04 - Malam minggu bersama Bayu

2.8K 604 41
                                    

Seperti malam minggu biasanya, malam minggu kali ini mereka berdelapan (minus Aji) menginap di basecamp. Ini merupakan suatu kegiatan wajib yang mereka lakukan, apalagi setelah mereka membuat akun podcast.

Posisinya sekarang lagi di studio rekaman, ada Haris dan Calvin, juga ada Bayu yang siap memulai podcast. Iya, hari ini podcast dibawakan oleh Bayu. Sebenarnya hari ini giliran Aji sih, cuma cowok itu udah izin buat ngga ngepodcast dulu jadi podcast malam ini digantiin sama Bayu.

"Oke bang, dah siap. " kata Haris. Bayu membalasnya dengan anggukan. Kemudian cowok itu memulai podcastnya.

"Halo kalian, selamat malam minggu. Semoga kalian selalu diberi kesehatan dan kebahagiaan. Yang lagi kencan semoga kencannya lancar, yang masih single, gapapa gue dan anak Eska juga masih pada single jadi lo ada temennya. "

Haris dan Calvin yang mendengar auto ngumpat. Ya bener sih single, tapi ya gausah diperjelas dong bang Bayu.

"Seperti biasanya, malam ini kita bakal bacain beberapa QnA yang udah kalian kirim di Instagram. Menyingkat waktu, jadi langsung aja ya.

Waw, gue nemu pertanyaan yang lucu nih, Bang Bayu kan udah lulus nih, rencananya gimana mau lanjut S2 apa nikah?

Hmmm, yang pasti gue belum ada pikiran buat nikah, ya ada sih...tapi masih menunggu seseorang yang tepat cielah hahaha. Dan untuk S2,hmm maybe? Ini gue juga masih mencari jati diri sebenarnya, jadi jawabannya ya maybe itu tadi."

"Lanjut, Menurut Kak Bayu, siapa yang paling ngeselin di Eska? Jawab yang jujur ya kak

Jujur nih? Kalau mau jawaban jujur yang paling ngeselin tuh Aji sama Jusuf. Beneran, yang satu ngga bisa diem dan heboh mulu, yang satunya ceroboh minta ampun. Sebenarnya semuanya ngeselin sih, gue juga pasti ngeselin di mata mereka. But, it's okay. Selama ngeselinnya mereka ngga sampe bikin basecamp roboh gapapa. "

"Bang bay, tips biar ngga malesan dong. Aku pengen nyoba produktif tapi males mulu.

Gini...kalau emang mau produktif, kumpulin niat dulu. Karena kalo kamu cuma sekedar pengen tapi nggada niat, ya sampai kapanpun tetap males. Terus bikin target. Kamu mau produktif dalam hal apa? Misal mau diet atau mau mengolah tubuh. Ya otomatis kamu juga harus atur pola makan dan workout. Itu bisa dijadiin tantangan buat ngelawan males. Kalo udah begitu tapi masih aja males, coba nyalain alarm 'ayo aku gaboleh males' gitu, terus nyalain tiap menit. "

"Dia kok tumben jadi cerewet gitu sih bang? " tanya Haris sambil menyenggol lengan Calvin.

"Tunggu aja. Mode Bayu Teguhnya belum keluar itu. " sahut Calvin sambil ngemut permen.

"Hal yang paling memalukan yang pernah terjadi dalam hidup bang Bayu?

Hahaha, gue pernah maluu banget karena ngelakuin ini. Tapi sekarang udah biasa aja sih. Dulu pas SD gue pernah nyisirin rambut boneka Barbie milik adik gue, terus ketahuan sama mbak-mbak tetangga yang baru aja pindahan depan rumah. Terus mbak itu nyeletuk gini, 'mas chris ini ternyata cewe ya, aku kira cowo. ' abis itu gue malu banget gamau ketemu sama tetangga gue. "

Haris dan Calvin terpantau sedang terkikik di pojokan. Berusaha menyebar aib bayu di grup anak-anak.

"Bang Bayu pernah ga ngerasa down dan tiba-tiba pengen nangis gitu tanpa sebab? Kalo pernah biasanya ngatasinnya gimana?

Pernah, sering malah. Kalo udah gitu biasanya gue break sebentar, berhenti ngelakuin apapun. karena kalo dipaksa ngelakuin malah ga konsentrasi dan jadi buyar semuanya. Nyari udara segar, sekalipun itu cuma keluar rumah dan natap langit, itu ngebantu banget sih."

"Gue pengen mencoba, tapi gue takut gagal. "

Gagal atau engga itu hal paling akhir yang harus dipikirin. Kenapa lo menyimpulkan sesuatu yang belum tentu terjadi? Itu sama aja lo ngeremehin diri sendiri sih namanya.

Jangan takut. Buat sebagian orang, punya ketakutan itu emang ngga main-main sih tersiksanya. Tapi gini...kamu ngga akan berubah kalo masih takut. Dicoba ya? Pelan-pelan. Gagal itu bukan hal yang harus ditakutin, tapi dihadapi.

Kamu harus tau ini, semua orang bisa gagal, bahkan orang dewasa juga pernah gagal. Pernah dengar ngga kalo gagal itu umpan menuju kesuksesan? Ya anggap aja lagi kesandung batu, apa yang kamu lakuin? Pastinya diobatin dulu. Kalo udah sembuh? Ya lanjut jalan lagi. Jawabannya, jangan takut buat nyoba."

"Bang, cara ngadepin orang toxic yang suka ngomentarin apapun yang kita lakuin tuh gimana. "

"Ya jangan di dengerin. Mereka ngga tau hidup lo. Percuma dong kalo lo dengerin ocehan mereka. Just do what you wanna do, fokus sama diri lo dan apa yang mau lo lakuin, Okay? "

"Bang Bay, aku ngga keterima SBMPTN. Apakah ini karena usahaku yang kurang maksimal?

No, kamu udah melakukan yang terbaik kok. Kamu, teman-temanmu, dan semua yang ikut SBMPTN, kalian bener-bener udah melakukan yang terbaik, kalian pantas dapat pujian dari usaha yang udah kalian lakuin. Jangan terpaku sama kegagalannya, kalo kamu terpaku sama itu, itu sama aja kamu nyiksa diri dan itu bakalan bikin kamu nyerah ditengah jalan. Itu baru permulaan, okay? Masih ada tahun depan dan tahun depannya lagi.
Gapapa sekarang gagal, daripada ngerasa gagal..jadiin ini kesempatan buat kamu untuk kenalan sama diri kamu sendiri. Apa sih potensi kamu, bener ga sih aku ngambil jurusan ini, misalnya. Dah, intinya kamu udah berusaha, dan kamu keren kalo ngga terpaku sama kegagalan. "

"Pengen keluar dari zona nyaman, tapi bisa gasih? "

"Terkadang, kita harus berani melangkah lebih jauh untuk meraih cita-cita. Bukan keluar dari zona nyaman, tapi memperluas zona nyaman. Kalo keluar kan bener-bener keluar, pasti aneh rasanya kalo tiba-tiba keluar. Tapi dengan memperluas zona nyaman, artinya kita menambahkan situasi baru sebagai zona nyaman kita. Sehingga ketika kita menemukan situasi yang sama, kita ga kaget lagi, karna situasi itu udah menjadi salah satu zona nyaman kita"

Haris dan Calvin kompak bertepuk tangan. Seperti biasa, Bayu Teguh memang nggada lawan.

"Okay ga kerasa ya udah malem nih hehe.. So kesimpulan podcast gue hari ini adalah kalian harus percaya diri dengan kemampuan kalian. Ga perlu sampe keluar zona nyaman, tapi perluas zona nyaman. Emang bukan sesuatu yang mudah, tapi bukan berarti ga bisa kan?

Kalian masih belajar, gue juga sama. Maka dari itu, kita perlahan-lahan belajar untuk memperluas zona nyaman. Kalian ga sendiri, ada gue yang nemenin kalian juga hehe.. Sampe ketemu di malming bersama bayu lainnya hehe. "






































A/N : selamat malam minggu dari Bayu meskipun lagi ngga malem minggu, abis ini siapin hati ya :)
Jan lupa tinggalin jejak~

STEP OUT ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang