Chapter 12: Syfa: " ternyata apa yang diomongin curut itu benar"

630 33 1
                                    


***

Didalam mobil tidak ada pembicaraan diantara mereka,mereka hanya sibuk dengan aktivitas masing-masing. Setelah 15 menit mobil melaju, akhirnya mereka pun sampai di salah satu stasiun tv swasta yang akan dibawakan oleh Adit secara langsung.

" selamat pagi dokter Adit,mari saya antar untuk bertemu dengan dokter Rizki partner dokter Adit ketika sedang live nantinya " sapa salah satu pegawai disana

" terima kasih mba " ucap Adit dengan tersenyum ramah.

" mari mas,mba ikuti saya "

Mereka hanya mengikuti pegawai itu.

" mas Adit, nanti kalo ditanyain sama reporter jangan lupa sebutin nama Ayuka yah? Ayuka sayang sama mas Adit " ucap Ayuka dengan pecicilan. Adit hanya tersenyum menanggapi, Syfa menggeleng-gelengkan kepalanya,heran dengan sikap sahabatnya itu yang tidak pernah berubah.

Adit, Ayuka dan Hani memasuki studio itu terlebih dahulu.

" mas Gibran... " panggil Syfa. Sehingga membuat Gibran berhenti berjalan mendekati Syfa.

" apa? Mau disebutin namanya juga? " tanya Gibran ketus. Syfa menggeleng-gelengkan kepalanya.

" soal semalam... Maaf udah ngomong kasar "

" emang semalam ngomong kasar? "

" mmm... Menurut Syfa sih gitu "

" hehe santai aja kali "

Gibran melirik pintu masuk studio, tulisannya berubah menjadi 'on air' dan warnanya berubah menjadi putih terang, menandakan bahwa di dalam sedang melakukan siaran langsung.

" masuk yuk, acaranya Adit udah mulai " ajak Gibran dan dijawab anggukkan oleh Syfa.

***

" Hari ini saya ditemani oleh dokter Adit dan bintang tamu saya Salsha *anggap aja ini namanya *. kali ini kita mau bahas tentang penyakit asam lambung. Kira-kira apa itu asam lambung? Boleh dibantu jawab dokter Adit " ucap Dokter Rizki

" jadi, asam lambung atau dalam dunia kesehatan disebut Gastroesophageal Raflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus( kerongkongan). " jelas dokter Adit.

" Dimana asam lambung ini adalah masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat ya dok " tanya Salsha.

" iya, asam lambung ini disebabkan karena tidak berfungsinya LES(Lower Esophageal Sphinchter) lingkaran otot pada bagian bawah dari kerongkongan. Dimana LES ini berfungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka ketika kita makanan atau minuman turun ke lambung. Setelah makanan atau minuman masuk, LES akan menutup untuk mencegah asal dan makanan yang ada dilambung agar tidak naik kembali ke kerongkongan " jelas dokter Adit.

" nah apabila LES ini menjadi longgar atau tidak menutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung " lanjutnya.

" Penyebab asam lambung ini apa dok?"

" bisa karena faktor keturunan, kelebihan berat badan,stres,mengkonsumsi obat-obatan tertentu,hamil, gastroparesis,hiatus hermia,atau konsumsi makanan yang mengandung banyak lemak " jawab dokter Rizki.

" oh.. Gitu ya dok. Biasanya gejala yang ditimbulkan seperti apa dok?"

" 1. Raflux asam lambung atau regurgitasi. Asam didalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga mulut,sehingga muncul rasa asam dan pahit.
2. Gigi bisa menjadi rusak.
3. Sensasi terbakar di dada atau nyeri ulu hati.
4. Bau napas tidak sedap
5. Peningkatan jumlah air liur secara tiba-tiba.
6. Kembung dan bersendawa. " jelas Dokter Rizki.

Diary untuk calon imamkuTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang