Time Flies

332 8 1
                                    

Liburan semester telah tiba, dan aku belum tahu apa perasaan pasti yang kurasakan. Yah, setidaknya sampai tulisan ini dibuat.

Biasanya, setiap liburan semester selalu disambut dengan senang ceria, tanpa perlu memikirkan apapun tentang semester lalu ataupun berikutnya. Berlalu begitu saja, tanpa beban. Menyenangkan sekali.

Memasuki semester ini, pikiranku sudah tidak bisa seperti itu lagi. Iya, itu fakta yang ada. Sekarang, sudah memasuki semsester 8, yang di mana mau tidak mau, harus memikirkan skripsi. Sedangkan, dalam waktu bersamaan ada beberapa mata kuliah yang harus di ulang. Jujur, kalau dibilang menyesal, tentu menyesal. Tetapi, hidup bukan sebatas penyesalan?

Lalu, semester ini diakhiri dengan di Jakarta, dan akan berkeliling ke beberapa kota lainnya. Intinya bukan di rumah, di Surabaya. Seperti awal tahun, aku membuka tahun dengan datang ke Jakarta, lalu ke Sri Lanka, dan berakhir di awal lagi, yaitu Jakarta.

Kali ini berbeda, ke Jakarta bukan untuk bersenang - senang. Eh, hal itu pasti sih, tetapi ada hal lainnya yang lebih penting, yaitu mencari kampus berikutnya. Tidak, aku tidak akan keluar dari kampusku begitu saja, meninggalkan seluruh kuliah tanpa menghasilkan apa - apa. Aku tetap akan lulus dari kampus tersebut, dan melanjutkkan S2 ke Ibu Kota.

Mungkin kamu bertanya, "kenapa harus di Jakarta? Kenapa bukan di tempat lainnya?" oh, alasannya sebenarnya cukup mudah dijawab. Aku membeli kesempatan. Kesempatan untuk tumbuh di Jakarta lebih besar dari pada kota lainnya di Indonesia. Bahkan, kalau aku boleh egois, aku ingin kuliah di luar negeri. Kalau, boleh. Tetapi hidup bukan semata boleh atau tidak, kan? Ada beberapa faktor lain, seperti keluarga, finansial, kesiapan, faktor lain, dan diizinkan oleh Tuhan.

Ah, time flies. Semua berlalu begitu cepat, aku cukup menikmati hal - hal yang terlewat, dan kedepannya akan lebih cepat lagi, kan? Kalau begitu, bolehkah aku bernafas sebentar? Untuk menikmati kondisi yang ada, dan mungkin kamu juga, silakan nikmati saat ini. Sebelum kamu tahu, semua berlalu tanpa tahu apa yang terjadi. Nikmatilah :)

Lana: Catatan Seorang Mahasiswa (Nyaris) Gagal (Part: 1)Where stories live. Discover now