke gue)

Bu Ucik: "Kalo bisa mulai nanti malem kamu udah bikin puisinya ya Liz." (cabut sambil nyengir)

Gue: "Fel, lo bisa jelasin ini ga?!" (bersiap ngeluarin samurai dari tas)

Felis: (senyum sok imut) "Siapa suruh Lo ngorok di kelas? Lagian lo kan jago bikin cerita, nah pasti puisi mah gancill!" (ngejentikkin jari terus lari kalang kabut pas gue melotot)

***

Di rumah juga pada keliatan bahagia banget pas gue cerita penderitaan yang harus gue lewatin tanggal 21 April nanti. Padahal gue udah minta ortu buat ngijinin gue bolos tapi mereka malah nasehat ke gue kalo gue harus belajar bertanggung jawab. Gue diceramahi sampe isi kuping dan otak gue mendidih rasanya. Kenapa ga sekalian di rukyah aja sih?

Gue itu udah dapet julukan Miss missing in twenty firsth April, karena gue selalu bolos pas hari itu. Kalo ga boleh bolos ya gue bakal pura-pura sakit, kalo ga sakit gue bakal minum obat pencuci perut malemnya biar mules mules paginya. (please jangan ditiru, dipraktekin boleh)

Iya lah, siapa sih yang mau kebaya-an ke sekolah sambil make sanggul segede gunung bromo di kepala?! (lo ngacung gue tebas pake samurai loh ya??!) itu ribet banget pastinya. Belom lagi sama make up yang bikin kita keliatan kaya ondel-ondel. Hih.

Bayu: "Akhirnyaa gue bisa ngeliat Lo pake rok Kak. Terimakasih Tuhan..." (gelar sajadah terus sujud)

gue: (ngupil buat hadiahin Bayu) "Gue doain cewek Lo lebih parah dari gue!"

Bayu: "enak ajaa! Cewek gue feminim ga kaya Kakak, wek!"

(Semuanya langsung mandangin Bayu kaget) Yess, kena deh Lo Bayu!

What A Girl ThinksTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang