#35 Improving

642 44 19
                                    

Welcome back, babes! x

First thing's first, maaf udah jadi kelewatan banget. Baru nyadar kalo ternyata work yang ini terakhir ngepos itu 18 bulan yang lalu. EIGHTEEN. FUCKING. MONTHS. Emang seketerlaluan itu. Maaf yaa:(

Jadi kemana aja sampe ga ngepos lagi? Alibi bakal banyak kaya 1) sibuk kuliah 2) udah jarang buka Wattpad 3) gatau harus pos apa karena 4) beberapa bab terakhir itu isinya cuma jawab pertanyaan gitu-gitu doang dan yang paling jujur dan paling dominan adalah karena 5) males karena gatau mau pos apa (dan ini bakal muter disitu-situ aja alasannya) jadi tolong, dimaafkan saja:")

Jadi, sorry to dissapoint you, kali ini pembahasannya mungkin sedikit ga menarik dan sesuai ekspektasi karena yang dibahas itu tentang how to improve your english , semacam tips buat meningkatkan bahasa inggris kamu (yang semoga aja belum pada tau jadi bisa bermanfaat:"""") DAN ini ga cuma buat di pergaulan sehari-hari, tapi juga mungkin di dunia akademisi atau apalah apalah.

Dan (lagi), ini ga bahas perbedaan-perbedaan budaya atau bahasa atau gimana kaya bab-bab sebelumnya.

Jadi, ini dia some personal tips on how to improve your english :

1. Bingung sama cara ucap

I don't personally know why this is a problem karena ada YouTube, gengs, ada YouTube. Jadi karena banyak pertanyaan kaya gini (dan lumayan sering), jadi ini masuk di poin pertama. Sesungguhnya, kalian bisa pake YouTube buat solve this kind of problem. Misalnya, cari aja "face vs phase pronunciation" atau "can vs can't pronunciation" karena kata-kata ini emang rada mirip pengucapannya. Atau bisa dibilang emang mirip. Apalagi ada beberapa kata yang emang ditakdirin buat homofon jadi ya mau gimana lagi. Kalo rasanya kalimatnya udah bener sih kemungkinan orang salah tangkep artinya juga kecil kok :)

2. Milih dua kata yang artinya sama

Another problem, apalagi habis baca AmE-BrE, jadi makin serem mau make kata yang salah. Cara yang paling gampang itu adalah dengan nerjemahin masing-masing kata ke bahasa Indonesia. Biasanya dengan cara kaya gini jadi tau kalo katanya emang sesuai apa enggak. Kalo enggak, ketik masing-masing kata di halaman pencarian Google, biasanya keluar defenisinya dan kalo rada gapaham, klik pencarian gambar, dan bakal keluar visualisasi dari kata yang kalian ketik.

3. Bikin esai bahasa inggris yang 'berat'?

Karena yang ini semacam berhubungan sama poin kedua, jadi masuk juga deh. (Gadeng, ini yang ngetik gatau mau ngetik apa lagi jadi ngeles). Kalo kamu pernah baca artikel berbahasa inggris (kaya misalnya di Huffington Post) atau novel berbahasa inggris yang sedikit puitis (kaya All the Light We Cannot See) dan kamu bertanya-tanya gimana caranya bikin tulisan sebagus dan seberat itu, hope this point enlightens you.  Jadi kalian bisa semacam nerjemahin dari bahasa Indonesia buat liat kemungkinan bisa pake bahasa Inggrisnya apa aja dan kalo kalian pake Google Translate, kalo misalnya ada frase atau idiom yang fits your word, it'll appear.  Atau bisa juga sih dengan cara belajar idiom-idiom yang siapa tau suatu saat berguna karena percaya atau enggak, idiom makes you look smarter in essay lol. Dan bisa coba baca buku-buku berbahasa inggris yang sedikit berat (TFIOS is lovely and great but if you want to learn those intellectual words, give a shot to classical novels) biar ketularan gaya bahasa sama cara nulisnya.

4. Bikin struktur kata yang baik pas ngomong (atau nulis)

Jadi, meskipun bahasa inggris juga punya bahasa formal dan bahasa informal, dunia ini ga seasal-asal itu. Misal, bahasa baku: saya sedang makan, informal: aku lagi makan, gue lagi makan. Jadi kalo ada yang bilang "gue makan lagi" kan udah beda arti, atau "makan gue lagi" lebih aneh lagi. Same thing happens when it comes to english - dan bahasa-bahasa lain. Jadi gimana caranya bikin struktur kata yang pas dan sesuai sama makna yang pengen disampein? Jawabannya adalah : belajar. ((IYALAH)) wkwk tapi untuk cara belajarnya yang menyenangkan dan gampang, bisa pake cara nonton film atau TV series yang pake bahasa Inggris (very basic, i know, but it works). Semakin sering dengerin struktur kata yang dipake orang-orang, kita bakal terbiasa sama strukturnya (sadar gak sadar LIKE SERIOUSLY struktur kognitif kita beneran mendukung - it's learned in my class), jadi apalagi kalo emang diperhatiin. Jadinya, kalo mau bilang 'saya nulis' dalam berbagai waktu kan 'i write' atau 'i am writing' atau 'i wrote' atau 'i was writing' atau 'i had been writing' atau 'i have been writing' atau 'i had been written' atau 'i have been written' jadi kalo terbiasa sama strukturnya, biarpun gatau ini tenses yang mana, otomatis gabakal kepake kalimat kaya 'i am wrote'.

5. How to speak english FLUENTLY?

Rasanya susah sih buat fluent kalo ga emang dipake jadi bahasa sehari-hari. Bahasa, however, adalah pembiasaan.  Kalo cuma dipelajari dan ga dipake ya cuma sekedar tau teorinya. Tapi ketika dipake, kan jadi tau salahnya dimana dan seharusnya gimana. Berawal dari tau apel itu bahasa inggrisnya apple, terus denger orang pronounce 'apple' gimana, dan sampe nyoba sendiri ngucapin 'apple' dan see if you do it right, if you don't then try again. Kemudian setelah kata, beranjak ke kalimat, dan terus terus terus sampe akhirnya lancar. Atau kalo kamu cukup introvert atau sedikit gampang panik atau apalah, bisa dengan cara ini; mulai dari baca buku bahasa inggris dan diucapin keras-keras. Cuma ya butuh guru/orang tua/temen buat dengerin in case you pronounce it wrong. Setelah lancar, bisa ngomong sama diri sendiri like make yourself as a partner. Jadi kaya kamu ngoreksi dirimu sendiri. If you feel like you're confident enough, go outside and make a real talk. It works on me and i hope it works on you as well. Kalo kamu berada di lingkungan yang 70-99% gamake bahasa inggris (so i'm taking college class in a city that its society uses Javanese language over 85% in daily jadi kaya bahasa Indonesia aja jarang....), it's gonna be a bit harder - but still possible

SO THAT'S IT.

Hope it works & good luck!

Kalo ada pertanyaan atau apalah silahkan ditinggalin di komentar atau DM (LINE saya diprivate dan udah gamake KIK lagi hehe) tapi di bio ada email kalo mau koresponden (sounds pretty old but i'm kinda up to it) dannnnnnnn terima kasih udah (tetep mau) baca chapter ini yang mungkin rada ga-banget dan ga-penting dan ga-guna dan sedikit ngecewain but you have to know i love you guys, i appreciate every feedbacks - it's what makes me back and writing again.

Kalo ada saran buat chapter selanjutnya tentang apa, let me know! <3







................atau sebaiknya langsung mark as completed?

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now