14. Mary Sue dan Gary Stu

1.6K 28 3
                                    

oleh: valloria

Apa itu Mary Sue?

Mary Sue (atau Marty Stu/Gary Stu untuk versi lelaki) adalah istilah dalam dunia kepenulisan yang merujuk kepada karakter yang terlalu sempurna sampai mengesalkan para pembaca. Walaupun istilah Mary Sue berasal dari ranah fanfiksi, istilah ini juga dapat diterapkan dalam ranah karya orisinal (canon/original work). Biasanya karakter "Mary Sue" dibuat berdasarkan kepribadian asli sang penulis (self-insert) yang di-ideal-kan, semacam keinginan terpendam yang tidak tercapai di dunia nyata (wish fulfillment).

Menilai suatu karakter adalah Mary Sue atau bukan sangatlah sulit dan subjektif. Terkadang, suatu karakter yang terlalu hebat atau terlalu rupawan langsung dicap Mary Sue/Gary Stu, padahal belum tentu. Terkadang, karena pembaca benci sebuah karakter, karakter tersebut juga dijuluki Mary Sue/Gary Stu.

Sejarah Mary Sue

Nama Mary Sue sendiri berasal dari "A Trekkie's Tale", parodi fanfiksi Star Trek pada tahun 1973. Di sana, dikisahkan bahwa Mary Sue adalah karakter asli (original character/OC) dalam fandom Star Trek dan berhasil membuat Spock dan James Kirk, dua tokoh utama Star Trek, jatuh cinta padanya. Pengarang fanfiksi ini, Paula Smith, menulis cerita tersebut untuk meledek karya fanfiksi yang kebanyakan memuat karakter gadis remaja cantik (OC) yang disukai oleh kru Enterprise (pesawat Star Trek). Biasanya karakter ini memiliki ciri khas penampilan yang unik, misalnya rasnya setengah Vulcan atau kedua matanya berbeda warna.

Ciri khas Mary Sue

Tokoh "Mary Sue" biasanya memiliki semua ciri khas berikut:

Tokoh ini dibuat berdasarkan sifat pengarangnya.

Tokoh ini tidak memiliki kekurangan. Kalau punya, kekurangannya tidak terlalu parah, misalnya ceroboh atau terlalu baik/rela berkorban.

Semua orang dalam cerita menyukai tokoh ini. Jika ada yang membencinya, biasanya dijadikan antagonis.

Banyak tokoh lawan jenis (dan kadang sesama jenis) yang jatuh cinta pada tokoh ini.

Tokoh ini tidak mengalami perubahan sifat (character development) sepanjang cerita.

Beberapa ciri-ciri tambahan tokoh Mary Sue:

Rupawan, punya warna rambut atau warna mata unik (rambut merah, mata ungu)

Dalam fanfiksi, tokoh ini menjadi sahabat dekat tokoh utama asli ceritanya.

Punya hewan peliharaan unik

Penampilannya dideskripsikan sangat mendetil

Punya masa lalu yang sedih (angsty past)

Ada beberapa situs yang membuat tes untuk menentukan apakah suatu tokoh termasuk Mary Sue atau tidak. Contohnya adalah Universal Litmus Test:

Contoh-contoh Mary Sue dan Gary Stu

Maaf penggemar Twilight, namun Bella Swan dianggap oleh sebagian besar masyarakat sebagai tokoh yang memiliki ciri-ciri Mary Sue. Namanya indah, wajahnya cantik (tapi tidak mau mengakuinya), banyak siswa lelaki di sekolahnya yang ingin mengajaknya ke prom, menikah dengan Edward yang sangat tampan, memiliki anak yang cantik luar biasa, berubah menjadi vampir, mendapat kekuatan yang sangat hebat, dan hidup abadi. Banyak pengamat menyebutkan bahwa Bella adalah versi ideal dari sang pengarang, Stephenie Meyer. Bahkan "wajah berbentuk hati" milik Bella juga dimiliki oleh Meyer.

Rey dari sekuel trilogi Star Wars (The Force Awakens, The Last Jedi) juga dianggap sebagai Mary Sue, walaupun banyak perdebatan mengenai pendapat ini. Dalam film The Force Awakens, Rey yang tidak terlatih sangat piawai menerbangkan Millenium Falcon, kapal legendaris Han Solo, serta mampu melawan kekuatan the force Kylo Ren. Ia juga bertarung dengan lightsaber melawan Kylo Ren, bahkan menang. Seandainya Rey memiliki kisah latar belakang yang menjelaskan bagaimana ia menguasai semua ilmu tersebut, mungkin cap Mary Sue-nya akan hilang.

Untuk versi pria, James Bond juga sering mendapatkan gelar Gary Stu. Bagaimana tidak, agen rahasia Inggris ini sangat tampan, jago berkelahi, namun juga jago di ranjang. Dalam setiap film, ia selalu berhasil merayu perempuan cantik (bahkan meniduri mereka). Ada sedikit perkecualian dari versi Daniel Craig, yang disebut lebih manusiawi.

Tokoh-tokoh heroik kebanggaan pria, seperti Luke Skywalker (Star Wars) atau bahkan Harry Potter juga beberapa kali dicap sebagai Gary Stu. Mereka adalah sang terpilih (the chosen one), semua orang rela berkorban demi mereka, dan memiliki kemampuan the force atau ilmu sihir yang sangat hebat. Namun banyak juga yang menyebutkan bahwa Luke dan Harry bukan Gary Stu. Luke perlu dilatih sebelum mampu melawan Darth Vader, sedangkan Harry versi buku memiliki sifat pemarah.

Cara menghindari menulis karakter Mary Sue/Gary Stu

Sebagai penulis, kita tentu tidak ingin karakter kita mendapat gelar Mary Sue atau Gary Stu. Sebenarnya, tips terbaik untuk menghindari karakter semacam ini hanya satu: buat tokoh yang ditulis dengan realistis. Tunjukkan perjuangan dan konflik batin dari tokoh tersebut. Tunjukkan sang tokoh membuat kesalahan lalu bangkit dari keterpurukannya. Selain itu, sang tokoh harus mengalami perkembangan karakter (character development).

Jangan takut membuat karakter yang "terlalu sempurna"

Akhir kata, tidak usah gentar dengan label Mary Sue/Gary Stu. Istilah ini sebenarnya sangat subjektif dan sedikit kontroversial, sehingga kita tidak perlu takut membuat karakter yang baik, rupawan, dan berbakat. Buktinya, di dunia nyata saja ada orang-orang semacam itu.

Ada yang menyebutkan bahwa mantan presiden AS Barack Obama adalah Gary Stu di dunia nyata. Lulusan Harvard, kehidupan cinta dan pernikahannya bahagia, keluarganya bahagia, sifatnya baik dan disukai semua orang.

Namun, dalam menciptakan tokoh, tentu kaedah-kaedah pembuatan tokoh yang baik tetap harus diikuti. (Sudah pernah dibahas di materi sebelumnya, silakan cek di folder Google Drive atau akun Wattpad AGCW.)

Referensi:

[1] https://fanlore.org/wiki/Mary_Sue

[2] http://springhole.net/writing/marysue.htm

[3] https://gosparkpress.com/what-is-a-mary-sue/

[4] https://www.vox.com/2015/12/28/10672628/star-wars-force-awakens-rey-mary-sue

[5] https://knowyourmeme.com/memes/mary-sue

[6] http://booksandchardonnay.com/notable-mary-sues-literature/

[7] http://flavorwire.com/552830/great-male-mary-sues-in-film-history

[8] https://www.barnesandnoble.com/blog/the-most-infamous-mary-sues-in-fiction/

[9] https://dazzlemethis.wordpress.com/2011/12/09/so-i-took-a-mary-sue-test-regarding-bella/ 

Serba-serbi KepenulisanDonde viven las historias. Descúbrelo ahora