+Which One? - 2

1.5K 118 11
                                    

Hi! Sorry it takes a very very long time to just update this since the lastest post:( [wanna tell ya something; just read the notes in the end of the chapter]

Now, we're talking about the confused words (again). Sebelumnya hal-hal kaya gini udah pernah dibahas di chapter +Which One? (bisa scroll up buat yang belum baca) dan kenapa ini kaya promosi bgt:")

Let's just get started.

Birthday or Anniversary?
Taruhan, semua dari kita juga ngerti kalo dua hal itu beda dan gapantes masuk dalam confused words. Well, i just want to make things clear; that's it. Jadi, pada dasarnya, birthday & anniversary itu sama-sama peringatan. Bedanya, yg satu memperingati hari lahir, yang satu memperingati hari jadi. Lazimnya, birthday cuma dipake buat manusia & hewan.

Sick or Ill?
Dalam British English, sick itu lebih kaya yang pusing, mual, mau muntah, muntah, ya pokoknya yang kaya gitu deh. Sedangkan ill itu ya sakit dalam artian gak sehat. Dalam American English, yang namanya gaenak badan, sakit, ga sehat, semuanya disebut sick. Kalopun ada yang make ill, sama aja artinya. Tapi rasanya ill jarang (atau mungkin ga dipake?) sama American.

Lend or Borrow?
Sebenernya dua hal ini gabisa dibilang sama, tapi tetep aja masih agak ngebingungin buat beberapa orang. Lend, artinya meminjamkan, dan borrow artinya minjem.

Come back or Go back?
Pada dasarnya, artinya sama-sama return; kembali; pulang; apalah itu. Dalam penggunaannya bisa beda karena arti dari come & go itu kan beda. Come artinya lebih kaya "datang", dan go artinya "pergi". Jadi, misalnya Louis mau pulang dari Indonesia ke Inggris, nah yg di Indonesia bilangnya "Louis will go back soon" dan yang di Inggris bilangnya "Louis will come back soon".

Kind of or Sort of?
Artinya bisa jadi sama-sama "semacam" sih tapi sort of itu gak formal, dan sort of gacocok dipake buat ngebandingin sesuatu sama makhluk hidup. Jadi, kamu bisa bilang it's kind of butterfly, bukan it's sort of butterfly.
(Btw i have no idea if people use sort of for biological things but i think it's just weird.)

As or Like?
Dalam situasi tertentu, as sama like artinya bisa sama. Artinya jadi "kayak" atau "seperti". Tapi as biasanya lebih banyak dipake di tulisan daripada di percakapan. As sendiri lebih banyak dipake yang artinya "sebagai" daripada yang artinya "seperti" jadi sering ambigu. Dan like, lebih banyak dipake dan lebih fleksibel buat bikin perumpamaan "kayak" atau "seperti".

Pain or Ache?
Sebagai objek, pain & ache bisa diartiin sebagai tempat yang sakit. Tapi kalo pain lebih ke yang luka yang keliatan, dan kalo ache lebih ke sakit yang lebih ribet; kaya sakit kepala, sakit perut, sakit hati.

Dinner or Supper?
Dinner & supper sebenernya sama-sama bisa diartiin sebagai makan malam tapi kalo supper itu cuma sekedarnya aja. Kalo dinner kan ada makanan pembuka, inti, penutup just like Oreo lol jk. Nah, kalo supper ini ga ribet gitu, cuma makan sekedarnya aja, buat ngeganjel perut. Kurang lebih lunch juga sesimpel supper.

Travel/Journey/Trip/Expedition/Safari/Cruise/Voyage
Okesip ini judulnya rakus amat ya:")
Untuk travel, bisa diartiin sebagai pergi ke suatu tempat yang (biasanya) belum pernah dikunjungi untuk (biasanya) sekedar menghabiskan waktu libur/senggang/apalah.
Kalo journey, lebih niat dan lebih dirancang dan ada tujuan selain bersenang-senang dan menikmati pemandangannya aja, biasanya tujuan dokumentasi/laporan/apalah.
Btw i feel like i say apalah too much in this chapter.
Forget it.
Trip artinya lebih kaya perjalanan. Tujuannya biasanya lebih ditentukan dan lebih serius; just like typical bussiness trip, field trip, dan sebagainya deh.
Expedition; ekspedisi. Kaya trip, tapi biasanya tempat yang dikunjungi lebih...ekstrim(?) dan biasanya tujuannya buat eksplorasi alam, pengetahuan, dan apalah itu.
Safari, ini kaya ekspedisi tapi yang tujuannya buat mengamati alam liar; kaya di Nat Geo gitu. Biasanya orang-orang kalo safari ke daerah Afrika (at least that's what i knew. I kinda have a poor knowledge:") btw if you know Taman Safari (i just visited it last year!) (no one asks) (poor me) (forget it) -- btw if you know Taman Safari, safari thing is just like that; you see the real wild animals; it feels like you're visiting them in their home - kedengerannya nyeremin ya wkwk btw emang seseru itu kok, soalnya singa, harimau, gajah, jerapah, dll itu ga pada diiket jadi....anjir. Tapi ada pawangnya kok cuma ya tetep aja. Oke, gue ngelantur.
Terus ada cruise -- jangan bilang langsung pada kebayang Tom Cruise atau Suri Cruise. Cruise ini sejenis perjalanan pake kapal.
Dan terakhir, voyage. Voyage ini lebih mirip pengembaraan gitu, kaya pelayaran pas jaman dulu orang-orang nemuin benua-benua.

I think that's it.

Wdyt about this book so far?

[Notes]
Sebelumnya, maaf banget updatenya sekali seabad:( karena rasanya hampir semuanya udah ketulis di buku ini dan aku juga banyak kesibukan (well, great shit). Emang sih, there's no such a busy person, it's all about priority dan bukan maksudnya buku ini bukan prioritas, tapi hampir semua yang jadi perbedaan besar di AmE-BrE udah dipost dan mungkin tinggal ditambah beberapa chapter lagi (fyi, aku suka labil, jadi bisa jadi nanti aku malah ngupdate sama beberapa belas chapter sebelum ditamatin atau tiba-tiba namatin tanpa update - tapi bakal ada pemberitahuannya kok).
Tapi aku memang masih harus nyelesain beberapa hal yang gantung dalam perbedaan bahasanya (mungkin 2-5 chapters to go) kecuali kalo emang ada perbedaan-perbedaan dalam hal lain (kaya kehidupan remaja yg udah dipost atau apalah) yang pengen kalian tau. Atau mungkin beberapa chapter buat tanya-jawab? Terserah kalian semua. Buku ini bergantungnya sama kalian. Yang bikin buku ini masih ada disini, bisa dapet ratusan ribu reads & ribuan votes ya kalian.<3

Just let me know what do you guys think.

Oh, ya, kalo sempet (dan mungkin berminat tentang yang berbau psikologi atau apalah) bisa coba liat cerita baruku (itu non-fiksi juga dan bukan cerita sih, lebih kaya catatan apa yang aku pelajari di perkuliahan) (i'm a psychology student btw). Judulnya Psychology [ID].

Sip, ini notesnya panjang bgt:(

Buat kalian, kalo memang mau chat/tanya-tanya bisa tinggalin id line ya :)

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now