31. Pentingnya Personal Branding bagi Penulis

46 6 0
                                    

rachmahwahyu

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

rachmahwahyu

Personal branding adalah sebuah kegiatan kita memperkenalkan diri kita kepada publik untuk mendapatkan peluang yang kita inginkan. Personal branding sangat penting di era revolusi industri 4.0 ini. Para eksekutif global mengaitkan 45% reputasi perusahaan mereka dengan reputasi CEO dari perusahaan mereka. Reputasi CEO diyakini sebesar 77% memainkan peranan penting dalam menarik karyawan baru untuk berkontribusi ke perusahaan mereka, dan juga diyakini sebesar 70% memengaruhi motivasi karyawan untuk tetap loyal pada perusahaan. Sebut saja Steve Jobs, Mark Zuckerberg, Bill Gates, dan lain-lain. Jadi si CEO ini berkaitan erat dengan kesuksesan brand perusahaannya. Inilah yang membuat genre CEO begitu laris yak.

Penulis juga sangat memerlukan personal branding. Kasarannya begini, Jika seorang penulis seperti Tereliye menerbitkan bukunya, kita bahkan tidak perlu tahu itu buku seperti apa isinya. Kita yakin bahwa buku itu pasti bagus dan kita pasti ingin membeli, meminjam atau membacanya. Bagaimana caranya agar menjadi penulis yang seperti itu?

Sebenarnya aku juga nggak tahu bagaimana caranya menjadi populer, karena sampai hari ini aku juga belum bisa menjadi orang yang populer. Namun ada beberapa cara untuk menghasilkan tulisan yang setidaknya bisa dibaca 100.000 kali di wattpad. Kalian mau tahu? Oke, aku bagikan rahasianya. Hal ini berdasarkan pengamatan yang aku lakukan di wattpad sejak akhir tahun 2017.

1.    Kenali potensi diri untuk menjadi penulis yang unik

2.    Jujur dan menjadi diri sendiri

3.    Rajin up date

4.    Mengikuti tren

5.    Meningkatkan kualitas tulisan

6.    Menulis sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain

7.    Tulis ceritamu sampai selesai

8.    Selalu ada cerita baru

9.    Jangan suka unpublish cerita

10.    Tulis chapter yang pendek tapi banyak

11.    Bergabung dengan komunitas

12.    Memanfaatkan sosial media untuk promosi

13.    Rutin mengadakan give away

14.    Jalin komunikasi dengan pembaca

15.    Lakukan semua tindakan di atas terus-menerus

Jika semua tips di atas sudah kamu lakukan maka masih ada satu tips terakhir yaitu bersabar. Kesuksesan itu nggak intan jadi kita harus bersabar. Aku sudah nulis di wattpad dari tahun 2015 dan baru di notice orang pada tahun 2018.  Dan jangan lupa untuk menikmati prosesnya.

Kunci agar karya kita banyak dibaca orang hanya dua sebenarnya teknik menulis dan juga promosi. Nomo1-10 itu adalah teknik menulisnya, sedangkan nomor 11-15 itu adalah promosinya. Kalau tulisan kita nggak bagus, kita mau promosi sampai mulut berbusa-busa orang nggak akan baca. Sebaliknya sebagus apa pun tulisan kita, kalau kita nggak mau promosi orang juga nggak akan baca.

Ruang Sastra Online [WDT]Where stories live. Discover now