22 : Ragunan

318 63 12
                                    

Ichbal itu orang Jakarta, tapi ke Ragunan cuma satu kali sampe sekarang. Itu juga pas dia study tour waktu SD, waktu dia masih dalam mode imut-imut yang sekarang berubah menjadi amit-amit. Jadi, jangan heran ketika Indra nelepon dan ngajak buat jalan-jalan, cowok itu dengan polosnya ngejawab kalau dia mau ke Ragunan. Indra juga langsung ngeiyain soalnya, emang dia kangen sama sodaranya di Ragunan. Bukan, bukan monyet, kera ataupun simpanse. Tapi Indra emang punya sodara yang bekerja di Ragunan sebagai penjual tiket.

"Mamaaaa!!!"

Ichbal memutar bola matanya kesal mendengar suara tangis yang sedari tadi benar-benar mengganggu dia. Tania yang diri di samping Ichbal juga keganggu, tapi dia gak tau harus berbuat apa buat nenangin anak kecil yang dengan pintar-nya diajak oleh Dito. Di grup chat geng mereka, Ichbal memang bilang biar temen-temennya itu bawa temen lagi atau pacar biar tambah rame. Tapi gak disangka-sangka Dito malah bawa keponakannya yang emang sejak sampe udah nangis dan bikin rame.

"To, lo ngapain bawa anak kecil, ya Allah."

Ichbal pusing sendiri karena keponakan Dito yang namanya Mira itu gak bisa berhenti nangis. Bahkan Tania yang sebenarnya cukup bersahabat dengan anak kecil gak bisa berbuat banyak buat nenangin Mira. Dito malah tambah stress sendiri karena itu anak nangis sambil terus meluk kakinya Dito.

"Ya, lo yang nangisin, Item!" Dito yang biasanya jarang marah-marah ngebentak Ichbal karena dia juga kesel.

Ichbal mengerucutkan bibir. Waktu sampe, itu keponakannya Dito gak nangis. Tenang, kalem. Tapi pas Ichbal ngedeketin dia sambil senyum lebar pengen ngajak kenalan, tiba-tiba dia nangis kejer. Kayaknya sawan ngeliat Ichbal.

"Si Caplang sama Albino ikut kagak, sih? Ya, Allah. Ini matahari udah makin panas ditambah anak ini gak berhenti nangis. Hati gue lama-lama panas, njir!"

Tania melayangkan tatapan sinis ke Ichbal yang sedari tadi ngomel gak jelas. "Lo juga diem, deh, Bal. Bikin gue naik darah denger celotehan lo!" Ichbal ciut dan nyengir lebar ke Tania.

Tania, Ichbal, Dito dan keponakannya yang berusia 3 tahun itu sudah tiba di Ragunan sejak tiga puluh menit lalu. Padahal janjian di depan loket jam 8 pagi. Tania sama Ichbal dateng jam setengah 9 pagi dan itu yang paling awal. Maklum orang Indonesia.

Akhirnya, yang ditunggu datang. Mobil yang Ichbal kenali sebagai mobilnya Indra memasuki pintu gerbang dan Ichbal segera narik tangan Tania buat ngedekat. Dito milih diem di tempat karena kakinya gak bisa digerakin gara-gara Mira yang masih melukin kakinya. Tangisnya udah sedikit mereda. Tinggal sesenggukkan doang.

"Anjir, lo lama banget sih, Plang!"

Ichbal ngomel ketika Indra ke luar dari mobilnya dan bersamaan dengan itu, pintu mobil bagian lain juga terbuka. Dika sama Helena ke luar dari bangku penumpang.

Indra mengerucutkan bibir sambil menatap adik dan juga temannya dengan kesal. "Enak, ya, lo berdua. Udah numpang di bangku belakang, tidur lagi!"

Dika nyengir sambil ngambil tas ranselnya dari dalam mobil Indra. "Tadi gue tawarin mau gantian atau enggak, kata lo gak usah."

"Gue pikir lo gak ikut, Dik."

Ichbal nyeletuk gak sadar dan buat tatapan Dika yang ngehindarin dia tadi, beralih menatapnya. Senyuman tipis muncul sambil Dika menunjuk satu arah dengan dagunya. Helena.

"Gue mau nemenin Helena. Kasian kalo dia dipaksa ikut sama Indra biar Indra dapet tambahan duit jajan, tapi Helena dikacangin. Jadi, mending gue temenin." Dika berjalan menghampiri Helena yang mengeluarkan tasnya sambil berkata, "Aku bawa tas kamu. Kamu bawa tas aku, ya? Isi tas aku gak sebanyak isi tas kamu."

RebutTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang