+Answers - 7

1.7K 124 29
                                    

For asking (more) questions or just sharing something or whatever (lol) :
Comment/DM.

1. Jam masuk sekolah di US sebenernya jam berapa? Di internet banyak versi soalnya.

Jam masuknya emang bervariasi, tapi biasanya antara jam 7-9 pagi. Kaya di Indonesia kan kisarannya jam 6.45-7.30 pagi. Jadi ya tergantung sekolahnya. Bedanya sama di Indonesia, disana gak cuma tergantung sekolahnya, tapi juga tergantung kelasnya sama tergantung harinya.

2. Di sekolah menengah ngambil pelajarannya mirip peminatan di SMA?

Kurang lebih. Bedanya ya kalo di Indonesia, kita dikasih pilihan IPA, IPS, Bahasa, Agama (umumnya IPA & IPS sih) terus kalo udah milih salah satu, misalnya IPA ya yang dipelajari fisika, kimia, biologi, sama matematikanya lebih mendalam, terus pelajaran umum lain yang totalnya belasan. Kalo udah milih IPA yaudah gabisa milih sosiologi atau geografi. Kalo di US, kita milih wajibnya terus sisanya boleh milih pelajaran apa aja, totalnya 6 pelajaran. Terus juga matematikanya dibagi jadi kelas Trigonometri, Aljabar (ada tingkatannya) jadi ya fokus banget dan kita bisa ngambil (misalnya) fisika sama sosiologi sekaligus.
Dan, lulus sekolah menengah di US udah setingkat diploma jadi ya beda...

3. Perbedaan gotta be sama gonna be?

Gotta be = got to be = have to be = harus menjadi.
Gonna be = going to be = akan menjadi.
Misalnya
"it's gotta be you" = It's got to be you = It has to be you - "itu harus elu."
"it's gonna be you" = it's going to be you - "itu ntar jadinya elu."
Note: gotta/gonna+be+kata sifat, (be as to be) dan kalo mau kata kerja jadinya gotta/gonna+kata kerja. :)

4. Cara make if only & i wish?

Basically, if only sama i wish itu sama aja, sama-sama diikuti past tense, sama-sama buat nunjukin (mostly) ekspresi regret. Kapan harus make if only & kapan harus make i wish? Sebenernya mereka sama aja, cuma balik ke orang masing-masing, tapi biasanya if only itu dipake buat nyesalin sesuatu yang kemungkinannya dikit banget buat terjadi, jadi kaya nyeselin angan-angan. Kalo i wish itu ada kemungkinannya, jadi kaya nyeselin harapan.
If only you called me yesterday (coba aja lo kemarin manggil gue)
I wish you called me yesterday (gue harap lo manggil gue kemarin)

5. Cara make it'd?

It'd = It would, tapi ada juga yang ngartiin sebagai it had. Would itu kan bentuk V2 & V3 dari will dan seringnya dipake buat pengandaian, misalnya kalo di bentuk future (ngebicarain masa yang akan datang) itu i will be, nah di past future (kaya nyeritain masa yang akan datang di masa lampau) itu i would be. Kalo had itu bentuk V2 dari have/has, jadi it had itu ya bentuk lampau dari it has. Kecuali kalo udah jadi had to, nah itu artinya "harus" (kaya have to).

6. Make literally gimana?

Literally itu artinya "secara bahasa" jadi ya kalo misalnya 'i literally work hard to get it' artinya jadi 'gue bener-bener kerja keras buat dapet itu' jadi literally work itu ya berarti emang bener-bener work, bener-bener ngelakuin definisi work, bener-bener ngelakuin activity involving mental or physical effort done in order to achieve a result ((credit goes to a dictionary)).

7. Tanggapan American & British tentang penyanyi gitu? Khususnya di pakaian ya.

Kalo untuk pakaian, British sedikit lebih ribet, beda sama kebanyakan remaja American yang kemana-mana pada nyaman aja pake baju rumahan. Kalo remaja British, kalo mau keluar, kurang lebih kaya remaja Indonesia. Baju jalan sama baju rumahan ya beda. Faktornya, kayanya gara-gara banyak sekolah di US ngebebasin pakaian (lo bahkan boleh aja pake piyama ke sekolah) jadi ya pakaian itu bukan sesuatu yang big deal buat kebanyakan orang. Nah kalo sekolahan di UK masih banyak yang ngewajibin pake seragam jadi ya sekalinya keluar main ya gitu. Untuk selera fashionnya, tergantung selera masing-masing orang, sih. Tapi pakaian-pakaian di US yang jelasnya banyak yang lebih terbuka daripada di UK. Mungkin karena cuaca & iklim...
Untuk penyanyi, British kebanyakan ngerasanya 'penyanyi yang gak seberapa sukses di US pasti terkenal di UK, penyanyi sukses di UK belum tentu terkenal di US'. Ini mirip Indonesia, sih, dimana kalo ada penyanyi US yang dateng (padahal gak terkenal banget) tapi penontonnya tetep aja rame. Giliran penyanyi top Indonesia konser di US, paling yang nonton segitu. Sebenernya untuk kasus UK, gak seburuk itu sih. Apalagi abis One Direction on top, banyak banget penyanyi UK yang punya nama di US. Dan akhir-akhir ini banyak kolaborasi top kan, kaya Demi Lovato nyanyi sama Olly Murs, The Vamps, dll. Nah untuk penonton, ya wajar aja kalo terkenal di UK belum tentu terkenal di seantereo US. US is a big country and it has so many musicians already. Penyanyi US di salah satu state aja belum tentu dikenal di states lain, kok.
Dan untuk pakaian penyanyi...entahlah, tergantung selera fashion orangnya, sih.

8. Batasan umur buat yang udah dewasa buat dating sama remaja di US & UK berapa?

Sebenernya kalo orang tuanya gapapa dan aman-aman aja ya gapapa wkwk tapi emang ada aturan hukumnya, sih. Yang ada aturan hukumnya itu yang dating/relationship yang berbau sexual (tapi hampir semua dating sama relationship berbau kaya gitu jadi kaya berlaku untuk semua kencan & hubungan khusus). Di US umumnya yang lebih dari 18 gaboleh dating sama yang kurang dari 16, tapi ya balik lagi ke hukum masing-masing negara bagian jadi depends on what state are you in but mostly like that. Di UK, siapa aja yang kurang dari 16 tahun gaboleh punya hubungan khusus atau kencan yang kaya gitu.

9. Perbedaan either & neither?

Misal:
I will either write a novel or sleeping all day. (Gue bakal entah nulis sebuah novel atau tidur sepanjang hari) = tokohnya lagi pertimbangin buat ngelakuin dua pilihan.
I will neither write a novel nor sleeping all day. (Gue bakal entah gak nulis sebuah novel atau gak tidur sepanjang hari) = tokohnya lagi pertimbangin buat gak ngelakuin dua pilihan.
Tapi di society you'll find:
"I can't sleep"
"Me either" = gue juga gabisa tidur.
(Note: cuma berlaku di US atau lo bakal dilirik aneh di UK).

New Update! (Yeay!)
Masih belum tau juga mau ngupdate apa lagi jadi answers chapter (lagi) :")
Mungkin berapaan hari ini mau ngedit buku ini, dan kayanya masih belum ada bayangan banget juga kapan mau bikin buku ini completed:"

Anyway,
How's your holidaaaay?

AmE - BrE [ID] [✅]Where stories live. Discover now