#33 Society - 1

1.5K 161 8
                                    

Akhirnya ngupdate juga ya:")
Di chapter ini, yang dibahas itu kehidupan sosial di Inggris & Amerika, secara umum. Sebenernya ada banyak lagi, tapi dibagi jadi beberapa chapter.

1. Di Inggris & Irlandia, kemiskinan itu kaya sesuatu yang diwarisin, sedangkan di Amerika, orang-orang miskin itu dianggap orang-orang yang belum berhasil.

2. Di Inggris, agama itu bukan big deal. Malah sering disepelein dan diremehin. Kalo di Amerika, keluarga yang religiusnya masih lebih banyak. Mungkin gara-gara abad pertengahan itu, jadi sampe sekarang masyarakat Eropa masih banyak yang gak mau fanatik agama.

3. Jumlah orang-orang yang percaya teori evolusinya Charles Darwin (yang manusia dari monyet hiks) di Inggris lebih banyak dari yang di Amerika. Mungkin karena mereka lebih banyak yang gak percaya Tuhan, soalnya gak dikit yang mau bertaruh demi teori itu.

4. Di Inggris, jarang banget masyarakat punya senjata gitu di rumahnya. Kalo mau beli senjata, ketat banget syaratnya, ribet lah pokoknya. Sedangkan di Amerika, lebih gampang dapet senjata gitu, makanya di rumah-rumah juga gak jarang ada yang nyediain senjata buat sekedar hiasan atau emang buat jaga-jaga. Makanya angka kematian gara-gara senjata lebih rendah di Inggris.

5. Kejahatan sama kekerasan di Inggris lebih rendah angkanya di Inggris. Mungkin karena sistem pemerintahannya juga, kan monarki konstitusional, gak sebebas republik, jadi negaranya lebih mudah diatur, angka kejahatannya lebih bisa ditekan.

6. Untuk pendidikan, secara umum lebih murah di Inggris dan sekitaran Eropa daripada di US. Sistem pendidikannya juga secara umum bagusan yang di Eropa (Norwegia & Sweden kan yang sistem pendidikannya paling bagus dan mereka di Eropa). Masalahnya, biaya hidup di Eropa mahal (apalagi di Inggris), soalnya kursnya tinggi.

7. Perbedaan ras di Amerika lebih keliatan mencolok daripada di Inggris. Mungkin karena Amerika lebih besar negaranya, dan lebih banyak variasi manusianya disana.

8. Di Inggris, kegagalan itu udah kaya kematian. Makanya gak dikit orang-orang yang takut sama gagal. Lingkungan sosialnya langsung ngejudgenya negatif. Beda sama di Amerika, orang gagal itu hal yang biasa. Orang Amerika gak terlalu judgemental on people's past untuk kasus ini.

[LONG NOTES]
Hiiiii.x
Sorry for not updating in like forever. #typicalme?:")
Ternyata setelah UN SMA, hidup gak lebih mudah HAHA apalagi mitos 'anak pindahan susah jebol undangan masuk univ' itu ternyata gak cuma sekedar mitos... Dan aku nyebrang jalur, nanti tes tertulisnya ngambil IPS murni, nekat-nekatan sih. Doain yaaa:")
And for the National Examination, i got the best score in my school - cuma di kalangan anak IPAnya ajasih, but it's freaking more than i expected:")
Tapi sekarang udah fix anak IPS banget ini hehe makanya bahasanya agak lebih mendalami gitu di chapter ini (HAHA IYA GAKSI). Mungkin bakal jarang update (lagi) (selalu) jadi maklumin yaaa:") banyak banget yang harus dikejar materinya, apalagi temen-temen di tempat bimbel udah pada nguasain gitu kan, bikin makin kelabakan sendiri haha calon mahasiswa banget nih HAHAHAHAHAH AAMIIN YA:")
Makasih buat yang masih baca buku iniiiiiii:") 5K VOTES OMFG YOU DON'T KNOW HOW MUCH IT MEANS TO ME!!!!!!!!!!!!!!!<3 THANKYOU SO SO SO MUCH AAAAA LOVEYOUUUU, EVERY SINGLE OF YOUUU!<3💖💕😘
Sorry if this book is getting boring, i wish i have more time to just sit and arrange the words to type and post it here...
Oke, ini lebih panjang notesnya daripada isi chapternya._.

Take a look on my other works, pls? Not sure you'll get interested on it but...lets give it a try hahah:")

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now