5. (Sharing) Membuat Showing dan Telling.

56 11 1
                                    

Assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Assalamualaikum, salam sejahtera untuk kita semua.

Perkenalkan nama saya Johanes Jonaz. Domisili sekarang ada di Surabaya. Kehormatan besar bagi saya karena diundang untuk menjadi pemateri di Writing Dream Together. Saya mulai serius menulis fiksi sekitar awal tahun 2016, sebelumnya saya hanya menulis reportase dan jurnal traveling. Karya saya yang sudah dikomersilkan antara lain, "Melodi Musim Semi" kontrak dengan webnovel sampai Mei 2020. "Sadirah" kontrak dengan cabaca.id sampai Oktober 2020. Dan yang terakhir "Bakiak Maryam" kontrak dengan storial sampai Maret 2019. Saya suka mengangkat tema humanisme dan sejarah dalam tulisan saya.

IG dan twitter saya : johanesjonaz

Kak Johanes: Ada yang tahu show itu apa? tell itu apa?

Member : Show itu menjelaskan adegan per adegan. Secara rinci seakan2 pembaca ikut merasakan. Tapi kalau telling penulis langsung menceritakan adegan tanpa melibatkan perasaan.

Kak Johannes: Dela menghitung kas dalam laci. "Hanya segini, apa kata bos nanti?" katanya sambil melirik jam. "Toko sudah hampir tutup, hanya dua galon air yang laku." Sayup-sayup telinganya mendengar berita tentang corona dari radio gemerisik milik rekannya yang tertinggal. Dia menutup wajah, ingat kepada pemilik radio yang dirumahkan. "Apakah aku akan menyusulmu juga?" katanya seraya menyandarkan punggung pada deretan susu formula yang harganya melangit.

paragraf ini telling dan showing?

***

oke, sekarang saya mau bikin lagi satu paragraf. Coba kalian bandingkan, ya.

Paragraf A:
Dela menghitung kas dalam laci. "Hanya segini, apa kata bos nanti?" katanya sambil melirik jam. "Toko sudah hampir tutup, hanya dua galon air yang laku." Sayup-sayup telinganya mendengar berita tentang corona dari radio gemerisik milik rekannya yang tertinggal. Dia menutup wajah, ingat kepada pemilik radio yang dirumahkan. "Apakah aku akan menyusulmu juga?" katanya seraya menyandarkan punggung pada deretan susu formula yang harganya melangit.

Paragraf B:
Dela, pegawai Indomaret itu bediri berjam-jam menunggu pembeli yang datang. Namun, hingga tokonya tutup hanya ada dua orang pembeli. Sudah beberapa hari ini dia bekerja sendirian, ditemani kaleng-kaleng susu yang berderet di etalase. Seorang rekannya sudah dua hari tidak bekerja. Kata kepala toko, ini adalah kebijakan perusahaan karena efek pandemi virus corona. A, virus sialain ini memang membuat semua orang kesusahan. Ia menghela napas, khawatir jika ia akan dirumahkan juga.

yang showing mana? A atau B?
.
.
.
Jawabannya:
Contoh paragraf Tell:
Dela, pegawai Indomaret itu bediri berjam-jam menunggu pembeli yang datang. Namun, hingga tokonya tutup hanya ada dua orang pembeli. Sudah beberapa hari ini dia bekerja sendirian, ditemani kaleng-kaleng susu yang berderet di etalase. Seorang rekannya sudah dua hari tidak bekerja. Kata kepala toko, ini adalah kebijakan perusahaan karena efek pandemi virus corona. Ya, virus sialain ini memang membuat semua orang kesusahan. Ia menghela napas, khawatir jika ia akan dirumahkan juga.

Ruang Sastra Online [WDT]Where stories live. Discover now