XIII. Scapegoat

12 0 0
                                    

Seperti biasa di suatu pagi yang nggak terlalu cerah, gue berangkat ke sekolah dan ketemu Neva di tempat yang sama pada pukul 6:35 pagi. Kita emang hampir setiap hari ketemu kalau mau pergi ke sekolah (kecual satu waktu di mana dia agak kesel itu), tapi kita gak pernah kehabisan topik obrolan. Soalnya, gue sama Neva udah punya beberapa pertanyaan yang gue gak pernah bosen ngedengerinnya setiap hari. Pertanyaan-pertanyaan itu sebenernya cukup sederhana: gimana rencana lo buat hari ini, kemaren sore sampe malem ngapain aja, dan ada cerita bagus gak buat memulai hari ini. Gue bahkan inget urutan dan cara dia bicara, lama kelamaan semua pertanyaan ini bakal masuk ke dalam agenda harian gue sama Neva.

"Gue hari ini ada ujian harian, dan gue masih gak begitu yakin," kata dia. "Kayaknya omongan lu ada benernya juga, Nao. Gue cocoknya jadi orang yang ngasih orang-orang pinter catetan gue yang lengkap itu."

"Yah elah, jangan jadi minder juga," timpal gue. "Yang penting lo udah usaha, dan hasil yang bakal lu dapetin itu hasil yang terbaik buat lo."

Dia tersenyum sambil tertawa kecil. "Makasih, lho."

Ngomong-ngomong soal ujian harian, gue rasa gue udah hampir satu bulan lebih belajar di SMA Kasuwari 3, tapi sama sekali belom dapet ujian apapun. Mungkin gue bisa ngewajarin ini gara-gara kelas kita adalah kelas IPA paling akhir--yang kalo dijelasin pake penjelasan yang lebih simpel, buangan.

Gue berpisah dengan Neva di depan kelas dia, dan gue masuk ke kelas jam 6:45 tepat seperti biasanya. Hari ini hari Kamis, dan gue punya jadwal Penjaskes sebelum istirahat siang. Beberapa anak ada yang udah pake seragam olahraga dari rumahnya dan entah mereka berniat pake seragam batik buat hari ini atau enggak.

Begitu gue duduk di tempat duduk gue (yang belom berubah sama sekali), Shakila ngedeketin tempat duduk gue. Sebenernya dia jarang ngelakuin hal-hal kayak gini, makanya gue pikir kali ini dia punya urusan yang penting sama gue.

"Nao, hari ini semua seragam SMA kita udah bisa diambil di koperasi sekolah," kata dia.

Gue sempet merhatiin dia lekat-lekat sambil nggak berkata apa-apa, sehabis itu gue langsung sujud syukur.

Lo harus tau rasanya jadi siswa baru di SMA, gue udah cukup muak sama seragam SMP yang sudah mendekati akhir hayatnya ini. Entah kenapa, daripada penutupan ospek, gue rasa mendapatkan seragam SMA adalah bukti yang lebih riil kalo kita udah diterima di SMA. Oh, lo harus tau gimana perasaan gue sekarang. Nggak ada lagi celana panjang warna biru navy yang bakal kena puntung rokok dan susah dibersihinnya (dan juga sulit menghindari kecurigaan orang lain). Selamat datang, putih abu-abu. Selamat datang, logo OSIS dengan background  berwarna coklat.

Belom lagi, seragam batik buat hari Kamis SMA gue ini kece juga. Motif yang mereka pake cukup besar, dan gue pikir lebih bagus daripada pake motif kecil-kecil yang baru bisa kelihatan kalo pake mikroskop. Gue seneng banget bisa pake penampilan baru buat pergi ke sekolah mulai hari ini dan besok.

"Gue juga pengen ngobrolin sesuatu, dan lo mesti tau," tambah Shakila.

"Okelah," kata gue yang udah terlanjur kesenengan.

Jam 6:53, anak-anak kelas gue udah hadir semua. Setelah gue, tim yang biasa telat mulai berdatangan. Sulaiman, Monica, Gilza, Diva (beralasan macet), dan Reynaldi (padahal rumahnya deket dan bisa dateng barengan sama si Bastian). Dan hari itu, gue kaget ngeliat Hamzah sama Rosalind yang dateng barengan ke kelas paling akhir. Gue yakin si Hamzah berangkat pagi-pagi cuma buat ngejemput Rosalind yang rumahnya lebih layak kalo disebut berada di kawasan industri.

Dan sisanya, Darto, Lathifa, Fikran, sama Angga, pasti mereka lagi disetrap di lapangan halaman sekolah sampe pelajaran pertama berakhir.

Kelas gue kebagian ngambil seragam di istirahat kedua, jadi kita bisa langsung pake seragam olahraga dan seragam batik hari itu juga. Sesuai dengan janji gue, gue pergi ke koperasi bareng si Shakila dan ngebiarin anak-anak yang lain ngeduluin kita buat ngambil seragam sekolah.

I'm Studying in a School Full of FoolsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang