#185 Ichijama

1.7K 134 3
                                    

Ichijama merupakan sebuah kutukan yang berasal dari Okinawa. Ia merupakan sejenis ikiryo, roh dari manusia hidup yang meninggalkan tubuhnya untuk menghantui para korban. Sihir yang memanggil arwah ini berasal dari orang yang merapalkan mantra dan garis keluarga dari semua orang yang akan digunakan sebagai Ichijama. Bukan hanya manusia, tapi sapi, babi, kuda, dan makhluk hidup lainnya seperti tanaman bisa dikutuk oleh Ichijama.

Arwah Ichijama bisa dipanggil dengan berdo'a pada boneka khusus yang dikenal dengan nama Ichijama Butokii. Ichijama Butokii direbus dalam pot sambil menyebut bagian tubuh mana yang akan dikutuk. Setelah ritual dilakukan, sesosok arwah yang tampak sangat mirip dengan orang yang merapalkan mantra akan mengunjungi rumah korban. Ia mengirimkan sebuah hadiah bagi korbannya, biasanya sayuran atau buah-buahan seperti pisang, bawah putih, atau bawang bombay. Setelah menerima hadiah tersebut, korban akan mengalami penyakit aneh tepat dimana bagian tubuhnya telah dimantrai. Jika tidak segera diobati, korban akan mati.

Omyodo tidak ada di Okinawa, jadi kutukan hanya bisa disembuhkan oleh sihir Okinawan oleh shaman yang dikenal sebagai Yuta. Kutukan itu akan hilang dengan mengirimkan kutukan lain. Yuta akan menjepit ibu jari si korban dan memakunya dengan paku sambil merapalkan hal-hal buruk tentang kutukan si korban. Melakukan kutukan ini akan menyeret keluar Ichijama dari tubuh korbannya.

Kemampuan memanggil Ichijama secara rahasia berasal turun temurun dari ibu ke anak perempuannya. Para keluarga yang memiliki kekuatan sihir ini konon katanya memiliki penampilan yang sangat cantik dengan tatapan mata yang tajam. Kemampuan untuk menggunakan sihir hitam membawa stigma kuat dalam masyarakat di Okinawa. Menikah dengan salah satu keluarga ini harus dihindari. Tapi sulit untuk mengetahui apakah sebuah keluarga memiliki kemampuan sihir hitam karena klan Ichijama seringkali menyembunyikan rahasia mereka dengan hati-hati.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang