VI. Apakah Mereka Semua Menyukaimu?

16 0 0
                                    

Halo, nama gue Rando, dan cita-cita gue untuk saat ini adalah jadi semacam ilmuwan. Gue harap di masa depan nanti gue bisa bikin penemuan yang bakal menggegerkan seluruh dunia. Seperti lunch box yang dilengkapi penghangat makanan dan sub-machine gun.

Gue sama sekali nggak nyangka kalo belajar dua mata pelajaran dari siang sampe menjelang sore adalah pekerjaan yang cukup melelahkan. Entah emang gara-gara gue udah lama nggak belajar di sekolah, atau gara-gara siang tadi kita sempet teriak-teriak kagak jelas. Temen-temen sekelas gue yang lain juga sama. Almira sempet ketiduran dan kembarannya angguk-anggukan. Hamzah sama Angga tidur beneran. Sementara Andre, Rangga, Herlambang, dan Rafly mainin hp buat ngusir rasa bosan mereka. Hampir semua dari kita ngerasa lesu, kecuali Shakila yang nggak tau rasanya tidur siang dan Sulaiman yang emang dari awal mukanya udah keliatan ngantuk.

Tapi anehnya, kita semua bisa kembali segar setelah mendengar bel pulang berbunyi. Dan bagi Hamzah dan Angga, bel itu bagaikan alarm yang membangunkan mereka pada pukul 8 pagi.

"Naooo! Kita jadi pergi sekarang, kan?" tanya Shakila, menagih janjinya.

"Jangan lupa yang piket hari ini!" kata Andre.

"Gue harus piket dulu, lo gak apa-apa kan kalo mesti nunggu?" kata gue ke Shakila.

"Beres."

Gue sama anak-anak yang kebagian piket hari ini langsung bagi-bagi kerjaan. Ada yang beresin kursi dan meja, ada yang nyapu lantai, dan ada yang ngebersihin papan tulis. Gue sama si Boris kebagian ngebersihin papan tulis, sementara Elvira dan cewek-cewek lainnya nyapu dan ngeberesin meja. Sementara si bos dan agen kebersihannya asik mangkal di meja guru sambil ngeliatin hapenya masing-masing. Mereka juga sempet ngobrol sedikit, dan Andre nyetel lagu dubstep nggak jelas yang ngebuat gue sakit kepala.

Karena gue belum sempet ngobrol banyak sama si Boris ini, gue coba manfaatin kesempatan ini buat ngobrol sama dia.

"Coy, lo biasa ke mana kalo pulang dari sekolah?" tanya gue. Siapa tau dia juga punya faksinya sendiri dan memiliki tongkrongan yang berbeda dari anak-anak.

Si Boris malah nggak nanggepin, tapi dia ngeliatin gue terus-terusan sampe harus ngehentiin kegiatannya.

Gue jadi canggung. Tapi dari raut wajah sama ekspresinya, gue makin yakin kalo si Boris ini adalah tahanan yang bebas dari kamp konsentrasi di Ukraina, pulang ke Indonesia, dan menempuh pendidikan wajib demi menafkahi diri dan keluarganya.

Tanpa nanggepin apa-apa lagi, kita terus ngebersihin papan tulis sampai kita bisa bercermin di depan situ.

"Nao, lo butuh bantuan?" tawar Shakila.

"Eh, nggak, kok. Ini tugas gue, dan gue nggak keberatan. Makasih," jawab gue. Gara-gara dia udah terlanjur ngomong, gue coba ngelanjutin percakapan. "Madam, soal tadi pas istirahat itu, lo kok mau gitu aja tarung sama kakak-kakak kelas kita?"

"Mereka kan ngejelek-jelekin kelas kita, ya wajar, dong, kalo gue ngerasa keberatan?"

"Tapi... yang kayak gitu emangnya bijak, ya?"

"Lo kok mikir gitu?" kata dia. Gue bengong.

"Maksud gue, nggak ada jalan yang lebih baik daripada harus pake kekerasan, gitu lho."

"Emang menurut lo yang bijak itu kayak gimana?"

Gue jadi mikir. "Yaaa, gara-gara gue ngobrol tadi pagi sama si kembar, sih. Gue pikir kita nggak perlu pake kekerasan buat nyeleseiin satu masalah."

"Tapi kalo satu-satunya cara cuma lewat kekerasan, lo pikir diam itu bijak, nggak?"

Diam itu bijak atau nggak? Sedikit demi sedikit, kayaknya gue ngerti maksud Shakila.

I'm Studying in a School Full of FoolsTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang