Chapter 17 (Jati)

1K 161 34
                                    

Gue nggak ingin terdistrak dengan hal-hal yang rumit di Jogja. Maka sebisa mungkin di Jakarta ini gue sibuk. Sibuk benerin motor, sibuk nganter Rangga sekolah, sibuk nganter nyokap kemana-mana, sampai sibuk mengecat kamar gue sendiri. Nyokap terang saja heran dengan perubahan sikap gue yang drastis ini. Pun dengan bokap dan Rangga. Nyokap malah udah suudzon dari kemarin-kemarin.

"Mas mau nambah uang jajan yo? Makanya jadi kayak gini di rumah?" Ini pertanyaan penuh kecurigaan dari nyokap, lain lagi dari Rangga.

"Mas, lu sebenernya mau mati atau gimana sih? Gue belum siap nerima warisan bapak, Mas." Bangke emang adik gue ini. Kalo dari bokap berasa nyesnya, kalem-kalem ngeselin.

"Motor tetap di Jakarta. Kecuali Bapak pindah tugas juga ke Jogja. Jangan macem-macem ya, Mas."

Memang gue ini serba salah. Baik sedikit, dikira ada maunya. Heran deh robokop.

Gue nggak akan bilang kalau kepulangan gue ini healing, juga escape. Katakan saja kalau gue ini pengecut, karena memang begitu adanya. Gue butuh mempersiapkan diri buat kembali lagi nanti ke Jogja, makanya sekarang sibuk di rumah. Kalau dikasih waktu kosong sebentar, gue pasti bakal ngelamun gak jelas lagi. Terus terusan. Capek hati.

Gue, jujur saja, pengen banget tau gimana kabar Ning. Dia baik-baik aja, kan sama Banyu? Walaupun gue sempat berpikir buat masuk diantara mereka, gue sadar kalau gue memang nothing. Gue nggak boleh ngerusak kebahagiaan Ning.

Pernah tau quotes paling munafik yang bilang, kalau kamu bisa bahagia sama dia. Aku juga akan ikut bahagia. Gue pernah  mencobanya, hasilnya. Bukan ikutan bahagia, gue malah kesel sendiri. Ya lo kira-kira ajalah, orang yang lo suka lebih bahagia sama orang lain. Memang segitu menyengsarakannya kah hidup lo? I cant relate.

"Mas! Ibu panggil daritadi, nggak ngejawab. Malah ngelamun!" Gue gelagapan, "maaf. Ada apa bu?"

"Ayo temenin Ibu belanja. Biar ibu yang nyetir. Kamu nanti bawain belanjaannya." Ini nih, semenjak gue sudah baik-baik saja, nyokap makin kesenengan ngajak gue belanja.

"Iyaa. Ya udah, Mas mau ganti baju dulu." Nyokap mengangguk dan keluar dari kamar gue. Nggak lama, gue dan nyokap sudah berada di dalam mobil menuju supermarket.

"Mas, kok kalau ibu perhatikan, belakangan ini Mas sering ngelamun. Kenapa? Ada masalah apa?" Gue diam sejenak, pura-pura ngecek hape, ngeliat ada yang chat atau nggak, terus hasilnya gak ada yang ngechat karena emang ngapain juga sih chattingan sama orang gak penting kayak gue.

"Mas,"

"Biasa lah bu, masalah kuliah." Ibu berdeham, "bener cuma masalah kuliah? Bukan karena perempuan?"

Gue diam lagi.

"Mas, kamu itu laki-laki. Kalau ada masalah apa-apa, hadapi. Bukan pergi. Ibu sama bapak nggak pernah ngajarin kamu buat lari dari tanggungjawab, kan?" Gue mengangguk.

"Kenapa? Bilang sama Ibu. Ibu ada buat kamu, buat dengerin kamu, Mas."

"Mas nggak siap nyeritainnya, Bu. Nanti kalau sudah siap, Mas ceritain. Bukan masalah besar juga kok, Bu."

Ibu mengela napas, "kalo bukan masalah besar, kamu nggak akan begini, Mas."

"Kamu ngehamilin cewek ya di Jogja?"

"Astagfirullahaladzim! Nggak, Bu! Ngawur! Pacar aja nggak punya, siapa yang mau dihamilin!" Gue refleks menjawab dengan nada kaget yang cukup tinggi karena kesal sama tuduhan nyokap.

"Ya lagian, suruh cerita malah diam terus." Ganti nyokap yang bersungut-sungut. "Mukamu tuh butek banget, Mas. Ibu khawatir."

"Mas baik-baik aja, Bu. Nanti sampe Jogja, Mas selesein masalahnya."

Nyokap ganti mengusap rambut gue. "Lain kali, sebelum pulang, selesein dulu masalahnya." Gue mengangguk. Meski pengen banget protes sama tindakan nyokap yang ngusap-ngusap rambut kayak zaman gue masih TK.

*****

NavyTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang