12. Dwi Ayu Sekar Wulan - Keselamatanmu

9 0 0
                                    


Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara. Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya serta serta biaya operasionalnya cukup hemat.


Pengguna sepeda motor di Indonesia sangat banyak karena Indonesia merupakan negara dengan populasi penduduk terpadat nomor empat di dunia. Salah satu produk yang paling membanjiri pasar Indonesia adalah produk otomotif dan produk otomotif yang terus bertumbuh pesat di masyarakat Indonesia yaitu konsumsi terhadap kendaraan bermotor. 


Tingginya kebutuhan sepeda motor ini menjadikan Indonesia sebagai negara ketiga terbesar dalam pertumbuhan sepeda motor di Asia setelah China (Tiongkok) dan India. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah sepeda motor pada tahun 2015 sebanyak 98.881.267 unit. Angka yang sangat mencengangkan.

Semakin tingginya tingkat pendapatan masyarakat Indonesia, kebutuhan terhadap moda transportasi yang praktis dan cenderung mudah untuk diperoleh karena banyaknya pilihan pembelian untuk dapat memiliki sepeda motor yang diinginkan sehingga bisa dijangkau oleh berbagai kalangan. Ditambah belum memadainya fasilitas transportasi umum yang ditawarkan pemerintah, menjadikan kebutuhan terhadap sepeda motor semakin meningkat setiap tahun.

Berbicara tentang sepeda motor, saya pernah mengalami hal yang paling memalukan, di mana saya pernah terjatuh dari motor di depan gerbang sekolah. Penyebabnya karena ada pengendara lain yang hampir menabrak motor saya, otomastis secara tidak langsung saya terkejut dan langsung menghindar hingga akhirnya saya dan teman saya tejatuh. Kala itu banyak sekali orang yang melihat saya terjatuh, tetapi sedihnya tidak ada satupun orang yang membantu.

Dan mirisnya pengendara lain yang hampir menabrak itu pun pergi begitu saja seperti orang yang sama sekali tidak memiliki salah. Jangankan untuk membantu, meminta maaf pun tidak.Jadi intinya, berhati-hatilah dalam mengendari kendaraan. Jangan hanya memikirkan bisa tidaknya kalian berkendara, tetapi pikirkan pula keselamatan; baik untuk diri sendiri ataupun untuk orang lain.

Kumpulan Esai AdimusDonde viven las historias. Descúbrelo ahora