21. Tips and Trick Mencintai dan Percaya Diri Dengan Karya Sendiri.

17 4 0
                                    

Ini berdasarkan dari pengalaman aku sendiri selama berada di dunia kepenulisan, sering mengalami up and down, karena sering mendapatkan kritikan dari pembaca, yang memang tujuannya bagus yaitu untuk membangun, tetapi namanya juga manusia pasti mem...

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Ini berdasarkan dari pengalaman aku sendiri selama berada di dunia kepenulisan, sering mengalami up and down, karena sering mendapatkan kritikan dari pembaca, yang memang tujuannya bagus yaitu untuk membangun, tetapi namanya juga manusia pasti memiliki rasa kesal atau rasanya ingin menyerah. Nah, caranya aku bangkit dari keterpurukan itu. Aku selamat menyemangati diri aku sendiri dengan beberapa hal :

1. Menulis untuk diri sendiri. jangan fokus pada tanggapan-tanggapan orang lain yang negatif, viewers, followers, dan komentar itu adalah bonus. Fokus apa yang sedang kalian jalani, tetap berlatih, semangat, dan jangan pantang menyerah, karena untuk mencapai apa yang kita inginkan memang harus lewati jalan yang berliku. Lakukan apa yang membuatmu bahagia dan cintai apa yang sedang kamu kerjakan. Kalau ada tanggapan atau komentar buruk dari orang lain jangan membuatmu patah semangat, karena kita menulis untuk membuat diri kita bahagia, syukur-syukur kalau orang lain juga ikut bahagia.

2. Yang kedua, kita harus punya tujuan untuk menulis. Misal kita punya satu mimpi yaitu ingin menjadi penulis terkenal itu enggak apa-apa, kalau kalian punya tekad yang kuat, maka rasa semangat dan rasa percaya diri pun akan tumbuh, karena mindset kita akan berubah, orang lain aja bisa, masa aku enggak?

Lihatlah orang yang di atas kita, bukan untuk membanding-bandingkan diri kita dengan pencapaian orang lain, tetapi itu untuk memotivasi diri sendiri. Enggak ada yang instan, semua berproses. Ingat, kupu-kupu yang indah, berasal dari ulat yang menjijikkan. 

3. Baca ulang tulisan kalian, kalau ada hal yang mengganjal atau enggak enak langsung direvisi, sampai kalian benar-benar yakin bahwa tulisan kalian sudah layak, jangan hanya karena insecure dengan teman-teman yang sudah melangkah lebih dulu kalian jadi insecure, intinya banyak baca, dan terus perbaiki tulisan kalian.

4. Nah, yang terakhir adalah kalian harus ubah pola pikir kalian, seperti. "Ah, masa aku enggak bisa." Jadi "Aku pasti bisa." Dengan begitu aura positif itu akan muncul dalam diri kalian, kalian akan mencintai karya kalian, mencintai diri sendiri, dan rasa tidak percaya diri itu akan tergantikan dengan rasa semangat.

Kesuksesan miliki orang-orang yang percaya bahwa dirinya bisa sukses.

QnA

1. Question : 
Bagaimana cara kakak menghadapi haters? Biasanya kan ada haters yang kadang suka komen tapi bukan sesuatu yang membangun untuk cerita kita ke depannya.

Answers :
Kalau aku sendiri lebih baik diam saja, tidak usah ditanggapi, karena semakin ditanggapi akan semakin panas, tapi kalau sudah parah biasanya aku balas, tapi masih dengan kata-kata yang wajar, kalau tidak bisa diam juga lebih baik hapus karena itu bisa membuat mood kita berantakan. Namun, ingat satu hal, haters make you famous. Sekalipun itu tidak membangun, tapi jadikan motivasi untuk jauh lebih baik.

2. Question :
Bagaimana jika ada komentar yang membangun untuk cerita kita tetapi menggunakan kata-kata yang nyelekit dan bikin penulis down. Apa ada sarannya, Kak?

Ruang Sastra Online [WDT]Where stories live. Discover now