12. Tiga Bab Pertama yang Menarik Editor.

36 7 0
                                    

QnA by beliawritingmarathon

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

QnA by beliawritingmarathon

1. Biasanya patokan seperti apa yang ditinjau editor saat menyeleksi naskah? Pada tiga bab pertama harus ada kriteria khusus agar naskah diterima?

Jawaban : Ada, bikin adegan pembuka yang menggebrak dan berbeda. Jangan menuliskan hal-hal yang bertele-tele misalnya mengawalinya dengan membahas cuaca, adegan awal bangun tidur, terlambat sekolah, dll yang sudah biasa kita lakukan. Bikin adegan di luar hal-hal yang sudah biasa kita lakukan sehari-hari. Misalnya pada naskah bertema friend zone, pembukanya bisa adegan tokoh korban friend zone yang nangis-nangis melihat sahabat friend zone-nya jadian dengan cewek baru lagi.

2. Saya pernah mengajukan sebuah naskah dengan bab 1-8 di awal cerita. Setelahnya itu redaksi mengatakan kalau naskahnya kurang memenuhi target pasar, jika seperti itu target pasar seperti apa yang dimaksud agar editor tertarik dengan naskah?

Jawaban : Nah, target pasar masing-masing penerbit bisa jadi berbeda. Jadi, penulis bisa pelajari dari buku-buku yang sudah diterbitkan penerbit tersebut. • Misalnya pun sudah sesuai dengan jenis-jenis buku yg diterbitkan, bisa jadi karena preferensi penerbit saja yang belum tertarik dengan tulisanmu.

3. Menurut kakak, apa faktor yang paling utama penyebab naskah penulis sering ditolak oleh penerbit? Dan adakah tips untuk meramu 3 Part awal agar lebih berkesan, sehingga naskah kita dilirik oleh penerbit?

Jawaban : Karena tulisan belum rapi, banyak typo, terlalu bertele-tele, dan mungkin temanya tidak sesuai dengan yang dicari penerbit. Tips utamanya yaitu: Jangan bertele-tele, buka bagian awal dengan adegan yang menggambar, dan berikan info-info awal yang dibutuhkan seperti latar setting, pengenalan karakter, dan cuplikan konflik.

4. Tiga bab seperti apa yang memenuhi kriteria keinginan penerbit? Apakah cerita yang dari awal langsung muncul konflik? Lalu, bukankah 3 bab awal itu kecuali prolog? Jika ditambah prolog, apakah prolog juga berpengaruh dalam penilaian 3 bab tersebut?

Jawaban : Tentang prolog ini tetep masuk penilaian. Dan tip dariku, prolog itu jangan banyak-banyak seperti bab biasa. Boleh 1 sampai 2 halaman saja, dan haruslah sesuatu yang sangat spesial, jangan adegan biasa.

5. Kak, apakah nanti ada projek series lagi? Kalau ada, apa penulisnya dipilih atau mengajukan diri?

Jawaban : Rencananya akan ada lagi Belia Writing Marathon Batch 4, ditunggu aja, dan pastikan ikutan ya. Terus pantengin @beliabentang.

6. Selain tiga bab pertama, kelengkapan dan kerapihan cerita, apakah ada hal lain yang membuat naskah diterima oleh penerbit?

Jawaban : Kecocokan tema dengan yang dicari penerbit itu juga mempengaruhi. Misalnya naskahmu sebenarnya bagus, tapi penerbit sedang nggak mencari tema tersebut, itu berarti nggak cocok.

Ruang Sastra Online [WDT]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang