counterpart's QnA

3.7K 207 139
                                    

           Jadi, gue inget banget beberapa dari kalian banyak yang nanya beberapa hal tentang cerita ini mulai dari awal Counterpart terbit (pas masih < 4 chapter) sampe sekarang. Tapi, baru bisa sekarang gue post QnA-nya.

          Nah, sebelumnya, di antaranya ada yang nanya lewat inbox, komen, ask.fm bahkan line. Terus gue baca satu-satu and then gue tampung dan gue rangkum semuanya. Rata-rata banyak nanyain soal tokoh atau kejadian di balik cerita ini. Dan karena kebanyakan pertanyaannya se-tipe, jadi ya, gue rangkum aja. Toh, jawabannya juga sama.

          Dan ini dia pertanyaan yang gue dapet dari kalian. Silakan dibaca satu-persatu. Padahal udah gue rangkum tapi part ini emang lebih panjang daripada part funfacts. Gue juga nggak nyangka kalian ternyata banyak yang nanya dan ngasih respon positif juga. Ku jadi terharu....

○●○

Q: Dapet inspirasi nulis Counterpart darimana?
A:  Gue terinspirasi nulis ini waktu masuk kelas 12. Gue sama beberapa temen akrab itu lagi iseng bikin video pendapat anak-anak di kelas tentang masa SMA kita, buat kenang-kenangan. Waktu itu gue ditanya pengalaman apa yang bakal diinget banget selama di SMA. Dan gue jawab tentang masa MOS yang dulu pernah ngelawan senior karena gak terima roknya dicorat-coret dan dipermalukan di antara kerumunan. Nah, semua anak di kelas waktu itu pada antusias pas ngedengerinnya. Karena keantusiasan mereka, alhasil gue terbesit buat bikin cerita ini.

Q: Apa yang terlintas dalam pikiran lo saat nulis Counterpart?
A: Jujur, gue pertama kali nulis ini cuma iseng buat nostalgia karena bentar lagi mau lulus. Terus, gue ngerasa kalau jaman sekarang itu ternyata masih ada beberapa senior yang ngelakuin kekerasan di beberapa sekolah, termasuk sekolah gue. Mending ada adik kelas yang berani ngelawan buat ngebela haknya sendiri kayak Adiska. Tapi kalau pada takut? Nah, itu dia, sayangnya masih banyak beberapa siswa yang masih takut tiap haknya ditindas. Bahkan beberapa guru di sekolah masih banyak yang tidak turun tangan. Mereka akan bertindak kalo ada laporan dari ortu siswanya aja. Makanya, itu dia gue pengen ngambil tema ini dengan nonjolin karakter Adiska juga, meskipun cewek, ya dia gak takut buat ngelawan dan ngebela apa yang menurut dia bener.

Q: Apa pendapat kamu tentang Adiska?
A: Selama ini gue baca cerita yang tokoh ceweknya polos, cantik, perfect, manja, childish, atau mungkin sebaliknya kayak bad girl yang kelewat agresif. Bisa dibilang, tokoh Adiska ini curhatan gue yang gak suka ngelihat beberapa cewek yang gue kenal tapi pikirannya kolot. Kalau cewek tuh cuma bisa nunggu, harus diperhatiin, dimengerti, sifatnya pasif dan nggak mau inisiatif, atau dikit-dikit cuma sabar dan mendem unek-unek sendiri padahal keinginannya jelas berbeda alias munafik. Di sini, gue pengen buktiin kalo cewek tuh lebih dari itu tapi bukan berarti ngelewatin kodrat para cowok. Enggak.  That's why gue bikin karakter Adiska. Yang ada kalanya dia kuat sendiri, tapi kadang dia juga butuh bantuan Recza ataupun Arai.

Q: Ada kendala nggak selama nulis Counterpart?
A: Jelaslah. Kendala gue saat nulis cerita ini tuh karena masalah waktu. Kegiatan di dunia nyata samasekali bikin gue bener-bener asik ngejalanin kegiatan dan jarang buka notif hape. Serius, Line aja jarang gue buka. Bagi gue, nge-manage waktu itu susah banget. Jadi, itu sebabnya Counterpart lama update.

Q: Counterpart bener dibikin dari kisah nyata lo?
A:  Nggak semuanya. Kayak adegan pas MOS, senioritas di sekolah, adegan pas makan sate Padang, adegan minum-minum di bar, dsb. itu emang nyata. Kalau untuk konflik antara keluarga Recza sama Arai itu murni fiksi kok. Cuma buat bumbu cerita aja.

Q: Kenapa kepikiran bikin tokoh kayak Arai? Berandal gitu tapi ternyata ada sisi gentle-nya juga.
A: Karena gue pengen ngasih tau kalo gak semua anak berandal itu kelakuannya jelek. Pasti ada sisi baiknya juga. Mereka nakal karena mereka pengen tau & pengen ngebuktiin sendiri. Apa yang dilarang sama orang lain itu dampaknya beneran sesuai sama omongan orang atau justru malah enggak? In fact, banyak hal yang gue pelajarin dari beberapa teman yang kayak gini, salah satunya mereka itu lebih open minded soal kehidupan sosial dan punya pengalaman yang lebih banyak daripada anak yang taat atau rajin. Gue cuma mau ngasih tau aja kalau temenan sama anak sangar kayak gitu bukan berarti kita juga harus jadi berandalan. Tergantung sama sikap dan prinsip diri sendiri aja. Intinya, temenan itu sama siapa aja selama kita ngerasa cocok satu sama lain. Dan yang paling penting, tetep pede dan jadi diri sendiri guys!

CounterpartWhere stories live. Discover now