7. Quotes dan Instapoem.

33 7 0
                                    

AlviSyhrn

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

AlviSyhrn

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Halo, semuanya. Salam kenal. Namaku Alvi Syahrin.

Dalam beberapa tahun terakhir, aku mulai menulis di media sosial. Di Instagram. Di Wattpad. Di Twitter. Lewat akun alvisyhrn. And it leads me to where I am now today. Masyaallah.

Aku menulis buku Jika Kita Tak Pernah Jatuh Cinta dan Jika Kita Tak Pernah Jadi Apa-Apa.

Oke, jadi aku akan membagikan materi di sini. Tentang apa? Cara Membuat Quotes yang Ngena (And A Little Story About Instapoem)

Sekadar informasi, cuplikan materi ini diambil dari salah satu pertemuan di Kelas Menulis Online-ku, So Mad About Writing, yang dibuka dua kali tiap tahunnya.

Aku mulai, ya.

Jadi, ada dua tren jenis tulisan yang sedang naik daun sekarang. Terutama, di media sosial.

Quotes dan Instapoem.

Kita kupas satu-satu, ya.

1. Quotes / Kutipan

People love quotes.

Dari masa ke masa. Lagi baca sebuah buku, lalu menemukan kalimat keren? Quote it!

Lagi menggulir linimasa di media sosial, lalu menemukan kata-kata mengena? Quote it!

People love quotes. No wonder. No denial. Apalagi di masa-masa sekarang. Ketika internet telah menguasai sumber informasi dan sumber hiburan, sampai-sampai banyak yang meninggalkan buku yang pernah jadi sumber informasi dan sumber hiburan, a little simple quote always hits different. Membuat orang ingin membaca buku lagi. Sebab a little simple quote itu seringkali memberikan apa yang tidak bisa diberikan Internet sebagai sumber informasi dan hiburan.

Ada cerita. Di tahun 2018, terbitlah sebuah buku yang mendobrak industri perbukuan di Indonesia. Buku ini membuat banyak orang berbondong-bondong ke toko buku. Bahkan ketika toko baru buka. Rela mengantri sampai mengular. Terjual lebih dari 50.000 eksemplar dalam waktu singkat. Buku ini kemudian dibawa ke London Book Fair bersama sang penulis. Buku ini juga berhasil menjalin kerjasama dengan berbagai brand. Lalu, buku ini difilmkan. Padahal' ini hanya buku kumpulan quotes.

Pernah dengar NKCTHI? Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini. Itulah buku yang dimaksud. Buku ini adalah kumpulan quotes dan berhasil menciptakan pasar baru di Indonesia.

See, tulisan pendek, sependek quotes, pun bisa sukses.

Lalu, penulis-penulis ternama, seperti Fiersa Besari dan Rintik Sedu juga menulis quotes di media sosialnya. Dan, mereka adalah beberapa penulis ternama di Indonesia. Kemudian, diikuti beberapa akun lain yang memiliki banyak penggemar dan pengikut, seperti @duduk.dulu dan @aesteuicc di Instagram.

Ruang Sastra Online [WDT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang