[E] #RCSCTheSoundtrack!

1.8K 161 28
                                    

SPOILER ALERT! Part ini mengandung spoiler dari seluruh cerita RCSC hingga ke Bab 30. Jika kamu tidak suka spoiler, sebaiknya selesaikan membaca RCSC dulu.

Peringatan: seperti di edisi RCMJ, sebagian besar lagu ini kupilih karena melodi dan nuansanya, dan bukan karena liriknya. Jadi, tidak perlu repot-repot mencari lirik atau berusaha mendengarkan kata-katanya ... kecuali jika kusebutkan secara eksplisit, hehe. Oh, dan jika kau juga punya saran lagu untuk adegan tertentu atau adegan-adegan yang kusebutkan di bawah ini, jangan segan-segan untuk menitipkan komentar berserta lagunya dan kenapa kamu memilih lagu itu. Ayo saling perkaya library musik sesama pembaca RCSC! (Dan library musik penulisnya juga, HEHE.)


1. The Murder (Part 1)

Lagu: The Unknown

Oleh: Dirty South (feat. FMLYBND)

Lagu yang menurutku cocok untuk menggambarkan perjuangan Ignotus dan Bran menembus salju ke EL, berusaha mencari ayah mereka, dan malah berujung dengan menyaksikan pertempuran antara seorang Leluhur dan seorang Tangan Kanan—pertempuran yang lalu menentukan nasib banyak peradaban sekaligus, dan membawa Bran pada jalannya.


2. The Murder (Part 2)

Lagu: Hoodoo

Oleh: Muse

Lagu ini ... depresif, kuat, lemas. Aku kehabisan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan lagu-lagu Muse, tetapi lagu ini sangat pas untuk menggambarkan Bran dari sejak Fimbulwinter berhenti hingga menemukan jasad ibunya—disusul dengan lalu bertengkar dengan Nephthys dan jatuh lemas.


3. The Land of Reeds

Lagu: The Nightsong

Oleh: Neal Acree

Lagu ini menggambarkan secara sempurna keadaan Bran saat pertama kali tiba di Iaru—bingung, kelam, gelisah, tetapi dihadapkan pada pemandangan yang akbar. Terkejut pada semua kecanggihan di sekelilingnya, tetapi merasakan kuat gema dari masa lalu di sejarah manusia: gema yang membuktikan bahwa para Leluhur pernah ikut campur dulu, dulu sekali, saat umat manusia masih belajar merangkak. Ketegangan dari lagunya juga berjalan terus ke saat Nephthys sadar bahwa mereka sedang berhadapan dengan, tak lain dan tak bukan, Set sendiri.


4. Cursed

Lagu: Transience

Oleh: Steven Wilson

Lagu yang bisa menangkap secara sempurna atmosfer istirahat Bran dan Nephthys setelah mengantarkan Serqet ke instalasi gawat darurat. Lagu ini adalah akustik-elektronik lembut, diikuti vokal Steven Wilson yang sangat menenangkan. Bahkan build-up-nya juga tidak terburu-buru, walaupun durasi lagunya sendiri tidak terlalu panjang.


5. Stranded

Lagu: Drum Song

Oleh: The Temper Trap

Lagu ini tidak ada vokalnya! Hanya permainan instrumen band yang memberikan kesan kejar-kejaran yang sangat kuat. Sesuai judulnya, lagu ini didominasi oleh drum—dari intro, ketukan di latar belakang, hingga outtro, yang membuat lagu ini lengkap adalah drumnya. Ditambah dengan iringan dan melodi dari gitar listrik yang semi-repetitif, memastikan lagu ini tidak monoton ataupun melelahkan. Mood-nya terjaga sepanjang lagu.

Ragnarökr Cycle: Storm ChasersTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang