#179 Hihi

2.4K 136 5
                                    

Hihi merupakan monyet besar seperti binatang buas yang hidup di dalam pegunungan. Ia memiliki rambut hitam yang panjang dan mulut lebar dengan bibir yang panjang. Legenda kuno mengatakan bahwa seekor monyet yang mencapai umur sangat tua akan berubah wujud menjadi Hihi.

Hihi dapat berlari sangat cepat. Ia biasanya memakan binatang liar seperti babi hutan, memukulnya sampai jatuh dan menangkapnya seperti burung pemangsa menangkap binatang yang lebih kecil. Hihi mendapatkan namanya dari suara tawa yang ia buat. Saat ia melihat manusia, ia tidak bisa berhenti menyemburkan tawa.

"Hihihihi!" akan keluar dengan keras dari mulutnya.

Saat ia tertawa, bibirnya yang panjang akan terbuka lebar ke atas hingga menutupi matanya.

Selain memakan binatang liar, mereka juga memangsa manusia jika memiliki kesempatan. Mereka tahu bagaimana menangkap dan kehilangan manusia dalam satu waktu sekaligus. Jika Hihi menangkap seorang manusia, maka hanya ada satu cara untuk melarikan diri, yaitu dengan membuatnya tertawa. Sementara ia tertawa dan membutakan matanya dengan bibirnya sendiri, ia bisa dikalahkan dengan menyerang bagian tengah keningnya dengan paku besar yang tajam. Hihi kadangkala tidak bisa dibedakan dengan yokai monyet lainnya yang tinggal di pegunungan seperti Yamawaro dan Satori. Hihi lebih besar, lebih bengis, dan lebih berbahaya. Beberapa cerita mengatakan bahwa, seperti Satori, Hihi memiliki kemampuan untuk berbicara dengan bahasa manusia. Mereka juga bisa membaca hati dan pikiran manusia. Mereka berharga karena darah mereka yang merah menyala dan melambangkan kehidupan. Jika digunakan sebagai celupan, warna merah menyalanya tidak akan pernah pudar atau rusak. Jika diminum, konon katanya peminumnya bisa memiliki kemampuan untuk melihat roh dan iblis.

Hihi awalnya berasal dari mitologi kuno China. Ia dipercaya sebagai monyet supernatural yang hidup di pegunungan. Ia dibawa ke Jepang oleh pencerita rakyat Jepang pada pertengahan abad. Dalam Jepang modern, Hihi merupakan bahasa untuk baboon yang mirip dengan yokai ini.

Urban Legend Jepang [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang