Kata Pengantar

10.7K 630 111
                                    

Selamat datang!

Sebelum kita mulai, aku akan memberikan dua informasi dulu. Pertama, Storm Chasers adalah buku kedua Ragnarökr Cycle. Buku pertamanya adalah Ragnarökr Cycle: Myth Jumpers yang bisa kautemukan di profilku. Aku sarankan kau membaca Myth Jumpers dulu sebelum membaca yang ini.

Kenapa aku cantumkan informasi ini di Kata Pengantar? Ternyata, kadang-kadang Wattpad nakal pada pembaca dan membuat blurb-ku jadi tidak dibaca. Aku sudah mencantumkan informasi bahwa ini adalah buku kedua di blurb, tapi jaga-jaga saja, aku mencantumkannya lagi di sini.

Kedua, aku akan mengulang peringatan KERAS yang kuberikan di Myth Jumpers. Semua buku di seri Ragnarökr Cycle adalah cerita yang DIKHUSUSKAN BAGI MEREKA YANG SUDAH MAMPU BERPIKIRAN TERBUKA. Definisi berpikiran terbuka di sini adalah mampu menerima bahwa ada orang lain yang tidak sepertimu, berpikir tidak sepertimu, akan tidak setuju denganmu, dan berkeyakinan berbeda denganmu; dan siap mengubah pandangan apabila ternyata sesuatu membuktikan bahwa kau salah. Tolong garisbawahi bahwa aku menggunakan kata pandangan, bukan kepercayaan, karena kepercayaan adalah urusan pribadi. Apabila kau MERASA BELUM MAMPU BERPIKIRAN TERBUKA MENURUT DEFINISI ITUmisalnya, tidak bisa menoleransi karakter LGBT atau ireligius dan pandangan-pandangan yang mereka sampaikan dalam cerita—aku akan harus memintamu untuk BERHENTI DI SINI DAN MENCARI CERITA LAIN SAJA untuk kaubaca. Ragnarökr Cycle akan benar-benar mengetuk kepalamu dalam berbagai hal yang normalnya dianggap tabu di Indonesia (omong-omong, ya, Kata Pengantar ini khusus untuk audiens bahasa Indonesia seri Ragnarökr Cycle). Aku sarankan kau mencari lagi cerita sci-fi, mytho-fi, dan young adult lain. Banyak cerita bagus di Wattpad yang bisa kaubaca selain seri Ragnarökr Cycle. Aku tidak akan menyalahkanmu jika kau pergi dari sekarang.

Oke, jika kau masih membaca ini, aku akan menganggap bahwa kau bisa berpikiran terbuka. Semua protes mengenai mekanika dan dinamika dunia ini, di samping hal teknis seperti EYD/EBI atau keterlambatan update, akan kukembalikan ke janjimu di Kata Pengantar ini. Sekarang aku akan menyelamatimu dengan tangan terbuka dan sebuah pelukan bersahabat. Kau adalah orang hebat. Aku selalu senang berkenalan dengan orang-orang baru, terutama orang-orang yang mampu berpikiran terbuka. Selalu ada hal menarik di kepala mereka yang ingin kuketahui—dan berhubungan soal ini, aku sangat menerima feedback darimu. Jika ada sesuatu yang mengganjal di cerita nanti, dari typo hingga logika internalnya, silakan komentari. Aku suka sekali mengobrol dengan pembaca di komentar. Berkaitan dengan ini juga, silakan berkomentar yang banyak. Selain kritik dan saran, aku jujur saja menikmati saat seseorang merespon ke ceritaku, entah itu dengan inline atau pertanyaan atau bahkan motivasi secara umum. Tapi aku mau minta maaf dari depan karena aku punya hobi memberi teaser, jadi jika aku malah menggantung kalian, tolong jangan gantung aku. Hehe.

Baiklah, aku sudah bilang bahwa aku cuma perlu menyampaikan dua hal itu sebelum kita mulai, jadi aku tidak akan panjang-panjang di sini. Curhat mengenai Storm Chasers akan kulakukan nanti saja di akhir cerita, seperti biasa. Aku cuma mau menyusulkan satu peringatan saja: seperti yang sudah kaubaca di Myth Jumpers, seri Ragnarökr Cycle adalah sci-fi garis keras. Bersiap-siap saja dengan sejumlah penjelasan dari dunia sains di dalam sana. Aku tidak bisa janji bahwa setiap data yang kuberikan adalah informasi ilmiah terbaru, tapi aku akan usahakan agar sains di sini tetap up-to-date seperti di Myth Jumpers dengan epigenome dan string theory dan quantum entanglement dan berbagai konsep saintifik lainnya.

Jadi, selamat berpetualang, dan selamat menikmati.


-Author

Ragnarökr Cycle: Storm ChasersTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang