22. Tips Mendapatkan Jutaan Views di Wattpad.

25 4 0
                                    

Materi kali ini akan membahas dan mengupas habis mengenai "Tips Mendapatkan Jutaan Views di Wattpad

Oops! Bu görüntü içerik kurallarımıza uymuyor. Yayımlamaya devam etmek için görüntüyü kaldırmayı ya da başka bir görüntü yüklemeyi deneyin.

Materi kali ini akan membahas dan mengupas habis mengenai "Tips Mendapatkan Jutaan Views di Wattpad." Nah, sudah pasti kalian sangat penasaran dan tidak sabar apa saja tipsnya agar mendapat jutaan views kan? Untuk itu, ayo simak penjelasannya berikut ini! 

Assalamualaikum... Sore. Perkenalkan nama sama Mellyana Dhian. Biasanya kalau pada manggil Mel. Saya memang masih junior di dunia kepenulisan, jam terbangnya belum sebanyak Bunda Asma Nadia atau Bapak Habiburrahman. Namun, semoga sedikit ilmu saya selama 4 tahun lebih mendalami dunia kepenulisan tetap bermanfaat.

Siapa sih Mellyana ini?

Selain penulis saya juga founder dari @jaksamedia.id (penerbit indie), @bmb.family yang merupakan media belajar kepenulisan untuk penggalangan dana sosial, ada juga @wattpadrs.semarang yang menampung penulis dan pembaca Wattpad di Kota Semarang. Kalau ada yang dari Semarang boleh gabung.

Saya juga merangkup pekerjaan desainer, editor, pengajar. Saya sering share kepenulisan dan lainnya di akun media sosial saya dan Melalui berbagai seminar. Medsos sudah dilampirkan oleh moderator tadi ya.

Tips jutaan viewers di akun wattpad

1. Pilih judul yang lagi hits

Teman-teman bisa lihat di wattpad langsung judul yang lagi rame itu yang kek gimana. Kalau dulu kan badboy gitu-gitu. Kalau sekarang aku lihat nama-nama. Contoh Teluk Alaska, Galaksi, Sabiya, Ahnaf Zain.

2. Pilih cover

Katanya kita gak boleh lihat dari cover, tapi nyatanya engga. Pasti pada lihat cover juga. Jadi buat cover yang bagus. Kalau gak bisa beli. Murah kok. Banyak yang nyediain

3. Rajin update

Jangan manja. Kalau mau jadi orang sukses ya gak boleh males. Apalagi masih menitih karir.

4. Tingkatkan kemampuan menulis kalian.

Kemampuan menulis ini yang akan membuat pembaca tetap menetap. Karena matanya gak pedih, akhibat tulisan tidak rapi. Dan alur yang buleet aja, jadi bosen deh.

5. Promosi

Jangan promosi di wall. Itu gak efektif. Yang ada malah jadi spam. Apalagi sampai di komentar cerita orang. Banyak penulis yang punya karya gak suka itu

6. Terus semangat

Jika endingnya ditakdirkan sabar atau tidak sampai jutaan. Tetep semangat. Kita gak tahu dilangkah mana kita sukses

Saya untuk sampai di satu juta pembaca di karya kesekian. Kalau dihitung karya ketiga, tapi kan sebelum itu saya sempat publish-unpublish. Sampai memutuskan tetep menulis gak peduli viewers. Di situ malah Allah datangkan saya viewers

Nah, mungkin itu dulu pengantar dari saya kak.

SESI TANYA JAWAB 

Haekalaz  || Halo kak, ada tidak tips dari kakak agar pembaca kita setia sama cerita yang kita buat.

Jawaban : Seperti hubungan kita harus berusaha menjalin hubungan baik sama mereka. Selain ciptakan candu juga tuh dicerita kita. Kalau ceritanya bagus dan berkesan pasti gak mudah ditinggalkan. Terlepas dari itu, kalau masih pada gak setia. Yaudah kita sebagai manusia gak bisa memaksa orang menetap #eeea

Amalia dan Au || Hai, Kak. Aku ingin bertanya. Bagaimana caranya agar followers kita bertambah setiap harinya? Selain update cerita setiap hari. Kebanyakan pembaca melihat dari cerita kita melalui views terbanyak. Menurut kakak, apa tips yang bagus agar bisa meyakinkan pembaca jika cerita kita bagus walaupun minim views? Terima kasih Kak.

Jawaban : Sepertinya gak ada cara lain selain memang update. Kalau gak ya minta follback gitu sih, saling feedback. Tapi kalau aku dari dulu dari 0 followers daripada ngabisin waktu buat promo ke wall atau DMin satu satu promo sama minta feedback. Aku lebih memilih gunain waktunya untuk menulis, belajar, memperbaiki tulisan, promo di sosmed pribadi. Bab bab awal dibikin bagus. Kan setiap cerita juga dari viewers 0.

Rany dan Ika || Izin bertanya, Kak. Apakah penggunaan hashtag yang tepat sangat mempengaruhi viewers dan apa imbasnya pada rank? 

Jawaban : Jujur ini pertanyaan lebih ke alogaritma Wattpad. Dan yang lebih berhak menjawab adalah pihak mereka. Saya sendiri yang penting tag sesuai cerita dan fokus menulis dan promosi di sosmed 😁 jadi ngaruh apa engga saya blm bereksperimen.

Syifa || Halo, Kak, izin bertanya. Dari mana biasanya readers menemukan cerita kita? (Selain feedback, home, hastag dan news feed). Apa yang harus dilakukan untuk mempermudah readers menemukan cerita kita dan merasa tertarik untuk membacanya?

Jawaban : Dari rekomendasi teman itu paling manjur. Kalau beranda kan biasanya malah cuma liat. Dibuka juga engga. Apalagi lagi blurbnya gak jelas dan tata bahasanya berantakan. Jadi kudu belajar kaidah bahasa Indonesia ya EBI, KBBI, dll.

Adel || menurut kakak, saat ini pembaca lebih suka dialog dengan bahasa santai atau bahasa baku? Dan apakah minus-plusnya dari penggunaan bahasa santai dan baku tersebut?

Jawaban : Setiap naskah punya pasar masing-masing. Habiburrahman pakai baku, banyak yang suka. Asma Nadia pakai bahasa puitis, banyak juga yang suka. Jadi gak ada yang lebih. Kita nulis aja sesuai gaya kita, jangan tertekan, nanti malah setres. Bikin nulis sebagai hiburan karena halunya tersalurkan. Disukai sama orang itu bonus

Mohon maaf banyak salahnya. Wassalamu'alaikum wr wb 🙏

 Wassalamu'alaikum wr wb 🙏

Oops! Bu görüntü içerik kurallarımıza uymuyor. Yayımlamaya devam etmek için görüntüyü kaldırmayı ya da başka bir görüntü yüklemeyi deneyin.
Ruang Sastra Online [WDT]Hikayelerin yaşadığı yer. Şimdi keşfedin