Membersihkan Hati

242 7 1
                                    

.Cara membersihkan penyakit hati berbeda dg membersihkan rumah atau membersihkan baju atau membersihkan badan. kalau membersihkan badan atau membersihkan apa saja yang kelihatan itu sesuai dg tatacara yang kelihatan, kalau di islam ada rukun iman dan ada rukun islam.

.Rukun iman itu semua hakikat, gak kelihatan (ghaib). dan rukun islam itu semuanya yang kelihatan, misal sholat, jual beli, nikah, haji atau yang lain amalan yang kelihatan itu masuknya syareat.
.Makanya belum sempurna islam seseorang kalau belum menjalankan keduanya, antara syareat dan hakikatnya.

.Misalkan sholat, itukan syareat. Misal kita menjalankan sholat, diperbagus sholatnya nanti akan membentuk pribadi kita, akhlaq kita semakin baik.
.cuma kalau hakikatnya belum diterapkan walaupun akhlaq kita baik, tapi batiniah kita masih suka iri dengki, dan lain sebagainya.

.Namun kalau kita perbaiki dalam sholat itu syareat dan hakikatnya, lahiriyah sama batiniahnya maka akhlaq kita akan terbentuk lahir dan batin, jadinya bagus luar dalam.

.Untuk berbudi pekerti yg mulia itu bukan dg nunduk2 jika lewat di depan orang, tapi dg cara memperbaiki lahir batin sholat kita, sebab dg sholat yg benar lahir batinnya, akan terbentuk pribadi kita yg mulia, sebab sholat itu bisa mencegah seseorang dari perbuatan keji dan mungkar, artinya dg sholat yg benar lahir batinnya itu akan membentuk pribadi kita menjadi orang yg berbudi mulia. Tak akan melakukan ucapan, perbuatan, tindakan yang keji, tdk akan menyumpah serapah, tidak akan menghujad, tidak akan menghina, memfitnah, mengadu domba, dan tidak akan melakukan perbuatan yg mungkar, mengingkari agama, tidak akan syirik, munafik, kufur nikmat, iri, dengki, menghasut.

.Artinya kok seseorang itu masih melakukan perbuatan keji, dan perbuatan mungkar, maka itu tandanya sholat orang itu belum benar.

.Jangan dibaca serius, nanti kalau sudah waktunya paham akan paham.

Kyai Nur CahyaningTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang