2. Adi Rukmana - Tiada Balasan Cinta

19 0 0
                                    


Usia remaja adalah usia yang matang. Masa ketika seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Masa pubertas dalam kehidupan kita biasanya dimulai saat berumur 8 hingga 10 tahun dan berakhir lebih kurang di usia 15 hingga 16 tahun. Pada masa ini memang pertumbuhan dan perkembangan berlangsung dengan cepat. Masa di mana masih bergantung pada orang tua. Bukan lagi usia anak-anak yang masih memiliki waktu untuk bersenda gurau dan bermain-main. Usia yang seharusnya sudah harus menatap masa depan.

Pada dasarnya setiap manusia adalah makhluk sosial yang hidup membutuhkan manusia lain, namun bukankah manusia juga makhluk individu yang berproses membangun dirinya sendiri? 

Biasanya masa remaja di kalangan sekarang ini sering disempatkan dengan Per-CINTA-an atau sering disebut Cerita Indah Namun Tiada Akhir. Cinta juga bisa diartikan sebagai sebuah emosi dari kasih sayang yang kuat dan ketertarikan pribadi. Dalam konteks filosofi, cinta merupakan sifat baik yang mewarisi semua kebaikan, perasaan belas kasih, dan kasih sayang. Tetapi bagi remaja milenial sekarang, cinta sering kali disalahartikan. Rasa cinta pasti selalu diluapkan dengan namanya perasaan, perasaan tidak selalu tentang dia yaitu wanita/pria, tetapi perasaan juga bisa meliputi perasaan terhadap keluarga, perasaan terhadap negaranya atau patriotisme, dan perasaan terhadap bangsa atau nasionalisme.

Seperti bangsa ini, banyak warganya yang tidak mencitai negaranya. Seperti halnya, kita cinta kepada seseorang tetapi tidak ada balasan; itulah yang dirasakan negara kita. Sebagian banyak orang telah hilang dalam rasa cinta terhadap bangsanya seperti membuang sampah sembarangan dan tidak merawat fasilitas yang ada di negaranya, seperti ada rasa suka terhadap lawan jenis tapi tidak bisa menjaganya.

Ulah tersebut mengakibatkan kerugian besar seperti pada pergantian tahun 2019/2020 yang biasanya semarak, kali ini minim kembang api. Karena hujan memang sempat datang jelang tengah malam. Namun, beberapa menit setelah pergantian tahun, hujan kembali turun dan terus mengguyur wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hingga keesokan hari saya melihat unggahan di media sosial menginformasikan bahwa tempat tinggal di sekitar Jakarta mulai tergenang air. 

Dari data terakhir yang dihimpun BNPB per 4 Januari 2020, banjir kali ini merendam 308 kelurahan dengan ketinggian air maksimum mencapai enam meter. Sementara korban meninggal dunia mencapai 60 orang, dengan jumlah pengungsi sebanyak 92.621 jiwa yang tersebar di 189 titik pengungsian.

Sangat disayangkan, definisi sebuah cinta hanya dibaca sekilas bukan dipahami dengan akal sehat. Jika bangsa ini mengerti tentang sebuah definisi cinta mungkin kejadian yang tidak diinginkan tersebut tidak akan terjadi. Semestinya kita paham tentang masalah sampah yang berada di sekitar kita, seperti kita memiliki perasan lebih terhadap lawan jenis pasti kita akan menjaganya dan menyayanginya bukan merusaknya.

Kumpulan Esai AdimusOnde histórias criam vida. Descubra agora