Q & A

939 28 45
                                    

Hayo, kaget nggak lihat judulnya? Padahal nggak pernah ada yang bahas Q&A, kok tiba-tiba ada? Udah, nggak usah dipikirin. Berat, kamu nggak akan kuat. Mending baca aja.

Aku tahu ini gaje, nggak penting, nyampah, tapi tetap aku publish, hahaha. Cuz, langsung aja kita mulai.

***

(-) Nilamna : Kak gimana sih kakak bisa nentuin cerita wattpad kakak dgn judul 'Vitamin Cinta'? Hem, itukan agak nyeleneh?

(+) Answer : Haha, iya, nyeleneh banget. Bahkan teman-temanku pada ngakak baca judulnya. Jadi gini, aku dapetin judul "Vitamin Cinta" dari nonton TV. Nah, pas denger itu aku merasa "unik banget". Dari situ, aku kepikiran untuk bikin cerita dengan judul Vitamin Cinta. Aneh, ya? Kalo biasanya penulis menentukan judul belakangan, aku malah duluan, wkwk.

(-) kerangwoojin : Aku mau kasih pertanyaan buat ceritamu.
Kan buat qoutes itu lumayan ribet ... nah kek mana sih cara kamu buat qoutes bagus dan pas buat isi setiap chapter Vitamin Cinta?

(+) Answer : Wah, ada yang bilang quotes-ku bagus, haha. Eh, wait, quotes yang dimaksud di sini quotes yang mana? Quotes yang terselip di isi cerita, atau yang emang sengaja di bikin di bagian akhir? Kalo quotes yang di bagian akhir, itu sebagian besar bukan buatan aku, itu quotes anonym a.k.a tidak diketahui siapa pengarang atau pembuatnya. Nah, kalo quotes-quotes yang ada di bagian isi, itu baru pure pemikiran aku. Nggak ada cara khusus kok, cukup mendalami isi cerita aja. Nah, dengan mewakili perasaan si tokoh, tercipta deh kata-kata puitis untuk dijadikan quotes.

(-) Leeseunghye1102 : Pertanyaan dari aku nih ya, mau tau dong cerita Vitamin Cinta itu terinspirasi dari mana? Trus apa cerita Vitamin Cinta itu tuh salah satu pengalaman kisah percintaan author sendiri? Udh sekian terimakasih maaf banyak kepo aku ✌

(+) Answer : LoL, kisah cintaku nggak serumit kisah Niken-Melvin. Malah rasanya aku nggak pernah terjerat kisah cinta. Jadi, mana mungkin itu pengalamanku sendiri. Seperti yang udah kujelasin di pertanyaan nomor satu, aku terinspirasi setelah mendengar kata "Vitamin Cinta" di TV. Makasih udah kepo :v

(-) Annovaf :
1. Si Aliya sama Niken sahabatan sejak kapan?
2. Mantannya Niken ada brp?
3. Dpt ide Scene Melvin & Niken tuh cuma ngayal atau bnran terjadi sama authornya?
4. Nama sekolah di crita Vitamin Cinta apaan? Gue pengen pindah kesana
5. Si kakaknya Niken masih jomblo nggk? Klo masih kenalinlah sama readersnya.

(+) Answer :
1. Mereka sahabat sejak awal masuk SMA. Kelas sepuluh dan sebelas satu kelas terus, dan kayaknya kelas dua belas juga bakalan ketemu lagi.
2. Niken itu kayak Melvin, nggak pernah pacaran. Banyak sih cowok mau, tapi Niken jutekin aja. Bodo amat. Dia pacarannya ama Kanza.
3. Astaga, hebat kali aku bisa peluk anak orang. Ngayal semua itu.
4. Cie, emang rela pindah ke Jakarta, wkwk. Nggak ada namanya. Aku nggak berani pakai nama sekolah asli di Jakarta. Takutnya ada readers-ku yang juga sekolah di sana, kan berabe kalo beda bentuk sekolah di sana ama ceritaku. 😂
5. Jomblo!!! Danu jomblo akut, hoho. Iya, kapan-kapan aku kenalin. Atau mau aku bikinin cerita khusus dia? :v

(-) kalistamaria :
1. Apa motivasimu dalam membuat cerita Vit C?
2. Sejak kapan kamu mempunyai ide untuk membuat cerita Vit C?
3. Apa yang selalu menginspirasimu?
4. Setelah Vit C tamat, apa kamu akan membuat cerita baru di wattpad?
5. Apa harapanmu ke depannya untuk Vit C?
6. Kalau kamu berhasil menjadi penulis, apa yang akan kamu lakukan?
7. Sejak kapan kamu mulai suka menulis?
8. Dari mana pertama kali kamu belajar menulis?
9. Kesulitanmu dalam membuat cerita Vit C?
10. Apa kamu sering mengalami kendala dalam pembuatan Vit C? Kalau iya jelaskan kendala apa saja!

(+) Answer :
1. Aku termotivasi pas lihat author baru bisa nerbitin buku. Astaga, ceritanya bisa langsung masuk what's hot. Eh, itu terinspirasi apa iri? 😂
2. Sejak November akhir, dan langsung bikin beberapa hari kemudian.
3. Tentu saja jumlah readers yang semakin meningkat. 😘
4. Itu udah ada cerita baru, jangan lupa mampir ya. Setelah Hujan Membuatku Rindu tamat, akan ada cerita baru lagi, hihi.
5. Semoga Vitamin Cinta disukai banyak orang, sedikit-banyak bisa melekat di hati pembaca. Eh, aku juga pengin lihat Vit C nengker di what's hot, haha.
6. Aku akan menulis.
7. Sejak SMK. Mulai baca wattpad kelas 9, tapi nggak suka nulis. Nah, pas di SMK baru suka.
8. Pertama bikin cerita--ada dua, dan sekarang udah di-unpub semua--itu nggak belajar, asal tulis aja. Nah, setelah aku unpub cerita kedua, barulah aku sadar. Belajar itu perlu. Dan, sembari memikirkan ide cerita, aku belajar baca-baca buku kepenulisan di wattpad.
9. Melanjutkan cerita. Aku nggak pakai outline, jadi susah banget mikirin next chapter.
10. Sering. Banget. Kendala utama adalah rasa malas, aku kalo nggak mood satu kata pun nggak akan dapat. Kedua adalah waktu, aku rutin nulis di weekend, karena kalo weekday aku fullday school. Capek euy.

(-) Nisaprtw06 :
1. Sosok Melvin di cerita Vitamin Cinta itu terinspirasi dari mana?
2. Menurut Kakak, apa sih pesan yang dapat diambil dari cerita ini?

(+) Answer :
1. Aku terinspirasi dari tokoh Sekala di cerita SEKALETTA. Kalian bisa nemuin cerita itu di akun radexn . Percayalah, aku nggak sadar kalo visual kedua tokoh itu adalah Dimitris Kad. Aku bikin cerita ini jauuuuuh setelah aku baca SEKALETTA. Eh, pas aku buka lagi cerita itu--di saat on going Vit C--ternyata pemerannya sama. Buat yang penasaran langsung aja mampir ke akun kakakku tercinta radexn.
2. Untuk amanat, aku serahkan pada pembaca. Biarkan mereka yang menilai, apakah ceritaku ini ada pesan moralnya apa nggak.

(-) Mirasagita : Veb, gimana sih cara supaya update teratur kek gitu? Cepet banget cerita kamu selesai. Nggak susah apa?

(+) Answer : Nggak susah? Ini susah bangeeeeet. Kunci utama untuk teratur update adalah bikin draft sebanyak-banyaknya dari jauh-jauh hari. Iya, cukup dengan itu aja. Aku awal nulis udah dapet 10 chap, langsung deh di-publish. Nah, semakin aku publish, otomatis akan semakin merasa bertanggung jawab. Misal, udah up ampe chap 8, sedangkan di draft baru sampe 11. Langsung gercap itu, lanjut nulis sebanyak-banyaknya. Eh, btw tiga bulan itu waktu yang cepat ya?

(-) alviramhrn :
1. Dapat ide cerita dari mana?
2. Kenapa judulnya Vitamin Cinta?
3. Satu lagi, Kak, yang ini khusus buat Melvin. Gimana caranya ninggin badan?

(+) Answer :
1. Ini udah kubahas di soal nomor 1 dan 3, tapi nggak apa, biar kuperjelas. Waktu itu, malem-malem, aku lagi nonton OVJ. Nah, si Deni lagi ngegombal cewek--aku lupa siapa. Deni Cagur kan emang jago ngegombal, nah saat itu dia bilang, "Kamu cuma butuh vitamin C. Vitamin Cinta." Jadi deh, aku terinspirasi, wkwk. Benar kata orang, inspirasi bisa datang dari mana aja.
2. Udah di atas.
3. Sebenarnya aku sama Niken lagi sibuk ngurusin perayaan malam akhir tahun, tapi nggak apa deh, aku sempatin jawab. Kamu mau tinggi? Kuncinya cuma satu, berdoa dan berusaha. Salam, kembarannya Aliando.

(-) sihansiregar : Vitamin Cinta ada sequel nggak?

(+) Answer : Astaga, sequel? Kamu tanya sequel? Haha, kayaknya ada deh :v
Eh, tapi ini baru rencana ya, belum fix. Doain aja semuanya lancar, wkwk.

***


Ya, cuma itu yang bisa aku jawab. Semoga bermanfaat. Maaf kalo jawabannya nggak memuaskan. Makasih buat teman-teman yang udah kasih pertanyaan, makasih juga buat para pembaca Vitamin Cinta. Tanpa kalian aku hanyalah remahan oreo di bibir Shawn Mendes. Makasih pokoknya ♡

By the way, gimana nih cover-nya? Keren nggak? Keren kan? Siapa dulu yang bikin? kamubiru dooong, hehe. Lope-lope buat Kakak 😘

Oh iya, satu lagi. Jangan lupa baca cerita baruku. Langsung cek aja, judulnya Hujan Membuatku Rindu. Nah, buat kalian yang suka sama hujan, suka cerita teenfic, dan suka cowok baik-baik, pas banget itu, wkwk. Lihat aja, ceritanya "agak beda", karena aku pakai alur campuran.

Babai~ Sampai jumpa di lapak sebelah!


Vitamin CintaWhere stories live. Discover now