SANDI PERAMPOK

980 77 7
                                    

Terinspirasi dari kisah nyata "The Baker Street Bank Robbery"

Terinspirasi dari kisah nyata "The Baker Street Bank Robbery"

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Brooklyn,US 22.30PM
Pada suatu malam yang tenang , Mr.Albert yang sedang santai di rumahnya , iseng bermain sebuah transmisi walkie talkie.Saat menyetel transmisi untuk menghubungi temanya ia secara tidak sengaja mencuri dengar percakapan antara komplotan perampok.
Ia pun segera melaporkan hal itu kepada polisi setempat namun ia tidak tahu apa yang menjadi target dan kapan waktu perampok itu beraksi,di karenakan mereka menggunakan kata sandi untuk menyamarkanya.Polisi juga tidak dapat berbuat banyak karena minimnya informasi.
"Tn.Albert ,ini akan cukup menyulitkan jika kita tidak tahu tempat lokasi perampokan dan juga belum tentu informasi yang anda dapatkan dari walkie talkie itu benar ,bisa saja itu hanya ulah orang iseng."kata seorang petugas polisi yang menerima laporannya.
"Karena dalam radius seluas itu berarti ada ratusan Bank yang harus kita jaga"jelasnya lagi
"Aku rasa jika kita bisa memecahkan kata sandi mereka itu, pasti kita dapat mengetahui apa rencana mereka."pinta Mr.Albert memotivasinya.

Sambil melihat isi kode perampok di laporan yang dibuat Mr

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

Sambil melihat isi kode perampok di laporan yang dibuat Mr.Albert ,petugas polisi hanya menggelengkan kepala tanda pesimis dengan kebenaran kasus itu.
"Aku tidak pernah mendengar ataupun melihat sebelumnya ada kode semacam ini"kata petugas itu.
"Jadi maafkan kami Mr.Albert kami tidak bisa menindaklanjuti laporan anda ,kecuali anda dapat memberi tahu kami lokasi tempat perampokan atau anda dapat mengartikan kode ini."ujar petugas polisi dengan teguh.
"Baiklah,kalau begitu bisa anda beri waktu aku sebentar , aku akan menghubungi seseorang yang dapat membantu kita."pinta Mr.Albert
"Ya,baiklah silahkan ..."kata petugas itu coba memberi kesempatan padanya.
Tidak mau menyerah begitu saja Mr.Albert menghubungi Detektif.D(Dragon) , seorang Detektif terkenal di kotanya. Detektif.D yang menerima panggilannya segera menuju kantor Polisi.
"Jadi ceritakanlah padaku kronologisnya"seru Dettektif.D pada Mr.Albert

Mr.Albert pun menceritakan bagaimana awal mula informasi yang dia dapat.
"Di lihat dari sinyal radio,berarti perampok itu ada dalam jarak radius 5 mil dari radio.Tapi yang paling penting adalah kode dalam percakapan mereka"jelas Mr.Albert

BAOAAPR
NNAKEKG
DWBIUYC
Kunci nya adalah FA

"Begitulah yang dikatakan perampok"ujarnya lagi

Detektif.D mengerenyitkan dahi dan menopang dagu, menyelidiki dengan seksama,mukanya kembali datar seperti telah mengerti arti kode itu.Tidak lama kemudian dia memberitahu petugas kepolisian agar segera berangkat ke TKP untuk bersiap menciduk komplotan perampok.

Tidak lama kemudian dia memberitahu petugas kepolisian agar segera berangkat ke TKP untuk bersiap menciduk komplotan perampok

Oops! This image does not follow our content guidelines. To continue publishing, please remove it or upload a different image.

"Pak polisi,sebaiknya anda menyiapkan tim untuk menggagalkan dan menciduk komplotan perampok ini!!seru Detektif.D
"Apa kau sudah tahu arti kode itu dan di mana tempat lokasi perampokan nya?"tanya petugas polisi itu bingung
"Ya.Karena kode itu berisi informasi Bank ,tempat dan waktu yang menjadi target komplotan perampoknya"ujar Detektif.D
"Akan ku jelaskan cara membaca kodenya,pertama kita susun jadi sejajar ketiga baris kode itu menjadi,
"BAOAAPRNNAKEKGDWBIUYC"
Lalu kita gunakan kunci "FA" , yang dimaksud adalah nada keempat pada tangga nada,itu berarti kita harus menyusun setiap 4 huruf sekali pada tulisan kode itu"jelas Detektif.D
" Setelah kita menyusunya maka akan membuat suatu kata menjadi , "BANKBCANEWYORKDUAPAGI",dan jika kita susun katanya akan menjadi,
"BANK BCA ,NEW YORK ,DUA PAGI",
ini disebut dengan sandi anagram."jelasnya kembali.
"Ha...,ternyata memang benar rencana perampokan rupanya"katanya tidak menyangka.
Polisi pun akhirnya bergerak cepat menyusun rencana penangkapan dengan menyiapkan blokade di setiap jalan keluar dari TKP.Dan karena rencana mereka yang sudah tertebak, menangkap komplotan perampok itu hanya seperti memasang umpan perangkap untuk tikus & tikus- tikus itupun tidak berkutik terjebak didalamnya.
Mr.Albert tidak hanya menerima permintaan maaf dari kepolisian, karena tidak menindaklanjuti laporanya tapi juga memperoleh penghargaan sebagai warga kehormatan atas jasanya.

~CASE CLOSED~

ALIBI & DEDUKSIWhere stories live. Discover now