17. Membuat Dialog Agar Lebih Hidup.

33 5 0
                                    

Fallslikesnow

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Fallslikesnow

Haloo semuanyaaa, nama aku Equita Millianda, biasa dipanggil Milly. Aku penulis novel "Bad Romance" dan "Tinkerbell". Its nice to meet you guys!🌈✨

Btww sebelumnya aku mau bilangg kalo aku juga bukan expert gituu hehe aku gak punya formal education yang berbasis sastra gitu, yang aku sampein disinii berdasarkan pengalamankuu jadii kalo misalnya aku salah gapapaa koreksi aja okeeeyyy

Okeey mungkin aku mulai dr list pertanyaan yang kemarin udah temen temen kumpulin dulu kali yaaa?

Inii ada 4 pertanyaan pertamaa yang aku gabungin jd satuu soalnya menurut aku mereka correlated gitu gapapa yaaa

Questions :

1.ADEL - Hal-hal yang membuat dialog tidak hidup dan cara mensiasatinya.
•Yuni - Tips buat dialog lebih hidup itu gimana kak?
•Apa yang menjadi syarat agar sebuah dialog terlihat hidup dan berisi?
•Bagaimana kita tau,  kalau dialog yang kita buat tadi sudah bisa disebut sebagai dialog yang hidup? Adakah ciri dan tipsnya?

Answer :

1. Nah aku mulai dari cara aku bikin dialog aku lebih hidup aja yaaa.

Jadi, sebenernya ini freak banget sih jujur WWKKWK tapi ini works banget di aku and i’d do whatever works for me jadi selama ini cara aku menghidupkan dialog & scene itu keseluruhan kayak gini.  Biasanyaa aku mikir dulu nih, di bab ini aku mau naro scene apa aja. Misalnya aku mau naro scene Keano sama Kara berantem. Nahh aku biasanya ngedraft dulu kan, di hp, secara general scene nya mau kayak gimana termasuk dialog inti nya mau ada apa. dialog inti tuh kayak semacem punchline nya, kayak pokoknya yang paling penting dan harus ada di scene ini tuh dialog yg ini gitu.

Nah kalo udah tau kata-katanya apa, abis itu aku masuk kamar, kunci pintu, abis itu pura-pura jadi kara. (nggak tau kenapa tp aku selalu memposisikan diri jd female lead soalnya paling kebayang) Nah disitu aku bakal kayak reenact the scene gitu. Aku bakal ngebayangin keano ngomong dialog yg tadi udah aku siapin ke aku, abis itu aku bakal langsung kayak mendalami gituloh, ngebayangin okey rasanya kalau dia ngomong kayak gitu ke aku gimana sih? Pikiran pertama yang bakal muncul ke benak aku waktu dia ngomong kayak gitu apa ya? Terus kalo misalnya ceritanya keano ini gapernah bentak2 tapi waktu itu dia tiba2 bentak bentak nyeseknya kayak gimana sih? Terus aku juga pasti bakalan lgsg mikir oke ini kalo ada orang yang giniin aku, aku bakal jawab kayak gimana? Cara jawab aku bakal gimana? Mau teriak teriak, bisik bisik, apa gimana? Mau ngeliat mata lawan bicara aku apa enggak? Gitu gitu sihhh. Nah tapi, ‘aku’ yang aku maksud di atas tuh bukan ‘aku’ sebagai milly gituu wkwk tapi aku sebagai kara. Pokoknya aku sih bener bener kayak let it out aja gitu. kalo emang aku ngerasanya kalo aku digituin aku mau mukul ya aku akting sambil mukul mukul guling kek atau boneka kek gitu biar bener-bener kerasa gitu rasanya.

Ruang Sastra Online [WDT]Where stories live. Discover now