Uwugami

29.2K 2.4K 744
                                    

Mark dan Ruby, dua nama dengan definisi yang sama; lucu dan menggemaskan. Dan bukan hal aneh lagi jika Mark selalu menganggap Ruby adalah saudara kembarnya. Anak berumur dua tahun itu selalu merasa Ruby adalah bagian dari dirinya, satu dari sekian banyak hal yang disayanginya. Apapun yang ia lakukan maka binatang kecil dari ras Papillon itu juga turut melakukannya, menjadi pengikut setia dan menjadi rekan segala kegemasan yang ditimbulkan si sulung Jung tersebut.

Kadang kala Mark bahkan harus berdebat dengan ayahnya tiap kali bocah itu menanyai siapa yang lahir lebih dulu antara ia dan Ruby. Sebuah pertanyaan polos dan sederhana, namun sampai sekarang Jaehyun tak pernah menemukan jawabannya. Jika ditanya siapa yang lebih dulu lahir apakah Ruby atau Mark maka sama saja Jaehyun ditanyai pertanyaan serupa 'duluan ayam apa telur?'

Tak pernah ada jawaban pasti dari sang ayah, Jaehyun hanya pernah mendengar dari mertuanya jika Ruby lahir di hari yang sama dengan kelahiran Mark. Berati jawabannya mereka seumuran kan?

Tapi tidak, disini Mark masih berargumen bahwa ia lebih tua karena tubuhnya lebih tinggi dari Ruby dan mahluk itu harus memanggilnya hyung. Yah namanya Jaehyun, kadang sifat kekanakannya masih saja timbul meskipun dirinya sendiri sudah beranak, maka lelaki berumur 27 tahun itu justru membalikan pertanyaan pada sang anak dengan pertanyaan yang sebenarnya terdengar bodoh.

"Daddy juga lebih tinggi dari mommy, apakah mommy harus memanggil daddy dengan hyung?"

Tanyanya suatu hari pada Mark yang langsung cemberut, anak itu meremat plastisinnya gemas kemudian berlari kearah sang ibu yang sedang bersenandung sambil melipati baju.

"Andwae! Daddy tidak boleh panggil mommy hyung! Daddy harus panggil mommy sayang!" katanya marah-marah, membuat kedua orang tuanya terbahak gemas. Mark sudah membuat deklarasi bahwa Jaehyun harus terus memanggil Taeyong dengan panggilan 'sayang' dan akan marah jika sang ayah tak melakukannya.

Diakui sebagai saudara dan bagian dari Jung, ada kelakuan Ruby yang Mark tak mengerti, namun bocah itu kadang sering ngotot mempelajarinya dan sebaliknya ada permainan Mark yang tak bisa Ruby mainkan. Seperti sekarang ini, dimana Mark bersikeras mengajak Ruby mewarnai sebuah kertas gambar bertema buah-buahan, anak itu dengan sabar menunggu Ruby menerima krayon yang ia sodorkan namun anjing kecil itu tetap tak mau menerimanya.

Mata bulat Ruby nampak mengantuk, kemudian anjing itu memilih bergelung diatas sofa mengabaikan Mark yang kemudian mendengus sebal. Anak kecil itu menggembungkan pipinya, bibirnya cemberut bahkan ia mengabaikan panggilan Hendery yang sedang bertugas mengawasi Lucas yang sedang dihukum oleh Jaehyun membuat 1000 origami burung dibelakangnya.

"Cas hyung, Mark ngantuk!"

Cicit Mark menempel di punggung Lucas yang sedang menyelesaikan origami ke 999-nya. Mata pemuda itu nampak sayu, kantung matanya amat ketara melingkar hitam dan rambutnya acak-acakan bagai seorang zombie. Maklum saja, sudah 3 hari ia tidak tidur karena hukuman yang diberikan Jaehyun akibat dari ulahnya yang berpose didepan paparazzi hingga foto-fotonya menyebar liar dan Lucas seketika menjadi trending topik dengan kata kunci pencarian; Lelaki tampan buang sampah di depan pagar Jung.

Tapi bukan Jung namanya jika tidak bisa menjinakan berita yang telah meliar, tak sampai 2 jam berita itu menyusut digantikan dengan topik-topik hangat lain meski foto-foto Lucas tetap tak bisa kembali ditarik karena telah banyak yang menyimpannya secara offline.

Dan kini Lucas telah menjalani masa hukumannya, entah hukuman sungguhan atau Jaehyun hanya berniat mengerjainya. Lucas diperintah membuat 1000 origami untuk dipakai sebagai penghias pada festival akhir tahun kantor Jung Inc. dengan tempo hanya tiga hari. Bersyukurlah ada Hendery yang mau menemaninya begadang, meski semalam suntuk keduanya hanya saling berdebat tak karuan namun paling tidak lelaki murah senyum itu sudah membuat kantuk Lucas hilang dengan segala ocehannya.

Summer, Mom and Watermelon Where stories live. Discover now