Cara mencari ilmu

53 1 0
                                    

Cara yang ku lakukan dalam mencari ilmu tidak sama dengan cara orang lain mencari ilmu, dan cara yang ku lakukan itu secara lahirnya tidak seperti orang yang mencari ilmu, tapi hasil yang dicapai, mencari ilmu sebulan maka akan sama saja dengan mencari ilmunya orang umum dalam masa sepuluh tahun. Makanya aku selalu di manapun tak pernah mencari ilmu atau mondok dalam jangka waktu lama, hanya butuh masa beberapa bulan, dan ilmu kyainya sudah ku serap semua.

Cara yang ku lakukan *pertama* adalah, aku berusaha memberi makan pada semua santri, dengan uangku, dan tenagaku sendiri, disamping aku ikut menyerap ilmu, maka tanpa disadari santri yang lain, aku meminjam tenaga mereka untuk diriku mendapat pahala.

Semua santri yang puasa, aku beri makan, maka disamping puasaku sendiri, maka aku akan mendapat pahala semua santri, bahkan aku memasaknya dengan tanganku sendiri, dengan penuh kerelaan, sebab aku mau mengambil pahala mereka kenapa harus malu dan risih, aku sama sekali tak malu, bahkan jika masakanku matang aku bangunkan satu persatu, untuk makan sahur, dan di saat aku buka, ku tatakan dengan rapi makanan, tempat cuci tangan dan minumnya, kan mereka tak tau kalau sebenarnya aku mengambil bagian pahala mereka, siapa yang memberi makan orang puasa, dzikir, beribadah, maka akan mendapatkan pahala sama seperti pahala yang didapat yang puasa, tanpa mengurangi pahala yang diberi makan.

Bahkan aku rela mencari pekerjaan di luar, kalau nanti mendapatkan uang maka santri lain ku masakkan lagi, begitu berulang-ulang. Sehingga aku seperti orang satu tapi memakai akal orang banyak dalam menyerap ilmu.

Yang ku lakukan *kedua*, aku selalu berusaha mempunyai apapun peninggalan di majlis dzikir, atau apapun yang dapat dipakai orang banyak, sehingga jika aku pergi sekalipun, maka aku tetap mendapat bagian jika apa yang ku tinggalkan di pakai dzikir. Sehingga sekalipun aku sudah tak di pesantren itu, maka aku tetap seperti orang yang selalu hadir.

Jadi waktuku tak aku sibukkan hanya melakukan dzikir, atau menjalankan amaliyah, tapi lebih banyak berusaha melakukan sesuatu yang mempunyai nilai ganda.

Yang *ketiga* aku akan berusaha menyenangkan Kyaiku, apapun yang membuat kyaiku senang dan ridho maka akan ku lakukan, karena ilmu itu dari guruku, jika guruku senang, dan ridho, maka berbagai macam ilmu akan dengan senang hati diturunkan guruku kepadaku, dan guruku tak merasa rugi atau enggan menurunkan ilmu itu, sekaligus jika ilmu itu diturunkan maka aku dengan semangat menjalankannya, agar guruku melihat aku ini orang yang seperti orang yang diberi pakaian lalu hanya dibuang sebagai kain usang. Tapi aku akan menunjukkan penghargaanku pada ilmu itu, agar guruku merasa ridho pada ilmu yang diberikan.

Tak masalah bagiku waktuku habis ku pakai menyenangkan guru, sebab di pesantren itu waktunya menimba, bukan waktunya mandi, waktunya menimba ilmu bukan waktunya memakai ilmu. Di situlah penyerapan-penyerapan lebih yang ku peroleh. Karena cara aku mencari ilmu itu beda dengan orang lain.

Memang kadang diriku akan direndahkan dan diremehkan oleh santri lain, santri lain merasa diriku ini pelayannya, melayani mereka, dan dipandang sekilas seperti orang yang tak punya derajad, jika seandainya semua tau apa yang ku peroleh, pasti berebutan ingin menempati posisiku, tapi kebanyakan orang kan tidak berpikiran sejauh itu, yah tak apa-apalah direndahkan, bagiku yang penting nantinya, aku memetik ilmu paling banyak lebih banyak seratus kali lipat dari santri lain.

Apalagi tawadhu’ dan keta’atan pada guru, aku sangat mengutamakan itu, bahkan lebih utama dari santri manapun, sampai aku sendiri karena tawadhu’nya pada guru, maka tak pernah meminta apapun dari guru, dan bahkan tak pernah sms atau telpon, takut guruku pas lagi tak mau diganggu maka aku malah mengganggu, jadi selamanya tak pernah menghubungi guruku, sampai tak pernah menyampaikan maksud hatiku pada guru, kecuali yang berhubungan dengan kepentingan guruku atau jama’ah, tak pernah sekalipun berhubungan dengan keperluanku, yang ada di kamusku adalah sami’na wa ato’na, mendengar dan menta’ati.

Sedang santri lain minta ini minta itu, maka aku malah tak pernah sekalipun minta apa-apa, aku tak mau membebani guru, bagiku guru telah memberikan ilmu, maka aku tak pantas meminta yang lain.

Dan tak sekalipun aku mengeluhkan amalan, jika aku di beri amalan 1 maka akan ku amalkan 5 x, sebagai bukti keseriusanku, dan tak sekalipun aku meminta amalan baru, sampai kyaiku memberi amalan padaku.

Maka aku tak pernah butuh waktu lama di manapun aku mesantren, sebab cara mesantren yang aku jalani tidak sama dengan cara yang dipakai orang lain.

Di Banten aku diminta kyai selama 9 bulan, dan selama sembilan bulan itu ku habiskan waktu untuk memperbagus majlis, dan melakukan amaliyah yang telah ku sebutkan, dan selama sembilan bulan berlalu dengan cepat.....

Kyai Nur CahyaningTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang