5. Genre Talk: Mystery/Thriller

512 45 1
                                    

Oleh: TheEod

Hai semua!

Kembali lagi sama aku di materi hari Senin. Sebenarnya aku gatel banget pengen membahas genre ini dari minggu kemarin. Tapi karena permintaan geng arisan genre cadas dunia oren mintanya genre sebelah, ya sudah aku bahas itu aja.

Oke langsung saja ke intinya ya.

Apa yang kalian ketahui tentang genre ini?

Tegang kah, nakutin kah, atau ngeselin?

Genre Mystery/Thriller, menurut pemateri adalah sebuah genre dimana kita dituntut untuk memecahkan suatu masalah yang mengundang bahaya dan menggunakan logika dari si karakter utama.

Seringkali, orang - orang suka salah paham antara genre ini dan horor. Padahal tolong deh ya mereka ini beda banget. Genre Horor bertujuan untuk membangkitkan ketakutan pembaca serta ada mitologi - mitologi hantu, sedangkan mystery/thriller membangkitkan terkejut dan daya pikir.

Nih kalau nggak percaya, aku beberin ya dari salah satu website penerbit:

Mystery

Karakter utama dalam cerita memiliki peran untuk melacak sebuah kebenaran dari suatu hal atau peristiwa, biasanya peristiwa tersebut berupa pembunuhan. Jika tokoh protagonis dalam bahaya, pada umumnya masih berada pada level medium (moderate), dan masalah akan mengalami peningkatan ketika detektif (protagonis) sudah mendekati sebuah kebenaran.

Thriller

Karakter utama sudah berada dalam bahaya sejak awal.

Suspense

Karakter utama akan menyadari bahaya secara bertahap. Di dalam mystery, pembaca akan ditampakkan sebuah informasi yang sama dengan detektif (protagonis), namun dalam suspense, hanya pembaca yang akan ditampakkan bahaya melainkan tokoh protagonisnya. Pembaca akan ditunjukkan tokoh antagonis memasang jebakan, bom, dan sebagainya. [MENURUTKU BAGIAN INI ADALAH ELEMEN DARI MYSTERY/THRILLER SENDIRI]

Intinya sih genre ini membahas suatu kejadian dimana tokoh utama mencari apa yang terjadi dalam kejadian tersebut hehe. Selanjutnya aku kasih contoh novel genre ini ya:

Internasional:

Serial Sherlock Holmes

Gone Girl by Gillian Flynn

Pretty Little Liars Series by Sara Shepard

Rogue Lawyer by John Grisham

The Girl on the Train by Paula Hawkins

Camino Islands by John Grisham

Inferno by Dan Brown

The Cuckoo's Calling by Roberth Galbraith

Before I go to Sleep by S.J Watson

Here and Gone by Haylen Beck

Indonesia:

Spammer by Ronny Mailindra

Katarsis by Anastasia Aemillia

Rencana Besar by Tsugaeda

Metropolis by Windry Ramadhina

Koin Terakhir by Yogie Nugraha

Negara Kelima by ES Ito

Rahasia Sunyi by Brahmanto Anindito

Tewasnya Gagak Hitam by Sidik Nugroho

Bisa dilihat betapa pangsa novel Mystery/Thriller lokal masih belum dapat banyak perhatian. Ayo geng GenreCadas Arisan Wattpad, kita bangkitkan genre ini dengan citarasa tulisan kita uhuyy.

Bila ada yang mau di tanyakan silahkan di diskusikan di grup atau di sini okeh?

Serba-serbi KepenulisanWhere stories live. Discover now