Chapter 14 (Jati)

1K 170 10
                                    

Sampai di Jakarta, nyokap menjemput gue di Stasiun Gambir. Lengkap dengan omelan dan tawa adik gue yang ngeselin.

"Mas emang habis ngapain? Itu tangan sama kakinya udah diobatin? Kita berhenti dulu di rumah sakit ya? Kalau kelihatan Bapak bisa lebih lama nanyanya."

"Mas cuma jatuh dari motor, Bu. Nggak kenapa-napa. Ini kemarin udah diobatin sama temen di kos."

Nyokap berdecak gemas, "udah. Kita berhenti dulu nanti di rumah sakit. Nggak usah ngeyel."

Memang seharusnya gue nggak menolak apapun yang diperintahkan nyokap.

Hasil pemeriksaan ternyata ada tulang rusuk gue yang retak, kaki dan tangan juga. Pantesan aja badan gue rasanya ngilu banget. Pengen gue lepas aja rasanya ini badan.

"Kalo ibu nggak paksa Mas ke rumah sakit kayak tadi, mau dibiarin aja? Sayang sama badan sendiri, Mas. Ini pasti ada yang nyuruh pulang juga kan dari kosan? Kalo nggak ada, kamu pasti meriang sakit-sakit sendiri disana! Tau-tau ibu sama bapak nyusul kamu tinggal nama? Hah?"

Nyokap gue kalo ngomong emang gitu bamget. Gue berdecak, "iya. Bu. Maaf Mas ceroboh. Kemarin jatuh dari motor di Magelang." Gue akhirnya mengaku. Nyokap melotot kesal.

"Ngapain ke Magelang?"

"Main."

"Wes, sesuk kuliahmu pindah wae neng Jakarta. Ben Ibu reti koyo' opo tingkahmu, Mas.*" Nyokap kalo udah keluar Jawanya, udah diambang batas kesal. Adik gue, Rangga, sudah diam semenjak balik dari rumah sakit. Nggak ngetawain, atau nyeletuk-nyeletuk ngeselin. Dia paham kalo nyokap sudah murka.

Mobil yang dikendarai nyokap masuk ke kompleks rumah kami di daerah Menteng. Pak Darmiji menyambut kami di pintu gerbang, lantas membuka pintunya.

"Masuk, makan, mandi, tidur. Ra** usah aneh-aneh." Gue dan Ari mengangguk. Nggak bisa membantah.

Rangga yang kamarnya berada persis di sebelah kamar gue buru-buru masuk sebelum nyokap melihatnya keluyuran. Begitupun dengan gue.

Kamar gue masih seperti dulu. Setelah enam bulan gue tinggal ke Jogja. Tiba-tiba pintu kamar gue diketuk, "masuk aja. Nggak dikunci."

Mbak Lasi masuk, menyimpan handuk bersih di kamar mandi. "Mas Jati mau makan di ruang makan apa ta' bawa ke sini?"

"Oh, nanti saya keluar aja, Mbak. Mau mandi dulu. Ibu lagi ngapain?"

"Lagi nyiapin tumis cumi sama tahu goreng, Mas."

"Ya udah, bilang ibu. Nanti saya keluar habis mandi." Mbak Lasi mengangguk.

Semenjak bokap pindah tugas kerja ke Jakarta, mendadak waktu tempuh mudik yang biasanya cuma dua-tiga jam kalau naik mobil atau bis, kini jadi berjam-jam, nyaris seharian. Itupun dengan kereta. Rada cepet naik pesawat, seharga kamar kos tiga bulan. Udah mending nggak usah dibahas kalau kayak gitu.

Selesai mandi, gue tertatih keluar kamar. Rangga udah sibuk dengan piringnya. Gue duduk disebelahnya. Nggak lama bokap datang. Gue mencium tangannya.

"Tumben nggak bilang kalau mau pulang, Mas?" Gue nyengir, "kejutan."

"Iya, saking terkejutnya Ibu sampe mau pingsan." Celetuk nyokap. Bokap kayaknya belom ngeh sama fisik gue karena kita lagi duduk.

"Lho? Kenapa tho?"

"Itu habis jatuh. Tadi tak anter ke rumah sakit dulu. Motor-motoran terus."

Bokap berdeham, "wes. Mangan sek.***" Ujarnya. Gue siap kena sidang kedua nih.

Selesai makan, bokap bener-bener bikin sidang dadakan. Hasil akhirnya motor gue yang sekarang di Jogja bakal diambil dan di tukar sama motor matic punya nyokap yang biasa buat beli sayur. Gue mau protes, tapi belom apa-apa nyokap udah melotot.

"Biar kamu nggak sembarangan di Jalan, Mas. Eman-eman awakmu. Esih enom.****"

Gue terdiam. Yasudahlah, gue kalah. Dari segala hal.

*****

* : yasudah, besok kuliahnya pindah aja ke Jakarta biar ibu tau gimana kelakuanmu
** : Ora (nggak)
*** : sudah, makan dulu
**** : sayang badanmu, masih muda.

HI! TGIF ❤❤❤

NavyWhere stories live. Discover now