[CCA #3]

1.8K 177 25
                                    

Hellloooowwww!!!!

Cuap-cuap author kali ini beda loh.
Spesial perayaan 10K Reads for LOVE OR LIES.
Jadi CCA kali ini aku bakal ngebahas tentang sedikit tips dalam menulis.
Bukan tips ala profesional loh, cuma tips ala kadarnya dari aku sebagai penulis cerita ini dan sebagai readers jugaa...
Lansung aja okee??

[Tidak bermaksud menggurui atau menyalahkan dan membenarkan sesuatu. Hanya tips berdasarkan pendapat saya.]

1. Judul dan Tema
Judul disini lumayan penting menurut ku. Carilah judul yang menarik dan unik tapi jangan cenderung aneh yaa. Kalo bisa sih jangan terlalu panjang biar gak menuh-menuhin cover. Kalo soal penggunaan bahasa dalam judul itu bebas.. bahasa inggris, indonesia, jepang, korea, jerman dll. Terus menurut aku judul itu jangan terlalu spoiler. Jangan juga terlalu umum. Misalkan cerita kalian tentang apa, judulnya gak harus bener2 kasih tau tentang cerita nya. Contohnya ceritaku ini kan tentang badboy in love with good girl. Kalian gak harus nulis judulnya gitu. Karena cerita ini membahas cinta atau tidaknya Lava, makanya aku pake judulnya LOVE OR LIES. Pokoknya kalian variasi kan aja. Dalam memilih tema pilih yang menarik yaa. Yang unik sesuai genre nyaa.

2. Cover
Cover penting loh. Habisnya banyak orang yang lebih gampang tertarik lewat mata. Dan kita harus bisa membuat cover yg menarik. Gak harus rame, yg penting menarik karena yg simple kadang jauh lebih menarik. Kalo kalian gak bisa buat cover, kan bisa mesen tuh atau minta buatkan. Apapun caranya entah buat sendiri atau mesen usahakan menarik yaa. Kalian harus berusaha agar orang tertarik dengan cerita kalian dan jangan malas. Habis ada juga yang mikir "ngasih cover aja kaya gak niat apalagi ceritanya.". Nah loh, kan sayang kalo ternyata cerita kalian menarik. Jadi usahakan cover nya menarik oke?
Note : Bagi yang belum tau, ukuran cover watty itu 800 x 512 pixel. Gak bakal kepotong deh.

3. Sinopsis
Ada sih beberapa orang yg gak menyiapkan sinopsis dan bilang "tidak menyiapkan sinopsis. Kalo tertarik baca saja." Menurut aku sayang banget ada fasilitas sinopsis tapi gak di pake. Sinopsis itu biar satu kalimat aja kalo bagus efek nya besar juga loh. Jadi kalo bisa kasih sinopsis ya kawan. Mungkin ada yg maksudnya bikin penasaran, tapi banyak juga orang yg gak peduli. Jadi kalo gak ada sinopsis mereka malas coba2 baca. Jadi lebih menguntungkan kalo pake sinopsris kan? Sinopsis juga jangan spoiler yang kasih tau kejadian sampai ending. Buat lah sinopsis yg rada gantung dan membuat penasaran ;)

3. Prolog
Arti prolog sendiri kan awal cerita. Kalo menurut aku, prolog jangan bersambung ke chapter 1. Karena kesannya bukan kaya prolog, malah prolog kaya itu chap 1 sedangkan chap 1 sambungannya seolah2 chap 2. Buatlah prolog yang menarik dan menyentuh. Jangan spoiler juga yaa. Yg bikin penasaran lebih baik. Tapi ada juga yg gak pake prolog juga gak apa. Fine fine aja.

4. Tokoh
Kalian harus punya gambaran tentang tokoh kalian yaa. Jangan karakter nya berubah2. Nanti reader pada bingung. Buatlah tokoh yang senyata mungkin. Kalo soal nama tokoh bebas aja menurut ku. Sesuaikan sama karakter aja yg penting. Dan kalian harus menentukan tokoh utama nya siapa dan sesuai kan pembagian sorotan cerita. Jangan pemeran sampingan terlalu disorot dan kebagian banyak part. Pemeran utama harus lebih di sorot. (Mempertahankan karakter tokoh itu susah :( )

5. Sudut Pandang
Sudut Pandang dalam cerita itu bebas kok. Karena setiap sudut pandang itu punya kekurangan dan kelebihan sendiri2. Pilihlah sudut pandang yg paling kalian kuasai agar memudahkan penulisan.

6. Narasi, Diksi dan Gaya bahasa.
Kalian perlu banyak2 membaca untuk memperkaya kata2 yg kalian kuasi. Diksi itu penting banget. Coba liat deh penulis terkenal bahasa nya bagus banget sampe kadang aku bingung kok dia kepikiran gunain kata ini itu.
Kadang kalian juga sering bilang di cerita kalian "maaf feel nya gak dapet"
Menurut pendapat ku dan observasi ku, cerita yg feel nya dapet itu biasanya yang dalam penarasian gaya bahasanya cukup baku (cth : LOVE OR LIES). Biasanya lebih ke Sudut pandang orang ke 3 atau sudut pandang orang pertama dengan aku-kamu.
Contoh:-dengan teganya lelaki itu menyakiti hati Ara (sdt pdg 3)
-dengan teganya dia menyakiti hatiku (sdt pdg 1 aku)
-dengan teganya dia nyakitin gue (sdt pdg 1 gue)
Kerasa kan bedanya? Menurut aku lebih ngefeel yg contoh 1 sama 2. Terus tentang variasi kalimat
Contoh : Dia memakan nasi goreng itu dengan lahap => dimakannya nasi goreng itu dengan lahap => dengan lahap dimakan nya nasi goreng itu.
Jadi lebih beragam dan gak cuma itu2 aja kan? Coba deh kalimat nya di bolak balik biar gak monoton. Kalimat aktif kan bisa dibuat jadi kalimat pasif dan sebaliknya.

7. Alur & Kerangka cerita
Setelah mendapatkan tema harus kalian buat alurnya. Jangan pas dapat ide langusng buat tanpa memikirkan ini.
Contoh alur kerangka LOVE OR LIES : Lava ngakuin Ara, Lava PDKT, Lava jadi Aneh, dibawa ke dokter, ketemu ortu, dll (masih rahasia :v)
Kalo udah kebentuk cakaran kerangka alur jadinya dalam penulisannya lebih lancar karena kita sudah tau part2nya. Biasanya yg ngestuck itu karena part2 belum dipikrkan dari jauh2. Seenggaknya pikirkan kerangka alur sampe tengah cerita. Sisanya kan bisa sambil jalan. Dengan adanya kerangka cerita juga menghindari ketidak seimbangan alur (alur terlalu panjang di awal atau dll).

8. Awal Cerita.
Ini part yg penting agar pembaca tertarik untuk membaca lebih lanjut. Buat awal cerita yg tidak mainstream. Menurut aku hindari adegan 'terlambat'. Entah terlambat bangun atau terlambat masuk gerbang. Kalian harus kreatif dan bisa memvariasikan. Kan bisa adegan terlambat nya gak usah di pake jadi kalian lansung aja ke adegan di hukum karna terlambat. Dengan itu readers pasti tau kalian dihukum karna telat.

9. Pertengahan Cerita Atau Konflik
Buat konflik yg menarik dan bikin baper. Mainstream oke asal lebih di variasikan cara penulisannya. Buatlah sebaper-bapernya, hahaha

10. Ending
Banyak yg bilang buatlah ending yg tidak biasa. Tapi jangan Aneh atau malah gak nyambung. Gantung boleh tapi gantung nya juga harus nyambung. Susah sih kalo pemula seperti saya. Jadi yg mainstream aja gpp asal bervariasi dan berkesan.

11. Penulisan yg benar.
Jangan takut memulai menulis karena takut salah penulisan, penggunaan kata baku, tanda baca dll. Kalian bisa mempelajarinya sambil jalan. Asalkan cerita kalian masih rapi di liat dan dibaca. Yang penting kesalahan penulisannya masih wajar.
Contoh kesalahan fatal :-awal dialog tidak huruf besar
-awal dialog pake spasi
-akhir dialog tidak disertai tanda baca
Masalah di luar itu masih termasuk kecil karena kalian masih harus mempelajarinya
Seperti : -dimana => di mana
-di jual => dijual
Ditempat => di tempat
Yang kaya gini masih termasuk kesalahan ringan.
Maka dari itu selalu pelajarilah cara penulisan yang benar.
Jangan malas belajar jika kalian memang berkeinginan menjadi penulis.

Buat yg nanya gimana cara biar cerita kalian banyak yg baca, jawaban nya adalah melakukan promosi. Tapi jangan tipu2 karena itu gak baik yaa. Nanti Lava marah loh. Promosi penting bagi seorang pemula jadi usahakan cerita kita menarik. Kalo udah banyak pembaca setia sih biar sinopsis cuma sekalimat, judul sekata, cover simple menarik pasti bakal banyak yg baca. Karena kita belum dikenal, maka perkenalkanlah cerita kita :)

Oke sekian dulu ya tips nya..
Bagi yang ingin bertanya silahkan. Bakal di jawab kok, tenang aja

PERTANYAAN =

Semoga saran dari penulis pemula seperti saya bisa sedikit memberikan bantuan bagi kalian yg merasa kesulitan.
Mari kita sama2 belajar dan menjadi penulis yang lebih baik ;)

Jangan lupa terus dukung dan baca cerita LOVE OR LIES yaa.
Berikan vote dan comment biar Lava dan Ara senang.
Btw, peringkat LOL naik loh jadi #143
Part 11 insyaallah kalo gak malam ini ya besok baru publis
Sekali lagi Happy 10K Reads!!!!

Thanks <3

By Chaerun Nessa

27 Juli 2016

ERROR : Love Or Lies [Revisi-Ongoing]Where stories live. Discover now