Chapter 26 : Now, I is a Military ( 2nd Lt Zelado Adhi Permana )

3.7K 89 3
                                    

"Selamat Datang, pahlawan muda

Lama nian kami rindukan kamu

Bertahun – tahun, bercerai mata

Kini kita dapat berjumpa pula

Dengarlah sorak, gegap gempita

Mengiringi derap langkah perwira

Hilangkan rindu, ayah ibumu

Selamat datang di Lembah Tidar.........." Lagu Selamat Datang dinyanyikan oleh seluruh Taruna dan Taruni Akademi Militer serta unsur organik dari TNI maupun Polri yang notabene adalah para pelatih yang berbaris saling berhadapan menyambut kedatangan para Calon Siswa Dikmapa PK TNI dan Siswa IPSS yang berjumlah 400 orang.

"Wah meriah sekali sambutan mereka." kata Zelado dalam hati menoleh ke kanan maupun ke kiri.

Diiringin dentuman alunan musik Genderang Seruling Canka Lokananta yang merupakan drum band kebanggaan Taruna Akademi Militer melengkapi acara penyambutan ini. Setelah penyambutan ini seluruh Calon Siswa melaksanakan Upacara Penerimaan yang dipimpin oleh Komandan Pendidikan Doktrin dan Latihan Tentara Nasional Indonesia di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer, Magelang. Setelah Upacara, dilanjutkan dengan pemotongan rambut, semua rambut mereka khususnya yang laki – laki dipangkas hingga tak tersisa sama sekali alias plontos terlihat tidak ada perbedaan sama sekali. Sementara yang perempuan rambutnya dipotong sangat pendek menyerupai laki – laki bahkan ada juga yang dipertanyakan statusnya karena dari segi tampang sangat mengerikan. Setelah pemangkasan rambut dilanjutkan dengan pembagian perlengkapan yang akan digunakan untuk pendidikan, laki – laki dan perempuan berada di tempat terpisah. Semua ponsel, dompet dan barang berharga lainnya dikumpulkan tidak ada lagi yang membawa barang pribadi lagi. Semua atribut sipil pun ditanggalkan kini tidak ada lagi yang mengenakan pakaian bebas rapi atau bahkan yang sedang ngetrend sekalipun, semuanya langsung mengenakan seragam PDL hijau polos, dipandu oleh pelatih cara memakai perlengkapan yang benar terutama sepatu PDL. Setelah pembagian perlengkapan dilanjutkan dengan pembagian kelas, peleton, dan kompi. Zelado tergabung dalam kelas A peleton 1 kompi A satu kompi dengan Jalil, Timur dan Billy namun berbeda peleton. Jalil tergabung dalam kelas C peleton II kompi A, Timur tergabung dalam kelas F peleton III kompi A, dan Billy tergabung dalam kelas H peleton IV kompi A. Namun untuk tiap – tiap peleton ada Matra Darat, Laut, Udara, dan Polisi namanya juga pendidikan pertama yang bertujuan untuk menanamkan jiwa korsa dan sikap integratif antar siswa untuk menghilangkan ego Korps ataupun Matranya.

"Eh kamu Mas Zelado bukan? ternyata masuk sini ya?" tanya seorang Calon Siswa yang berada di sampingnya.

"Maaf anda siapa ya Mas?" tanya Zelado.

"Perkenalkan nama saya Bagus Hernomo Budiyanto, dari Lantamal Jakarta, Matra Laut." Kata Calon Siswa itu yang bernama Bagus. "Kalau Masnya sendiri?" tanyanya.

"Saya Zelado Adhi Permana, dari Kodam IV/ Diponegoro, Matra Darat." Zelado menyalami Bagus.

"Eh kamu yang kemarin main film Dua Tanda Tanya itu kan?" tanya Bagus.

"Iya benar." Jawab Zelado.

"Ternyata benar kabar yang beredar kamu masuk tentara seperti yang dikatakan ketika menghadiri acara Talk Show di Net TV kemarin bareng para pemain film Dua Tanda Tanya." Kata Bagus.

"Kamu tahu dari mana?" tanya Zelado.

"Kemarin saya nonton langsung di stage Ini Talks Show, waktu itu juga ada Raditya Dika, Nabilah JKT48, Pevita Pearce, Jalil, Timur, dan Billy yang hadir dalam acara itu." jawab Bagus.

World At WarМесто, где живут истории. Откройте их для себя