Pak Tua

763 22 8
                                    

Ada seorang bapak-bapak mungkin berusia 60 tahunan. Kalau dari penampilannya dia tampak sangat sederhana. Kemeja lusuh dan celana panjang yang dekil. Dia juga cuma beralas kaki sepasang sandal jepit yang berbeda warna. Dari tadi aku memperhatikan dia mondar-mandir dan berkelililng dari satu toko ke toko yang lain. Hingga akhirnya dia melintas di depan tokoku.

Tanpa segan aku menyapa bapak itu dan menariknya untuk mendekati aku. Tanpa ekspresi bapak itu menatapku dengan sangat dalam. Aku tersenyum kepadanya dan bapak itu tetap dengan ekspresi yang aneh dan terlalu sulit untuk kuterjemahkan.

"Maaf, cari handphone apa, Pak? ada yang bisa saya bantu?" ucapku seperti biasa, dan bapak itu menghela napas dalam. Dia duduk di bangku yang berjajar di depan toko. Matanya tampak berbinar memandangku.

"Bapak mau cari sebuah tablet yang murah, Nak...'' ujar bapak itu pelan.

"Ada, Pak!" timpalku dengan semangat.

Aku pun langsung menjelaskan dan menawarkan produk yang sesuai dan pas dengan apa yang bapak itu butuhkan.

"Bapak senang dengan pelayanan yang kamu berikan, Nak, karena dari sekian banyak toko yang bapak singgahi tidak ada satu pun yang mau mempedulikan Bapak, mereka semua bersikap acuh tak acuh, cuek dan memandang sebelah mata. Baru kamu yang Bapak temui orang yang mau menyapa dan menghargai Bapak dengan senyum dan keramahan yang kamu perlihatkan. Ketahuilah berapa pun harga tablet yang kamu tawarkan, Bapak akan membelinya sebanyak 5 unit.''

Tentu saja mendengar ucapannya itu aku jadi sangat terkejut dan hampir tidak mempercayainya. Namun aku benar-benar senang sekali. Dengan sepenuh hati aku pun melayani Bapak ini hingga selesai.

Dari kejadian ini, khususnya untuk aku pribadi itu sebuah pelajaran yang sangat berharga.

Pertama; kita tak boleh melihat orang dari penampilan luarnya saja.

Kedua ; apa pun yang dilakukan dengan ikhlas maka akan menghasilkan hal yang sangat puas.

Ketiga ; berbuat baiklah maka kamu akan mendapatkan yang baik pula.

Semoga apa yang aku alami hari ini bisa bermanfaat bagi teman-temanku semua.

Catatan Sang PerantauTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang